Kamis, Mei 30, 2024
Lainnya
    MotorNgincer Yamaha Scorpio Seken? Ketahui Dulu Penyakitnya

    Ngincer Yamaha Scorpio Seken? Ketahui Dulu Penyakitnya

    Ketahui dulu penyakit Yamaha Scorpio sebelum meminangnya!

    News.OLX – Yamaha Scorpio merupakan salah satu motor naked bike favorit di Indonesia. Sebab, selain tangguh dan menyenangkan untuk dikendarai, motor pabrikan Jepang ini memiliki tenaga yang cukup besar.

    Sayangnya, motor ini sudah tidak lagi diproduksi dalam keadaan baru. Alhasil Yamaha Scorpio seken masih diburu banyak penggemarnya.

    Namun kalau kamu berminat meminang Yamaha Scorpio seken, ada beberapa penyakitnya yang perlu kamu perhatikan agar tidak salah membeli. Berikut adalah penjelasannya.

    1. Sistem karburator yang harus diawasi

    Yamaha Scorpio bekas sering kali mengalami masalah pada sistem karburator, terutama bocornya karet vakum. Karburator tipe constant velocity (CV) yang digunakan oleh Yamaha Scorpio bergantung pada kevakuman untuk mengatur percampuran udara dan bahan bakar.

    Karet vakum yang bocor dapat mengakibatkan penurunan performa mesin, membuatnya terasa lemah dan kurang responsif. Perlu diingat bahwa mengganti karet vakum dapat menjadi investasi yang cukup signifikan.

    yamaha scorpio (1)

    2. Masalah kaki-kaki

    Kendaraan yang sudah berumur, seperti Yamaha Scorpio bekas, rentan mengalami masalah pada kaki-kaki. Bagian seperti arm relay (AR) dan connecting rod (CR) dapat menjadi sumber masalah, terutama dalam situasi penggunaan berat seperti saat membawa boncengan.

    Meski demikian, hal ini tetap bisa diatasi. Kamu perlu melakukan penggantian dengan komponen yang memiliki dimensi dan sudut kemiringan yang lebih besar untuk menghindari masalah pada kaki-kaki Yamaha Scorpio bekas.

    Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kondisi bosh atau bushing arm yang mungkin oblak. Jika ini dibiarkan bisa membuat motor kurang stabil, terutama saat melibas jalanan rusak.

    3. Kopling bermasalah

    Kopling pada Yamaha Scorpio bekas seringkali menjadi area yang memerlukan perhatian khusus. Kampas kopling yang lemah dapat membuat kopling cepat lemas dan kurang responsif saat digunakan.

    Untuk mengatasi hal ini, perlu dilakukan penggantian kampas kopling dan per kopling secara berkala. Selain itu, pemilihan oli mesin yang baik juga dapat membantu mengurangi risiko overheat.

    4. Rentan overheat

    Penyakit lain yang sering dialami Yamaha Scorpio bekas adalah mesinnya rentan overheat. Meskipun tidak semua motor mengalami masalah yang sama.

    Ada beberapa alasan yang menyebabkan Yamaha Scorpio rentan overheat. Ini dikarenakan konstruksi mesinnya yang besar dengan ukuran piston 70 mm.

    Sayangnya, mesin ukuran besar tersebut hanya mengandalkan sirip angin tanpa oil cooler atau radiator untuk membuatnya tetap dingin. Alhasil ini rentan terhadap overheat.

    Meski begitu, ada cara untuk mencegah permasalahan ini. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih oli mesin yang tepat dan memiliki kualitas yang baik. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan perawatan berkala terhadap mesin motor tersebut.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga bisa cari mobil bekas impianmu dengan dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait