Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori3 Tipe Honda Brio dari S, E Hingga RS, Pahami Perbedaannya

    3 Tipe Honda Brio dari S, E Hingga RS, Pahami Perbedaannya

    Kehadirannya langsung disambut baik oleh banyak masyarakat. Terbukti, saat ini keberadaan mobil ini mudah dijumpai di jalanan yang digunakan oleh semua kalangan.

    JAKARTA – Honda Brio merupakan mobil yang berjenis hatchback dengan lima pintu. Mobil yang diperkenalkan sejak tahun 2011 ini menjadi mobil Low Cost Green Car (LCGC) dengan versi Brio Satya.

    Memiliki beberapa tipe, Honda Brio menjadi salah satu mobil yang tangguh dan tidak mudah rusak. Mobil ini banyak diminati anak muda sebagai mobil untuk aktivitas sehari-hari, perawatannya cukup mudah dan irit.

    Beberapa tipe yang ditawarkan Honda Brio mulai dari S, E, lalu dibekali CVT hingga Brio RS sebagai tipe tertingginya. Pada setiap tipe, mobil ini memiliki sedikit banyak perbedaan dari segi fitur hingga penampilan.

    Bila melihat tipe RS, Honda Brio memiliki kesan yang lebih menarik dengan penampilannya lebih sporty dari tipe lainnya. Selain itu terlihat jelas dengan velg yang digunakannya pun berbeda dengan dual tone aluminium dan hitam. 

    Baca juga: Honda Brio – City Car Paling Laris, Ini Harga, Spesifikasi & Promo Lengkapnya

    Hingga saat ini pasaran mobil bekas Honda Brio cukup stabil dan banyak diminati. Nah berikut penjelasan mengenai beberapa tipe Honda Brio yang ada di Indonesia.

    Honda Brio S

    Mobil Honda Brio S
    Honda Brio S (olx.co.id)

    Sebagai tipe terendah pada Honda Brio, mobil ini memiliki harga yang lebih terjangkau daripada tipe lainnya. Menggunakan mesin 1.2L, dengan tenaga hingga 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 Nm pada putaran 4.800 rpm, mobil ini sudah cukup nyaman untuk melibas di jalanan perkotaan. 

    Disandingkan dengan teknologi SOHC dan i-VTEC dari Honda memberikan konsumsi bahan bakar yang tergolong irit untuk sebuah mobil perkotaan. Dalam beberapa pengujian. konsumsi BBM Honda Brio mampu mencapai 20 km/liter untuk perjalanan di dalam kota dan bahkan 30 km/liter di luar kota.

    Memiliki akselerasi responsif yang tidak kalah dengan tipe di atasnya, mobil ini hanya dipasarkan dengan tipe manual 5-percepatan saja. Selain itu belum disematkan transmisi CVT pada Honda Brio S ini.

    Meski menjadi varian terendah, mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan berupa Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) yang membantu Anda berkendara di jalanan yang licin.

    Pada segi desain, Honda Brio S sudah memiliki tampilan sporty, selain itu fiturnya pun sudah menyediakan pengaturan spion secara elektronik dan pengaturan setir. 

    Baca juga: Honda Brio Satya Bekas Makin Dilirik, Ini Harga Pasarannya!

    Honda Brio E

    Mobil Honda Brio E Satya
    Honda Brio E Satya (olx.co.id)

    Memiliki banyak kemiripan dengan tipe S, Honda Brio E kerap disebut sebagai Brio Satya. Memiliki segala fitur yang dimiliki oleh tipe sebelumnya, Honda Brio E menjadi salah satu mobil yang paling laku keras karena dari segi harga terjangkau dan fitur yang sudah mumpuni.

    Memiliki transmisi manual dengan mesin kapasitas mesin 1.2L dengan konfigurasi 4 silinder segaris, 4 valve, SOHC, mobil ini sudah dapat memanjakan Anda untuk melibas jalanan perkotaan.

    Pada sisi keamanan pengeremannya sudah menggunakan ABS + EBD. Selain itu, Dual SRS Airbag eksis mengisi daftar kelengkapan. Meski ada lima jangkar sabuk pengaman, seat belt tiga titik dibekali untuk empat penumpang saja.

    Honda Brio E CVT

    Honda Brio E CVT
    Honda Brio E CVT (olx.co.id)

    Memiliki semua fitur yang ada pada tipe sebelumnya, perbedaan pada Brio E CVT ini menggunakan transmisi otomatis. Selain itu ada beberapa perbedaan yang disematkan pada mobil ini yang membuatnya lebih nyaman untuk digunakan dalam berkendara. 

    Salah satunya ialah peredam suara pada kap mesin yang membuat suara bising dari mesin lebih dikurangi. Mobil dengan transmisi otomatis ini sangat diminati karena mudah untuk digunakan dengan dibekali mesin Honda yang responsif. 

    Baca juga: Honda Brio, City Car Favorit Keluarga Muda

    Honda Brio RS

    Mobil Honda Brio RS
    Honda Brio RS (olx.co.id)

    Menjadi tipe tertinggi yang ada pada mobil Honda Brio, tipe RS memberikan penampilan berbeda dari tipe lainnya. Memiliki kesan lebih sporty, gaya dari Brio tipe ini memiliki grill berwarna hitam yang menunjang penampilannya. Serta emblem RS yang menjadi penanda sebagai kasta tertinggi pada variannya. 

    Pada tipe Honda Brio RS yang paling mencolok adalah penampilannya bagian velg yang berukuran 15 inci seperti tipe di bawahnya. Memiliki kelir dual tone, velgnya dibalut dengan ban berukuran 185/55. Selain itu terdapat tambahan side spoiler dan spion elektronik yang dilengkapi lampu sein LED.

    Pada bagian interiornya kesan gelap pun terasa elegan dibandingkan tipe S maupun E yang terlihat terang. Selain itu pada bagian jok terdapat headrest terpisah beda dari tipe sebelumnya yang menyatu.

    Masih menggunakan mesin yang sama dengan tipe sebelumnya, yakni 1.2L dengan 4 silinder SOHC, mobil ini tentu masih irit bahan bakar.

    Honda Brio RS CVT

    Mobil Honda Brio RS CVT
    Honda Brio RS CVT (olxautos.co.id)

    Menjadi tipe Honda Brio paling mahal, Brio RS CVT memiliki penampilan yang penuh dengan kesan sporty. Memiliki segala fitur yang ditawarkan oleh tipe-tipe sebelumnya, Brio RS CVT juga dilengkapi fitur hiburan yang lebih menonjol. 

    Pada bagian head unit, mobil ini memiliki layar 6,1 inci touchscreen yang sudah dibekali bluetooth, AUX-In dan USB. Selain itu head unitnya ini pun cukup responsif dan tidak lemot.

    Meski menggunakan mesin yang masih sama pada tipe sebelumnya, namun dengan dipadukan dengan transmisi CVT berpenggerak roda depan, Brio RS CVT ini memiliki akselerasi yang responsif. 

    Ia dapat melaju dengan kecepatan 0-100 km/jam dalam 12 detik. Selain itu konsumsi bahan bakarnya pun masih irit yaitu 1:20. 

    Nah setelah mengetahui tentang perbedaan tipe Honda Brio dari S, E hingga RS sudahkan Anda menentukan pilihan untuk membeli mobil ini. Pastikan untuk membeli mobil baru maupun bekas pada dealer yang terpercaya dan memberikan garansi seperti OLX Autos.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait

    Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/olxnews/public_html_stg/wp-includes/functions.php on line 5420

    Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/olxnews/public_html_stg/wp-includes/functions.php on line 5420