Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriApa Itu Thermostat AC Mobil? Cek Fungsi, Cara Membersihkan, Menyetel dan Menggantinya

    Apa Itu Thermostat AC Mobil? Cek Fungsi, Cara Membersihkan, Menyetel dan Menggantinya

    Sebagai pemilik mobil, Anda perlu mengetahui soal sistem AC mobil. AC mobil memiliki beberapa komponen penting yang bekerja untuk mendinginkan kabin, salah satunya adalah thermostat. Komponen ini bekerja secara mandiri mengikuti perubahan suhu di luar mobil.

    Terdapat dua jenis thermostat AC mobil, yaitu thermostat elektrik dan thermostat manual. Thermostat elektrik terdiri dari rangkaian elektronika yang pengaturan kelistrikannya dipengaruhi oleh tinggi rendahnya rpm mobil. Sedangkan untuk thermostat manual, kelistrikannya berdiri sendiri tanpa dipengaruhi rpm mobil.

    Fungsi Thermostat AC Mobil

    Thermostat AC mobil memiliki fungsi untuk memberi sekaligus menjaga suhu dingin di kabin mobil. Komponen inilah yang membuat AC mobil mampu mengeluarkan udara dingin dan membuat suhu di kabin menjadi lebih sejuk.

    Baca juga: Mengenal AC Mobil: Komponen, Fungsi Beserta Cara Kerjanya

    Secara umum, thermostat AC mobil memiliki dua fungsi utama, yaitu:

    1. Mengatur Suhu Dingin

    Sebagai pengendara mobil, Anda pasti tahu bahwa kondisi default kabin di dalam mobil rentan terhadap suhu udara yang panas. Hal ini dikarenakan saat mobil berjalan, mesin-mesin di bawah rangka mobil akan berputar dengan cepat. 

    Perputaran inilah yang akan menyebabkan suhu mesin meningkat dan menyebabkan panas yang menjalar ke bagian dalam kabin. Oleh karena itu peran thermostat menjadi penting untuk memberikan udara dingin yang akan mengalahkan suhu panas dari mesin mobil. 

    2. Mengatur Suhu Cairan Pendingin Radiator

    Tidak hanya memberikan dan mengatur suhu dingin di dalam kabin mobil, thermostat juga berfungsi mengatur suhu cairan pendingin radiator. Ini adalah fungsi yang cukup vital mengingat radiator mobil rentan terhadap suhu tinggi dan hawa panas. Oleh karena itu biasanya radiator diberi cairan pendingin.

    Supaya cairan pendingin radiator dapat bekerja dengan maksimal dan optimal untuk mengendalikan suhu panas, thermostat akan bekerja dengan mengatur suhu dingin tersebut. Hal ini dilakukan dengan membuka dan menutup saluran cairan pendingin radiator secara otomatis. Saat suhu di radiator memanas, thermostat akan secara otomatis mendeteksinya dengan membuka saluran cairan pendingin.

    Baca juga: 11 Alasan Kenapa AC Mobil Juga Harus Servis Rutin

    Cara Kerja Thermostat AC Mobil

    Melansir situs resmi Suzuki Indonesia, cara kerja thermostat AC mobil adalah dengan mengikuti komponen lain yang ada pada sistem pendinginan mobil. Hal ini dilakukan dengan komponen water pump yang akan memompa air agar mengarah ke mesin.

    Setelah itu, air akan dialirkan melalui water jacket atau aliran air yang mengelilingi mesin mobil. Air pendingin tersebutlah yang nantinya akan membuat suhu panas pada mesin keluar melalui selang dan masuk ke radiator. Jika suhu mesin memanas hingga 90 derajat celcius, maka secara otomatis katup thermostat akan terbuka.

    Setelah suhu mesin menurun, katup thermostat akan menutup Kembali. Katup thermostat ini akan bekerja membuka dan menutup secara otomatis tanpa perlu Anda kendalikan.

    Cara Memasang Thermostat AC Mobil

    Memasang thermostat AC mobil bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, Anda bisa melakukannya sendiri untuk menghemat pengeluaran. Terdapat beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan, yaitu:

    1. Menyetel Ulang Thermostat

    Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan suhu mobil agar tetap dingin dan sejuk. Anda bisa mengatur suhu control yang terletak pada bagian baut. Caranya mudah, yaitu dengan memutar baut setengah lingkaran. Penting untuk memperhatikan ukuran suhu yang diinginkan dan sesuai kebutuhan.

    2. On Off Sistem AC

    On-off sistem AC berfungsi untuk mengontrol atau memutuskan sistem suhu pada AC. Hal yang perlu dilakukan adalah memutar baut differential. Tapi jangan asal putar, pastikan agar putaran baut tersebut dilakukan sesuai dengan arah jarum jam.

    Baca juga: 6 Ciri Kondensor AC Mobil Rusak Beserta Penyebabnya

    Ciri Thermostat AC Mobil Rusak

    Setelah mengetahui betapa penting fungsi thermostat AC mobil, tentu saja Anda wajib untuk merawatnya dan memastikan komponen ini terus bekerja secara maksimal. Namun, tentu saja sebaik apapun perawatan yang kita lakukan, bukan berarti komponen tersebut tidak akan mengalami kerusakan.

    Nah, jika thermostat AC mobil Anda mengalami kerusakan, hal yang harus dilakukan adalah menggantinya dengan yang baru. Terdapat beberapa ciri yang dapat dikenali jika thermostat AC mobil mengalami kerusakan.

    Ciri pertama yang dapat diketahui jika thermostat AC mobil rusak adalah mobil membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mencapai suhu kerja mesin. Hal ini dikarenakan aliran cairan pendingin yang sudah mengarah ke radiator dalam keadaan masih dingin membuat suhunya rendah karena thermostat terbuka.

    Thermostat yang terbuka pada suhu kamar atau 30 derajat celcius adalah ciri kedua jika thermostat mengalami kerusakan. Bagaimanapun thermostat AC mobil yang masih bisa bekerja dengan baik akan menutup dan membuka secara otomatis thermostat pada kondisi suhu tertentu di mobil Anda.

    Selain itu, terdapat beberapa kondisi yang dapat diindikasikan sebagai tanda kerusakan pada komponen thermostat AC mobil, yaitu:

    • Water pump mulai bermasalah.
    • Temperatur kurang lebih 90° C dan akan membuat saluran air radiator tertutup atau bisa juga macet.
    • Mesin mobil tiba-tiba melambat kinerjanya.
    • Suhu mesin rendah namun untuk penggunaan bahan bakar kendaraan terbilang lebih boros.
    • Overheating yaitu AC akan berada dalam kondisi yang lebih panas.
    • Tenaga mobil berkurang drastis.
    • Gauge membuat suhu sangat tinggi
    • Laju perjalanan mobil mulai terasa tidak sehalus biasanya.

    Alangkah baiknya jika Anda segera mengganti thermostat AC mobil jika menemukan dua ciri tersebut. Hal ini penting agar fungsi thermostat AC mobil dapat kembali bekerja normal dan maksimal seperti sebelumnya. Atau bisa juga dengan membawa ke jasa service jika memang masih memungkinkan untuk diperbaiki.

    Itulah Informasi penting mengenai thermostat AC mobil yang wajib Anda ketahui. Jangan lupa bila Anda memiliki mobil yang akan dijual, pastikan untuk memilih mitra terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik dan pembayaran instan.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait

    Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/olxnews/public_html_stg/wp-includes/functions.php on line 5420

    Notice: ob_end_flush(): Failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/olxnews/public_html_stg/wp-includes/functions.php on line 5420