Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    BeritaAstra UD Trucks Ajak Puluhan Pelajar SMK Sambangi GIICOMVEC 2024

    Astra UD Trucks Ajak Puluhan Pelajar SMK Sambangi GIICOMVEC 2024

    Astra UD Trucks menjalin kemitraan dengan SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta, meluncurkan program pendidikan SMK Kelas Quester sejak tahun 2023.

    News.OLX – Di gelaran pameran GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo atau GIICOMVEC 2024 yang berakhir hari Minggu, 10 Maret 2024 kemarin, Astra UD Trucks bersama UD Trucks Indonesia mengajak puluhan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berkunjung ke booth UD Trucks. 

    40 siswa SMK yang terlibat tidak hanya datang berkunjung, melainkan juga melihat langsung teknologi terbaru, berinteraksi dengan profesional industri, dan memahami bagaimana praktik keselamatan diimplementasikan dalam teknologi kendaraan komersial modern. 

    Ini merupakan langkah penting dalam membangun kesadaran mereka tentang standar keselamatan yang harus selalu menjadi prioritas.

    Program ini sekaligus menggabungkan pelajaran teknis mendalam dengan praktik keselamatan kerja, memberikan siswa pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya menjaga keamanan di tempat kerja.

    “Kami memandang pendidikan sebagai investasi dalam masa depan industri kita. Dengan mendidik siswa tentang teknologi kendaraan terbaru dan praktik keselamatan terbaik, kami membentuk generasi mendatang yang tidak hanya terampil tetapi juga peduli terhadap keselamatan kerja,” ungkap Jelita Wunadi Putri, Head Dept HR-GA UD Astra Motor Indonesia, mengomentari terkait pentingnya program ini. 

    Astra UD Trucks sendiri sejauh ini sudah menjalin kemitraan dengan SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta, dengan peluncuran program pendidikan SMK Kelas Quester sejak tahun 2023. 

    Astra UD Trucks
    Foto Bersama Astra UD Trucks, UD Astra Motor Indonesia, dan SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta (Astra UD Trucks)

    Program ini dirancang tidak hanya sebagai respons terhadap kekurangan tenaga kerja terampil di industri otomotif tetapi juga sebagai inisiatif untuk menanamkan pentingnya keselamatan kerja di kalangan pemuda yang akan memasuki dunia industri. 

    Badan Pusat Statistik (BPS) 2022 mencatat adanya kekurangan tenaga kerja terampil di sektor industri otomotif. Hal ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi industri otomotif nasional.

    “Komitmen Astra  UD Trucks terhadap keselamatan merupakan bagian integral dari DNA kami. Melalui program ini, kami berharap untuk menginspirasi siswa dan menanamkan nilai-nilai yang kami pegang teguh, membantu membangun ekosistem industri yang lebih aman dan lebih produktif,” lanjut Budi Rudianto, Service Marketing Dept Head Astra UD Trucks.

    Program yang dicanangkan sejak tahun 2023 ini sudah banyak membuahkan tenaga kerja yang kompeten di bidangnya sehingga berkesempatan untuk berkontribusi sebagai mekanik di Astra UD Trucks.

    Zaenal Arifin, Hubinmas dan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK 1 Perguruan Cikini  Jakarta, mengungkapkan, “Kami sangat bersyukur atas kerja sama dengan Astra UD Trucks. Melalui pendidikan yang komprehensif dan kunjungan ini, siswa kami mendapatkan wawasan langsung tentang apa yang dibutuhkan untuk berhasil dalam industri otomotif, sambil memprioritaskan keselamatan kerja.”

    Astra UD Trucks
    Penyerahan Apresiasi oleh Budi Rudianto, Service Marketing Dept Head kepada Zaenal Arifin Hubinmas dan BKK SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta (Astra UD Trucks)

    Tri Mulyono yang saat ini menjadi Workshop Head Astra UD Trucks Cabang Tangerang, menegaskan nilai penting dari program vokasi ini. 

    “Pendidikan yang saya terima telah menjadi fondasi karir saya. Ini lebih dari sekadar mempelajari keterampilan, ini tentang membangun kompetensi, budaya keselamatan dan pribadi yang unggul. Melalui program pendidikan serupa seperti ini, saya dipersiapkan untuk menapak jenjang karir lebih tinggi,“ pungkas Tri Mulyono.

    Program pendidikan SMK Kelas Quester oleh Astra UD Trucks dan SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta merupakan langkah maju dalam pendidikan vokasi, menawarkan lebih dari sekadar pengetahuan teknis, tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang bertanggung jawab dalam industri otomotif Indonesia.

    Kunjungi OLX atau unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan informasi terbaru tentang otomotif lainnya.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait

    Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/olxnews/public_html_stg/wp-includes/functions.php on line 5420

    Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/olxnews/public_html_stg/wp-includes/functions.php on line 5420