Jumat, Juni 14, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMumpung di Rumah Aja, Coba Yuk Kuras Tangki BBM

    Mumpung di Rumah Aja, Coba Yuk Kuras Tangki BBM

    Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah kini menjadi pilihan masyrakat di tengah kondisi pandemi virus corona. Tentu saja jika pergi keluar apalagi bertemu rekan sejawat atau teman kantor memiliki risiko lebih tinggi tertular virus covid-19.

    Nah, sambil mengisi waktu WFH, nggak ada salahnya OLXer melakukan beberapa perawatan pada kendaraan pribadi yang kondisinya bisa disebut cape, lantaran sering digunakan sehari-hari.

    Adapun salah satu yang bisa dilakukan di rumah yaitu menguras tangki bahan bakar minyak (BBM). Ya, menguras tangki BBM nyatanya memang perlu dilakukan pemilik kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil.

    Seberapa penting menguras tangki bensin?

    Tangki BBM harus dikuras dengan tujuan untuk menghilangkan sedimen atau endapan kotoran atau bisa juga partikel-partikel kecil yang masuk di dalam tangki. Jika tangki BBM banyak endapan kotoran, bukan tak mungkin akan terjadi penyumbatan pada saluran aliran BBM atau pompa bahan bakar (fuel pump).

    Apabila pompa bahan bakar tersumbat, hal yang akan terjadi selanjutnya yaitu, tak ada minyak atau BBM yang masuk ke ruang pembakaran sehingga tidak terjadi proses pembakaran sempurna yang bisa membuat mesin kendaraan hidup atau menyala.

    Baca juga: Mobil Parkir Lama Saat PSBB, Usahakan Tangki BBM Dalam Kondisi Penuh

    Tak hanya itu, jika masih ada cairan bahan bakar yang lolos ke ruang pembakaran, maka yang ada adalah terjadi pembakaran tidak sempurna. Alhasil, tarikan mobil seakan tersendat atau loyo. Adapun jika endapan muncul dalam waktu lama, bukan tak mungkin tangki bahan bakar bisa bocor. Jika diperbaiki atau diganti, tentu harganya akan lebih mahal

    Perlu diketahui, tidak semua tangki bahan bakar bisa dikuras secara langsung. Pasalnya, setiap brand atau model mobil memiliki cara berbeda untuk menguras tangki BBM mobil.

    Cara menguras tangki bensin pada mobil dengan mudah

    Jika OLXer bisa menemukan tangki ketika berada di bawah mobil dan dapat melepas sambungan atau sumbat penguras kecil secara langsung, menguras tangki BBM mobil bisa dilakukan dengan mudah.

    Kemudikan mobil Anda hingga bahan bakar hampir tandas

    Cara ini adalah yang paling umum dan mudah untuk menguras tangki bensin mobil Anda. Ya, cukup menggunakan kendaraan kesayangan Anda tersebut dan sisakan bahan bakar sedikit.

    Ingat, Anda hanya perlu menyisakan sedikit, dan jangan sampai mobil Anda macet di tengah jalan. Jika sudah berhasil menyisakan bahan bakar mobil, tunggu hingga mesinnya dingin sebelum melakukan pengurasan.

    Baca juga: Apa Itu Pompa Bensin Mobil dan Bagaimana Cara Merawatnya

    Gunakan alat penyedot bahan bakar

    Alat satu ini bisa menjadi alternatif yang dapat digunakan untuk menguras tangki mobil Anda. Untuk mendapatkan alat dengan sistem otomatis ini, Anda bisa menemukannya di marketplace atau toko suku cadang mobil terdekat.

    Perlu diperhatikan agar Anda membeli penyedot yang sesuai dengan bahan bakar mobil dan hindarkan dari beberapa barang yang dapat memicu api di dekat tangki bensin.

    Pompa hingga bensin keluar

    Cara menguras tangki memang gampang-gampang susah. Oleh karenanya, Anda harus berhati-hati dalam melakukannya. Salah satunya adalah dengan memompa bensin agar dapat keluar.

    Perhatikan pula untuk menyiapkan wadah untuk menampung bensin serta pegang ujung selang saat memompa agar tidak tumpah. Alternatif jika Anda tidak memiliki pompa adalah dengan menggunakan selang.

    Caranya adalah dengan memasukkan selang tersebut ke tangki mobil Anda kemudian meniupnya. Perlahan, dengan udara dalam selang tersebut dapat memancing bensin keluar dari tangki mobil Anda.

    Baca juga: Jangan Teruskan Kebiasaan Buruk Isi Bensin Saat Tangki Benar-Benar Sudah Kosong, Ini Akibatnya!

    Demikian adalah penjelasan mengenai pentingnya dan cara menguras tangki bensin pada mobil dengan mudah. Ingin mewujudkan mimpimu memiliki mobil impian? Realisasikan saat ini juga dengan membeli mobil di dealer dan showroom terpercaya sebagaimana yang ditawarkan oleh OLX Autos.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas terbaik dengan harga terjangkau. Temukan beragam pilihan unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Yuk, percayakan kebutuhan kendaraan Anda bersama OLX Autos.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait