Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikTips Menjaga Rantai dan Gear Motor Tetap Awet

    Tips Menjaga Rantai dan Gear Motor Tetap Awet

    Merawat rantai dan gear motor dengan baik adalah suatu keharusan. Hal ini bertujuan supaya motor selalu dalam kondisi prima. Apalagi rantai dan gear merupakan komponen mekanik yang selalu bergesekan.

    News.OLX – Karena seiring penggunaan sehari-hari, kemampuan rantai dan gear motor cenderung mengalami penurunan. Karena itu, perawatan gear motor harus dilakukan secara teratur untuk memastikan agar performa gear motor tetap optimal dan tidak cepat menurun. 

    Berikut adalah tips perawatan rantai dan gear motor supaya memiliki usia pakai yang panjang. Berikut ulasan lengkapnya.

    Beri pelumas pada rantai dan gear motor 

    Penggunaan pelumas pada gear dan rantai motor adalah cara efektif untuk merawat gear motor. Pelumas membantu menjaga performa dan keamanan gear motor dengan menyemprotkannya langsung pada permukaan gear set dan rantai. 

    Baca juga: 4 Resep Jitu Supaya Rantai Motor Awet

    Hal ini menjaga kondisi gear agar tetap basah, mencegah kekeringan, dan melindungi dari potensi kerusakan akibat kotoran.

    Rutin membersihkan rantai dan gear motor 

    Kebersihan gear motor harus dijaga dengan rutin membersihkannya minimal sebulan sekali menggunakan air dan sabun. 

    Membersihkan gear motor akan membantu menghilangkan kotoran yang menempel dan mencegah potensi kerusakan. Setelah membersihkan, lumasi kembali gear untuk menjaga keamanannya.

    Perhatikan posisi gear motor 

    Memperhatikan posisi gear motor, terutama memastikan gear berada pada posisi tengah atau center, akan membuat pengendara merasa lebih nyaman selama berkendara. 

    Baca juga: Jangan Tunggu Putus di Jalan, Perhatikan Kondisi V-Belt Motormu Sekarang!

    Setel gear pada posisi yang sesuai dengan petunjuk dari pabrikan motor untuk memastikan roda sepeda motor terpasang dengan lurus.

    Ganti rantai dan gear secara berkala 

    Gantilah gear secara berkala terutama jika rantai dan gear telah mengalami aus. Tanda-tanda gear aus antara lain suara yang kasar saat digunakan dan rantai yang lebih mudah lepas. 

    Penggantian rantai dan gear secara tepat waktu akan membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada sepeda motor, dan menghindari putus di jalan.

    rantai 2 (1)

    Gunakan rantai dan gear original

    Pilihlah rantai dan gear motor yang berkualitas dan original untuk memastikan keamanan dan ketahanannya. Dengan produk yang berkualitas tinggi akan lebih tahan lama dan mampu menjalankan motor dengan baik, mencegah risiko putus atau lepasnya gear saat berkendara.

    Mencuci rantai dan gear setelah kehujanan 

    Saat sepeda motor terkena hujan atau banjir, segera bersihkan gear dengan menyemprotkannya dengan air bersih. Jika memungkinkan, cuci gear dengan air sabun agar lebih optimal.

    Baca juga: Sebelum Touring, Ini Pengecekan dan Perawatan Motor yang Harus Dilakukan

    Setelah kering, berilah pelumas pada gear untuk mencegah karat akibat air hujan atau banjir.

    Hindari menggunakan oli bekas

    Jangan menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor dan gear motor. Gunakan pelumas khusus gear dan rantai motor yang dirancang untuk tujuan tersebut. Oli bekas dapat menimbulkan kerusakan dan mengurangi umur rantai motor.

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX dengan mendownload aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait

    Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/olxnews/public_html_stg/wp-includes/functions.php on line 5420

    Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/olxnews/public_html_stg/wp-includes/functions.php on line 5420