Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    ReviewSejarah dan Arti Nama Jeep Rubicon

    Sejarah dan Arti Nama Jeep Rubicon

    Jeep Rubicon sudah lama dikenal sebagai kendaraan off-road tangguh, tapi tahukah kamu arti nama dan sejarahnya?

    News.OLX – Saat kamu melihat-lihat jajaran model Jeep, Rubicon adalah salah satu yang mungkin akan kamu kenal lebih dulu berkat tampilannya yang khas.

    Nama ini secara khusus diperuntukkan bagi satu tipe Wrangler. Rubicon adalah jenis terbaik untuk melibas medan off-road. Tapi, kenapa namanya Rubicon?

    Arti Nama Jeep Rubicon

    Rubicon adalah nama sebuah sungai kecil. Di zaman Romawi, sungai ini menandai batas antara Italia dan Galia Cisalpine, sebuah wilayah kekuasaan Julius Caesar di sebelah selatan Pegunungan Alpen.

    Hukum Romawi mengatur bahwa setiap gubernur yang memimpin pasukan menyeberangi sungai ini ke Italia sama saja dengan mengobarkan peperangan. Jadi, menyeberangi Sungai Rubicon pada prinsipnya berarti perang telah mulai.

    Sekitar awal tahun 49 SM, pengaruh Julius Caesar terus menguat. Senat, yang merasa gelisah dengan kekuasaannya yang semakin meluas, memerintahkannya untuk mundur dari kursinya.

    Namun, Caesar tak berniat mengikuti titah tersebut, karena dia sadar akan konsekuensinya. Dia tahu bahwa menolak Senat dapat menyebabkan perang saudara antara dirinya dan kaum elit Romawi, yang dikomandoi oleh saingan beratnya, Pompey.

    Begitu Caesar menyeberangi Rubicon, tidak ada jalan untuk kembali. Sisa ceritanya menjadi sejarah, yang kemudian melahirkan frasa “menyeberangi Rubicon,” yang melambangkan sebuah tindakan tanpa ada kesempatan untuk mundur.

    Rubicon adalah (1)

    Sejarah Jeep Rubicon

    Menengok kembali sejarah Jeep Rubicon, tentunya tidak lepas dari Willys MB. Pada tahun 1940, militer AS meminta 135 perusahaan mobil untuk menyumbangkan ide guna memproduksi kendaraan ringan model baru. Willys-Overland adalah salah satu dari tiga perusahaan yang bersaing untuk memenangkan kontrak tersebut.

    Mereka pun mesti menghasilkan kendaraan kotak dengan penggerak empat roda, mesin mulus, kaca depan fold-down, tiga kursi, dan jarak sumbu roda kurang dari 75 inci. Model Willys pertama tersebut memiliki nama Quad.

    Quad terus mengalami perubahan dan berkembang agar sesuai dengan berbagai kebutuhan militer. Ia menjelma menjadi MA dan kemudian MB. MB berhasil unggul dari Bantam BRC dan Ford Model GP sebagai kendaraan standar militer.

    Menanggapi permintaan masyarakat, Jeep merilis Wrangler pada musim panas 1986 sebagai model tahun 1987. Kendaraan ini menggantikan CJ, yang hadir setelah MB.

    Wrangler dibuat agar lebih nyaman di jalan dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih baik, membuatnya jadi Jeep yang lebih berkelas daripada CJ. Kamu bisa membedakan Wrangler generasi ini dari lampu depannya yang kotak.

    Kemudian, TJ Jeep Wrangler meluncur pada tahun 1997 dan membawa kembali lampu depan bundar klasik dari MB dan CJ. Mesin standarnya adalah 2,5 liter empat silinder dengan 120 tenaga kuda dan torsi 140 pound-feet.

    Bagi konsumen yang menyukai tenaga ekstra, tersedia pilihan mesin 4,0 liter enam silinder dengan 181 tenaga kuda dan torsi 222 pound-feet.

    Akhirnya, pada tahun 2003, Jeep memperkenalkan Wrangler Rubicon. Rubicon adalah versi upgrade dari Wrangler asli yang lebih tangguh dan kokoh. Mobil ini punya rem di keempat rodanya, serta ban 31 inci untuk segala medan.

    Saat ini, mendengar nama Rubicon nyaris sama halnya dengan melaju lepas tanpa rasa khawatir. Bisa dibilang, Rubicon adalah wujud langkah berani Caesar untuk terus maju tanpa gentar. Jadi, untuk kamu yang mendambakan kendaraan terbaik untuk melalui rintangan baru, pilihlah Jeep Rubicon.

    Mau punya Jeep Rubicon bekas untuk mulai petualangan seru? Cari di OLX dan temukan penawaran terbaik. Ayo, belanja aman dan nyaman dengan download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store sekarang!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait

    Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/olxnews/public_html_stg/wp-includes/functions.php on line 5420

    Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/olxnews/public_html_stg/wp-includes/functions.php on line 5420