Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikAwas Ketuker, Ini Bedanya Cat Primer, Undercoat, dan Sealer

    Awas Ketuker, Ini Bedanya Cat Primer, Undercoat, dan Sealer

    Primer, undercoat dan sealer seringkali sulit dibedakan. Intip apa saja perbedaan ketiga cat ini di sini!

    News.OLX – Umumnya, ketika akan mengecat tembok rumah, ada cat pelindung yang juga digunakan agar warna akan tahan lama. Nah, ada tiga jenis cat pelindung yang biasa digunakan, yaitu primer, undercoat dan sealer.

    Namun, masih banyak pemula yang ternyata belum paham tentang perbedaan ketiganya. Agar kamu tidak salah pilih cat pelindung, simak perbedaan cat primer, undercoat, dan sealer di bawah ini!

    1. Perbedaan Cat Primer, Undercoat, dan Sealer dari Fungsinya

    Hal yang membedakan ketiganya tentunya adalah fungsinya. Sesuai namanya, cat primer ini sebagai pelapis dasar sebelum kamu mengecat tembok dengan warna tertentu.

    Cat yang satu ini sangat penting agar permukaan tembok jadi lebih halus, sehingga cat dapat menempel dan tahan lama. Begitu pula dengan undercoat, yang berfungsi menghaluskan permukaan tembok.

    Selain itu, karena pigmen putihnya yang sangat bagus, undercoat juga bisa menutupi goresan atau warna yang mengganggu. Sedangkan, sealer lebih banyak orang gunakan untuk menutup jamur, pori-pori dan permukaan beton atau bata yang tidak halus.

    2. Kecocokan Jenis Cat dengan Material

    Meskipun fungsi dasar ketiganya ini adalah sebagai pelapis dasar, tetapi, tidak semua material cocok dengan ketiga cat ini. Cat primer sendiri lebih cocok untuk tembok plester, kayu dan logam.

    Sedangkan, cat undercoat dapat kamu gunakan pada dinding yang sudah dicat dengan warna maupun primer. Selain itu, ini juga dapat kamu gunakan pada material logam dan kayu.

    Lalu, untuk cat sealer dapat kamu gunakan pada material batu bata maupun beton sebagai pelapis dasar. Ini juga bisa kamu gunakan untuk men-seal plester yang ada pada gypsum, lho.

    primer (1)

    3. Cara Penggunaan

    Hal terakhir yang membedakan dari ketiganya ini, terdapat pada cara penggunaannya. Cat primer sendiri seringkali orang gunakan sebagai alas dasar sebelum mengecat tembok, karena sifatnya yang cepat kering.

    Namun, cat yang satu ini tidak begitu baik bila kamu timpa dengan banyak lapisan. Karena itu, sebaiknya gunakan primer sebagai satu-satunya pelapis dasar untuk mengecat tembok rumah.

    Beda halnya dengan undercoat yang punya pigmen putih yang baik, karena dapat meng-cover warna yang ada di bawahnya. 

    Selain itu, penggunaan undercoat ini juga cukup mudah, karena kamu tidak perlu membersihkan tembok lebih dulu. Sedangkan, sealer baru bisa kamu aplikasikan ketika permukaan tembok sudah bersih.

    Nah, itu dia beberapa perbedaan primer, undercoat, dan sealer yang harus kamu ketahui agar tidak salah pilih saat kamu hendak membelinya.

    Jika kamu ingin mencari salah satu jenis cat di atas atau jasa interior design, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait

    Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/olxnews/public_html_stg/wp-includes/functions.php on line 5420

    Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/olxnews/public_html_stg/wp-includes/functions.php on line 5420