Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    InformasiNggak Pake Mahal, Segini Estimasi Kursus Mobil Untuk Kamu yang di Jakarta

    Nggak Pake Mahal, Segini Estimasi Kursus Mobil Untuk Kamu yang di Jakarta

    Mengikuti kursus mobil Jakarta mungkin menjadi pilihan bagi masyarakat ibu kota agar mampu mengemudikan kendaraan roda empat. Sebab, hal ini dinilai praktis karena biasanya kursus tersebut sudah menyediakan mobil, instruktur, dan materi pelatihan yang cocok untuk pemula.

    Di Jakarta, ada banyak sekolah mengemudi yang menawarkan kursus mobil untuk pemula maupun yang ingin meningkatkan keterampilan mengemudi mereka. Kursus mobil di Jakarta biasanya terdiri dari beberapa sesi pelajaran teori dan praktek mengemudi.

    Selain itu, beberapa kursus mobil juga menawarkan sesi kelas simulasi yang memungkinkan peserta untuk mengalami situasi yang berbeda secara virtual sebelum benar-benar mengemudi di jalan raya.

    Bagi para pengendara mobil yang tinggal di Jakarta dan ingin belajar mengemudi, ada beberapa sekolah mengemudi yang dapat menjadi pilihan, seperti Ulisa, Persemija, Satria Jayanti, dan masih banyak lagi.

    Nah, berikut estimasi biaya kursus mengemudi mobil di Jakarta dari berbagai sekolah mengemudi tersebut.

    1. Persemija

    Persemija adalah tempat kursus mengemudi mobil yang terkenal di Jakarta. Mereka memiliki beberapa cabang, seperti di Benhil, Gandaria, Radio Dalam, dan lainnya.

    Biaya kursus mengemudi mobil di Persemija bervariasi, mulai dari Rp 530 ribu hingga Rp1,450 juta. Berikut adalah rincian biaya kursus mengemudi mobil di Persemija:

    Alamat cabang: Benhil, Radio Dalam, Gandaria, Percetakan Negara, Kramat Sentiong, dan Johar Baru.

    Waktu kursus: Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB, Sabtu pukul 08.00-16.00 WIB, dan Minggu pukul 08.00-15.00 WIB.

    Biaya kursus: 5 kali pertemuan seharga Rp530.000, 8 kali pertemuan seharga Rp 780.000, 12 kali pertemuan seharga Rp1.060.000 (diskon 10%), dan 16 kali pertemuan seharga Rp1.350.000 (diskon 10%).

    Selain biaya kursus, murid juga dikenakan biaya pendaftaran administrasi sebesar Rp20 ribu dan wajib memberikan uang tips kepada instruktur sebesar Rp15 ribu per jam pada hari biasa dan Rp20 ribu pada hari libur setiap selesai kursus.

    2. Ulisa Driving School

    Ulisa adalah sekolah mengemudi yang didirikan pertama kali di Jakarta pada tahun 1951 dengan nama ‘Oemoem’.

    Pada tahun 1972, sekolah ini berubah nama menjadi Ulisa setelah bekerja sama dengan empat sekolah mengemudi lainnya. Ulisa memiliki beberapa cabang di daerah Fatmawati, Menteng, PIK & Pluit, dan lainnya.

    Biaya kursus mengemudi mobil manual di Ulisa adalah sekitar Rp 775 ribu, sementara biaya kursus mengemudi mobil matik sekitar Rp 875 ribu.

    Untuk mendapatkan SIM A, dikenakan biaya sekitar Rp 750 ribu. Biaya kursus mengemudi mobil di hari Sabtu lebih mahal, yaitu sekitar Rp900 ribu untuk kursus manual.

    3. Satria Jayanti

    Satria Jayanti adalah salah satu sekolah mengemudi di Jakarta yang tergabung dalam Persatuan Sekolah Mengemudi Kendaraan Bermotor (PSMKB).

    Keunggulan mereka adalah mendaftar secara online dan pembayaran via transfer. Instruktur yang berpengalaman akan mengajarkan teori dan tips mengemudi mobil pada murid kursus mobil.

    Materi kursus mencakup cara belajar mobil dengan kaidah Safety Driving, cara mengendarai mobil di jalan raya, mengoper gigi mobil manual dan otomatis, mengemudi mobil di tanjakan, mundur, belokan, parkir paralel dan seri, serta tips dan trik berkendara.

    Satria Jayanti memiliki beberapa cabang di Jakarta dengan persyaratan kursus seperti mengisi formulir pendaftaran, menyertakan fotokopi KTP, sehat jasmani dan rohani, membayar biaya pendaftaran Rp 25 ribu, dan membayar biaya belajar minimum 50%.

    Biaya kursus tergantung pada jumlah pertemuan dan waktu kursus, dimulai dari Rp690.000 hingga Rp1.110.000 untuk kursus mobil manual dan otomatis pada hari Senin-Jumat pukul 8 pagi-4 sore dan hari Sabtu-Minggu pukul 8 pagi-5 sore atau Senin-Jumat pukul 4 sore-8 malam.

    Setelah membaca informasi tentang biaya kursus mengemudi mobil di beberapa tempat di Jakarta, tentunya kamu sudah memiliki gambaran yang lebih jelas dan lengkap, bukan?

    Jadi, yuk jangan menunda untuk kursus mobil! Ingat, mengemudi bukan hanya tentang menguasai kendaraan, tetapi juga tentang keamanan dan keselamatan di jalan raya.

    Oleh karena itu, pastikan kamu memilih tempat kursus yang berkualitas dan terpercaya agar kamu bisa menjadi pengemudi yang handal dan aman di jalan raya. Selamat memulai perjalananmu dalam mengemudi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait