Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMobil Terendam Banjir di Basement, Pahami Risiko dan Cara Penanganannya

    Mobil Terendam Banjir di Basement, Pahami Risiko dan Cara Penanganannya

    Bagi pemilik mobil Toyota khususnya, sebaiknya langsung menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) dari AstraWorld (AWO) jika mobil terendam banjir saat parkir di basement atau lokasi parkir lainnya. 

    News.OLX – Intensitas hujan sudah mulai tinggi-tingginya saat ini. Di beberapa lokasi Kota Jakarta, curah hujan yang tinggi ini mengakibatkan terjadinya banjir.

    Buat yang parkir kendaraannya di parkiran basement kantor, apartemen, dan lokasi parkir lainnya, bencana banjir tentunya bikin was-was. 

    “Sebenarnya tidak ada masalah dengan parkir di basement sebuah gedung. Namun namanya kejadian tidak terduga, ada potensi mobil terendam banjir lantaran tanggul yang jebol. Jangan panik kalau sampai mobil tidak sempat diselamatkan, pahami risiko masalah dan cara menanganinya supaya mobil kembali normal,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Rabu (10/01/2024).

    5 Risiko Mobil yang Terendam Banjir

    5 Risiko Mobil Terendam Banjir

    Mesin kena Water Hammer

    Water hammer atau bagian dalam mesin kemasukan air merupakan kondisi yang sangat tidak diinginkan pemilik mobil. Karena begitu air masuk, otomatis mesin tidak boleh dinyalakan, untuk mencegah komponen di dalam ruang mesin seperti piston dan katup jebol. Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan kalau sampai terjadi.

    Sistem kelistrikan bermasalah

    Komponen kelistrikan sangat rentan saat mobil terendam banjir, khususnya dalam waktu lama. Perlahan air dapat masuk ke celah sambungan kabel atau konektor kelistrikan yang membuatnya rusak. Sangat berbahaya, apalagi jika air berhasil menjangkau area sensitif seperti ECU atau sensor-sensor mobil.

    Serangan karat

    Proses karat di mobil yang terendam banjir memang terjadi cukup lama. Kadang hal ini membuat pemilik mobil jadi tidak waspada. Apalagi bila kurang mengecek bagian yang sensitif seperti kolong mobil. 

    Malas mencuci mobil membuat karat lebih mudah berkembang. Lakukan pelapisan ulang anti karat di bengkel Auto2000 sebagai langkah pencegahan.

    Rem mobil blong

    Air yang menyelinap ke dalam saluran cairan rem bisa merusak formulanya dan tidak dapat bekerja optimal. Selain itu, karat yang menyerang komponen mekanikal seperti cakram atau tromol rem, juga bisa membuat rem mobil gagal bekerja. Tentu akan berbahaya kalau beberapa waktu setelah mobil kebanjiran tetiba rem mobil blong.

    Bau tidak sedap di dalam kabin

    Bau tidak sedap seperti amis atau apek akan muncul karena sisa banjir tidak dikeringkan atau ditangani dengan benar. Atau bahkan pemilik mobil tidak sadar kabin mobil sempat kemasukan air banjir sehingga bau tersebut menetap di dalam mobil.

    Solusi Mobil Kebanjiran di Parkiran Basement

    5 Risiko Mobil Terendam Banjir

    Meskipun sudah kering, jangan mencoba untuk menyalakan mesin karena akan menyebabkan water hammer. Kecuali tinggi air banjir tidak sampai setengah ban, ada potensi mesin masih aman. Namun menurut Auto2000, tetap tidak menyarankan untuk menghidupkan mesin mobil.

    Bagi pemilik mobil Toyota khususnya, sebaiknya langsung menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) dari AstraWorld (AWO) jika mobil terendam banjir saat parkir di basement atau lokasi parkir lainnya. 

    ERA sendiri merupakan layanan yang berlaku selama 5 tahun sejak mobil diserahterimakan kepada konsumen yang beli mobil Toyota, dan bisa diperpanjang bila masa berlakunya sudah habis. Silakan hubungi di nomor telepon 1-500-898 yang siaga nonstop selama 24 jam.

    Nantinya petugas ERA akan mengirimkan towing car untuk membawa mobil ke bengkel Auto2000 terdekat. Tidak perlu khawatir karena mesin mobil tidak akan dinyalakan untuk membawanya ke atas mobil gendong. Pihak bengkel Auto2000 akan mengecek kondisi mobil dan saran perbaikan yang sebaiknya dijalankan.

    Auto2000 Digiroom menyediakan Promo Kupon Servis dan Ganti Oli Toyota untuk konsumen Toyota yang ingin mengecek komponen mobil seperti ban, rem, dan kaki-kaki setelah libur Nataru. 

    Program servis lain yang ditawarkan adalah Paket SPONTAN dengan syarat dan ketentuan berlaku.

    “Urusan Toyota lebih mudah, jangan panik kalau sampai mobil AutoFamily terendam banjir di parkiran basement. Cukup tunggu sampai lokasi kering dan aman untuk dimasuki, segera hubungi layanan ERA untuk membawa mobil ke bengkel Auto2000 terdekat. Nantinya petugas kami yang akan mengecek tingkat kerusakan mobil dan melakukan perbaikannya untuk mencegah potensi masalah lebih besar,” tutup Nur Imansyah Tara.

    Dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait