Jumat, Juni 14, 2024
Lainnya
    BeritaSuzuki Indonesia "Berbagi Tahta" dengan Jepang dan India, Suplai Mobil Hybrid ke...

    Suzuki Indonesia “Berbagi Tahta” dengan Jepang dan India, Suplai Mobil Hybrid ke Thailand

    Menyusul pengumuman tutupnya pabrik Suzuki di Thailand, Suzuki Indonesia diuntungkan, karena Thailand hanya fokus menawarkan mobil listrik dan model hybrid.

    OLX News – Suzuki memutuskan untuk menutup pabriknya di Thailand di tahun 2025 nanti. Keputusan ini ditempuh oleh Suzuki Motor Corporation sebagai bagian dari evaluasi global terkait produktivitas pabrik tersebut, menyusul turunnya angka penjualan kendaraan penumpang konvensional di tengah peralihan Thailand ke kendaraan listrik

    Sejatinya pabrik Suzuki yang berlokasi di Pluakdaeng, Provinsi Rayong, Thailand itu memiliki kapasitas produksi hingga 60.000 unit per tahunnya. Namun tahun lalu, pabrik ini hanya mampu memproduksi sebanyak 7.579 unit kendaraan.  

    Menanggapi hal ini, Marketing and Business Strategy Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel angkat bicara. 

    “Sebagai entitas Suzuki yang berbeda negara, kami tidak dapat memberikan keterangan secara resmi. Untuk informasi yang resmi terkait kondisi yang sedang terjadi di fasilitas produksi Suzuki Thailand. Saat ini rekan-rekan bisa mengakses secara langsung pengumuman yang telah diterbitkan oleh principal kami sebagai informasi Suzuki global,” tulis Harold melalui pesan Whatsapp kepada OLX News, Senin (10/6/2024).

    Disinggung soal dampak penutupan pabrik Suzuki di Thailand ini terhadap bisnis Suzuki di tanah air, Harold mengungkapkan tidak ada pengaruhnya sama sekali. 

    “Jika dilihat dari model-model mobil yang diproduksi di Suzuki Thailand, maka kami pastikan tidak akan ada dampak maupun pengaruh yang akan dirasakan oleh Suzuki Indonesia. Karena model yang mereka produksi tidak ada yang dipasarkan di Indonesia saat ini,” lanjut Harold.

    Pabrik Suzuki di Thailand selama ini hanya memproduksi model seperti Swift, Ciaz dan Celerio.

    Sebaliknya, kondisi ini justru membawa keuntungan bagi Suzuki Indonesia karena berpeluang besar untuk meningkatkan volume ekspor ke Thailand.

    Karena rencananya Suzuki Thailand hanya akan memasarkan kendaraan berbentuk Completely Build Up (CBU) dari basis produksi Suzuki yang ada di kawasan ASEAN, Jepang dan India.

    Bahkan perusahaan ini hanya fokus untuk memperkenalkan dan menawarkan model elektrifikasi seperti mobil listrik dan model hybrid. 

    Suzuki XL7 Hybrid

    Saat ini Suzuki Indonesia sudah memproduksi Ertiga Hybrid dan XL7 Hybrid di fasilitas produksinya yang ada di wilayah Cikarang, Jawa Barat. 

    Apakah berarti semua model hybrid Suzuki yang dipasarkan di Thailand akan diimpor dari pabrik Suzuki di Cikarang? 

    “Sepertinya tidak akan didominasi semua dari Indonesia. Kita akan “berbagi tahta” dari pabrik yang lain seperti Jepang, India, dll,” pungkasnya.

    Download aplikasi OLX melalui Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan berbagai berita otomotif menarik lainnya. (Z)

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait