Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriPakai Hijab Panjang, Begini Cara yang Paling Tepat Ketika Naik Motor

    Pakai Hijab Panjang, Begini Cara yang Paling Tepat Ketika Naik Motor

    Menggunakan hijab plus helm saat berkendara sepeda motor, kenapa tidak? Setidaknya hijab bagi wanita muslim adalah wajib. Sedangkan helm juga wajib digunakan Ketika mengendarai sepeda motor.

    Ya, keduanya memang memiliki kesamaan yaitu wajib digunakan baik berdasarkan aturan dari agama maupun negara.

    Nah, jika OLXer merupakan hijaber yang menggunakan sepeda motor, sebaiknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap dapat menutup aurat namun juga aman dan selamat apabila terjadi hal yang tak diinginkan.

    Baca juga: Helm Khusus Hijaber, Tetap Aman dan Modis

    Berdasarkan keterangan Yamaha Riding Academy melalui Main Dealer PT Thamrin Brothers, para hijabers yang berkendara sepeda motor agar menerapkan beberapa hal terkait safety riding yang diantaranya adalah sebagai berikut

    Pastikan hijab tidak menghalangi helm

    Cara aman berkendara bagi hijabers, disarankan hijab yang digunakan polos tidak menghalangi helm. Misal, tak perlu menggunakan manik-manik, seperti bros yang berada di bagian atas kepala. Tentu saja ini akan sangat mengganggu karena ada yang mengganjal.

    Pakai hijab berbahan sejuk

    Memilih kain hijab berbahan yang sejuk dan dapat menyerap keringat dapat menjadi pilihan bagi Anda. Misalnya dari bahan katun. Hindari mengenakan pakai yang panas, sehingga membuat Anda kepanasan dan kegerahan.

    Gunakan jaket

    Mengenakan jaket menjadi salah satu cara aman berkendara bagi para hijabers. Pasalnya, jika Anda menggunakan hijab yang panjang, Anda dapat memasukkannya ke dalam jaket untuk menghindari bahaya saat riding. Cara tersebut juga dapat berfungsi saat hijab terhempas angin, maka hijab yang dikenakan tidak menghalangi fokus Anda saat berkendara.

    Baca juga: 10 Cara Agar Wanita Aman Berkendara Sepeda Motor

    Hindari mengenakan rok yang terlalu besar

    Memakai rok terlalu besar sangat tidak disarankan saat Anda berkendara. Ya, hal ini cukup masuk akal, karena banyak kasus dimana wanita yang mengenakan rok panjang terlilit rantai, palang velg ataupun ban, sehingga dapat berakibat fatal. Jadi, pertimbangkan hal tersebut agar Anda aman dan nyaman dalam berkendara.

    Pilih ukuran helm lebih besar

    Pilih ukuran helm lebih besar dari ukuran kepala untuk menghindari pusing akibat kesempitan. Selain itu, wanita biasanya memiliki cepolan atau seperti konde yang ada di kepala, sehingga jadi terasa sempit.

    Baca juga: Hai Ladies, Ini 5 Cara Berpakaian Aman dan Stylish Saat Naik Motor

    Lengkapi dengan perlengkapan safety riding

    Gunakan perlengkapan safety riding gear dan terapkan safety riding saat di jalanan. Perlu dicatat, jika di jalan raya tak ada kata pengecualian apabila masalah keamanan dan keselamatan.

    Nah, demikian adalah tips berkendara bagi hijabers yang dapat dipraktekkan untuk mendapatkan kenyamanan sekaligus keamanan dalam berkendara.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait