Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriNissan Evalia, Mobil Bongsor yang Multiguna

    Nissan Evalia, Mobil Bongsor yang Multiguna

    Jika mencari mobil yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, Nissan Evalia bisa jadi solusinya. Mobil jenis MPV dengan tampilan boxy ini pertama kali hadir pada 2012 dengan dua varian, yaitu SV dan XV. Setahun setelahnya, muncul satu tipe lagi, yaitu ST, sebagai trim terendahnya. Pada tahun berikutnya, muncul lagi produksi Nissan Evalia varian XV Highway Star (HWS) yang menjadi varian luxury mobil ini.

    Meski kini sudah tidak produksi lagi, Nissan Evalia masih menjadi mobil keluarga yang banyak peminatnya. Tak heran, mobil Nissan Evalia bekas banyak dicari di berbagai situs jual beli online maupun offline. Tertarik memilikinya? Simak terlebih dahulu seluk beluk Nissan Evalia.

    Spesifikasi Nissan Evalia

    Mesin Nissan Evalia
    Mesin Nissan Evalia (olxautos.co.id)

    Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.400 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.855 mm, dan wheelbase 2.725 mm. Dengan dimensi ini, mobil Nissan Evalia tergolong sebagai mobil MPV yang cukup lega. Mobil 7 seat ini bahkan bisa mengangkut penumpang hingga 8 orang tanpa mengurangi kenyamanan berkendara. 

    Seluruh tipe Nissan Evalia telah dibekali tipe mesin DOHC 1.5 L berkapasitas 1498 cc, 4 silinder. Dapur pacunya bisa mengeluarkan tenaga hingga 109 hp pada 5/600 rpm dan torsi maksimal 143 Nm pada 4.000 rpm. Transmisinya mengandalkan manual 4 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

    Baca juga: Nissan Murano, SUV Langka yang Harga Bekasnya Menggiurkan

    Interior Nissan Evalia

    Interior Nissan Evalia
    Interior Nissan Evalia (olxautos.co.id)

    Sebagai mobil MPV minivan, interior Evalia layak jadi pembahasan. Desain interior Nissan Evalia memang tidak bisa dikatakan mewah, namun cukup baik, mengingat mobil ini memang banyak difungsikan sebagai mobil niaga. Dengan skema warna two-tone beige-hitam dan abu-hitam, head unit Nissan Evalia menggunakan single din. Dilengkapi juga dengan 4 speaker dan roof monitor berukuran 10 inci.

    Kenyamanan terasa pada bagian jok mobil ini yang menggunakan busa empuk yang dibalut dengan warna beige pada tipe XV. Selain itu, pada dashboard, terdapat pula AC manual menggunakan knob putar dan tuas persneling. Mungkin tujuannya untuk lebih menghemat ruang. Pada sisi kanan kiri dashboard, terdapat pula cup holder untuk menaruh botol minum. 

    Sepertinya Evalia ingin memanjakan dan memudahkan penumpangnya yang gemar minum kopi. Di baris kedua, tersedia juga dua tray table yang masing-masing dilengkapi dengan cup holder yang menempel di bagian belakang jok depan. Cup holder juga tersedia di bagian konsol tengah baris pertama, armrest baris kedua, serta trim pintu baris kedua. Sayangnya, cup holder tidak tersedia di baris ketiga.

    Ruang kabin Nissan Evalia bisa dikategorikan luas dan bisa memuat hingga 8 penumpang. Head room dan leg room pun terasa begitu lega pada setiap baris di mobil ini. Selain bagian kabin, ruang bagasi Evalia juga cukup luas. Ruang bagasi bahkan masih bisa dimaksimalkan lagi dengan melipat kursi baris ketiga.

    Baca juga: Nissan Livina, Kembaran Xpander yang Tak Kalah Menggoda

    Eksterior Nissan Evalia

    Dari tampak luarnya, Nissan Evalia bisa dikatakan menyerupai minivan dengan bentuk yang mengkotak agak kaku. Pada bagian depan mobil ini disematkan headlamp berukuran kecil dibanding bodi Evalia yang cenderung besar. Headlamp masih menggunakan model halogen dan belum menggunakan LED.

    Meski begitu, penerangan cukup tajam saat dibawa berkendara di malam hari. Lampu depan ini terhubung ke bagian grill khas Nissan dengan garis chrome yang dilengkapi emblem Nissan pada bagian tengahnya.

    Beralih ke sisi mobil, kesan manis masih terasa dengan hadirnya lekukan di pintu baris kedua. Pintu mobil Nissan Evalia sudah menggunakan model sliding yang sangat berguna saat parkir di area sempit. Namun, pintu sliding pada Evalia masih dioperasikan secara manual, belum elektrik. Kaca pada baris kedua terlihat sangat lebar dan juga masih dioperasikan secara manual.

    Terakhir, bodi bagian belakang Nissan Evalia yang cukup banyak disayangkan para pecinta mobil MPV. Mengapa? Sebab, bentuk bodi belakang Evalia terlalu kotak dan polos, sehingga kesan kaku sangat kuat. Satu-satunya penyelamat bodi bagian belakang ini adalah adanya high-mounted stop lamp atau lampu rem, wiper, serta penamis berwarna chrome di bagian atas mika.

    Baca juga: 3 Metode dan Cara Pengisian Baterai Mobil Listrik Nissan Leaf

    Fitur Nissan Evalia

    Nissan Evalia sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang cukup lengkap. Untuk fitur keselamatannya, Evalia sudah dilengkapi dengan airbags pada bagian pengemudi, khusus untuk Evalia tipe XV. Terdapat juga fitur keselamatan standar lainnya, seperti seat belt 3 point ELR, keyless entry with alarm, sensor parking, hingga teknologi pengereman ABS. 

    Agar penggunanya semakin nyaman, Evalia menyematkan 1 din Audio pada semua tipenya. Pada Evalia tipe ST dibekali 2 speaker, sedangkan pada tipe SV dan XV dibekali 4 speaker. Khusus tipe XV disematkan juga layar roof monitor 10 inci melengkapi rear wipe camera dan takometer yang memang sudah ada sebelumnya.

    Kelebihan Nissan Evalia

    Dari penjelasan di atas, kami akan merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Nissan Evalia. Jika sudah tertarik untuk membeli mobil ini, maka ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan Nissan Evalia agar bisa menjadi bahan pertimbangan tambahan.

    Berikut ini beberapa kelebihan dari Nissan Evalia:

    Ruang kabin dan bagasi lega

    Salah satu kelebihan mobil berbodi “boxy” adalah kabinnya yang cukup lega. Bukan hanya kabin, bagasinya pun sangat luas dan masih bisa dimaksimalkan dengan melipat kursi baris ketiga. Apalagi, mobil ini bisa membawa 7 sampai 8 penumpang sekaligus dalam satu perjalanan.

    Mesin bertenaga

    Jantung pacu Nissan Evalia yang menghasilkan tenaga 109 PS @5.600 rpm, serta torsi maksimal 142 Nm @4.000 rpm ini, membuatnya begitu bertenaga. Saat dibawa jalan jauh, menanjak, maupun cepat, mobil ini begitu tangguh.

    Ayunan suspensi nyaman

    Selain tangguh, ayunan suspensi Nissan Evalia terjamin sangat nyaman, khususnya saat melewati jalan berkontur. tak heran, jika mobil ini kerap digunakan sebagai mobil niaga. Sebab, nyaman dibawa melewati berbagai medan. 

    Konsumsi bahan bakar irit

    Dibekali dengan mesin yang bertenaga rupanya tak lantas membuat konsumsi bahan bakar Evalia menjadi boros. Nyatanya, konsumsi bahan bakar dengan angka RON 92 yang digunakan pada Evalia termasuk irit. Bahkan, tergolong paling irit dikelasnya mencapai 20%.

    Pintu sliding door

    Penggunaan pintu sliding door pada mobil ini tentu membuatnya menjadi unggul. Dengan model ini, tentunya sangat memudahkan penumpang untuk masuk dan keluar mobil, meski di area sempit.

    Kekurangan Nissan Evalia

    Sementara itu, inilah beberapa kekurangan Nissan Evalia. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

    Mesin mudah “ngelitik”

    Nissan Evalia yang mengadopsi mesin Livina memang mudah “ngelitik” ketika melewati jalan menanjak atau melewati polisi tidur. Oleh karenanya, untuk mengatasi hal ini, pengguna Evalia diwajibkan selalu menggunakan RON 92 atau Pertamax sebagai bahan bakarnya. Jika di bawah itu, kemungkinan mesin ngelitik akan semakin tinggi.

    Mudah limbung saat kecepatan tinggi

    Akibat suspensinya yang begitu empuk, membuat Nissan Evalia mudah limbung saat dibawa dengan kecepatan tinggi. Bukan hanya itu, gejala understeer juga kerap dirasakan pengguna saat bermanuver dengan kecepatan tinggi.

    Kaki-kaki kurang awet

    Meski suspensinya nyaman saat dibawa melalui medan berkontur, ini tidak selalu aman pada kaki-kaki mobil Nissan Evalia. Pasalnya, kaki-kaki bagian depan Evalia tergolong cukup lemah jika sering dibawa di jalan berkontur.

    Suku cadang mahal

    Tipikal produk Nissan memang memiliki masalah pada suku cadangnya yang terbilang cukup mahal. Karenanya, perlu persiapan dana yang cukup besar saat akan melakukan perbaikan. Apalagi, jika suku cadangnya ada yang harus diganti.

    Harga Baru dan Bekas Nissan Evalia

    Biasanya, spesifikasi yang cukup mewah tentu akan diikuti dengan harga yang ‘wah’. Tak bisa dipungkiri, mobil MPV andalan Nissan ini memang salah satu solusi terbaik bagi yang mencari mobil pada segmen keluarga. Melalui desain eksterior yang cukup eksklusif, interior yang sangat nyaman, serta fitur keselamatan dan hiburan yang cukup lengkap, pantas saja jika pada masanya Nissan Evalia jadi primadona.

    Di Indonesia sendiri, Nissan Evalia rilis dalam lima tipe yang masing-masing memiliki spesifikasi tambahan berbeda-beda. Dulu, Nissan Evalia baru berkisar antara Rp. 170 juta sampai Rp. 190 jutaan. Memang harganya agak di atas rata-rata mobil tipe MPV pada umumnya.

    Kini harga Nissan Evalia bekas dibanderol sangat terjangkau. Berdasarkan situs jual beli mobil bekas OLX Autos, Nissan Evalia bekas dijual kisaran Rp. 70 juta sampai Rp. 120 jutaan. Tergantung dari tipe dan tahun keluarannya.

    Cari mobil bekas berkualitas yang menunjang kebutuhan harian? #PilihYangPasti hanya di OLX Autos! Kami jamin semua mobil yang bisa dipilih masih berkondisi prima dan bergaransi. Mobil bekas kami telah melalui inspeksi secara rinci dari petugas profesional yang terpercaya.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait

    Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/olxnews/public_html_stg/wp-includes/functions.php on line 5420

    Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/olxnews/public_html_stg/wp-includes/functions.php on line 5420