Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPakai Semir Sepatu Sebagai Penghitam Body Motor, Amankah?

    Pakai Semir Sepatu Sebagai Penghitam Body Motor, Amankah?

    Mitos atau fakta, menggunakan semir sepatu sebagai penghitam body motor tidak aman?

    News.OLX – Semir sepatu seringkali digunakan sebagai penghitam body motor. Hal tersebut karena semir sepatu dinilai bisa menghitamkan body motor secara cepat karena memiliki warna yang pekat.

    Body motor yang warnanya mulai memudar memang membuat tampilan kendaraan kurang sedap dipandang. Namun, amankah mengembalikan tampilannya dengan menggunakan semir sepatu?

    Kelebihan semir sepatu sebagai penghitam body motor

    Menurut beberapa teknisi professional, ada kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan semir sepatu sebagai penghitam body motor. Berikut diantaranya:

    1. Ekonomis dan praktis

    Semir sepatu memang sangat murah jika kamu buru-buru ingin memperbaiki body motor kamu agar kembali elegan. Dengan kisaran harga sekitar Rp. 20 ribuan, kamu dapat mengubah tampilan body motor menjadi lebih bersih.

    2. Mudah ditemukan dimana-mana

    Kamu juga dapat menemukan semir sepatu ini dimana-mana. Bahkan, di toko-toko kecil pun juga menyediakan semir sepatu sehingga memudahkan kamu ketika motor sedang kusam dan ingin memperbaiki penampilan dalam waktu singkat.

    3. Praktis digunakan 

    Salah satu hal juga yang banyak disukai oleh masyarakat adalah cara penggunaan nya pun sangat praktis sehingga banyak yang memilih semir sepatu sebagai penolong.

    Kekurangan semir sepatu sebagai penghitam body motor

    Namun, dibalik kelebihan dari semir sepatu ini sebagai penghitam body motor, beberapa kekurangan nya pun mungkin cukup merepotkan kita sebagai pemilik kendaraan.

    1. Warna tidak tahan lama

    Karena penggunaannya memang tidak diperuntukkan untuk body motor, sehingga warna hitam pada semir sepatu dinilai tidak tahan lama dan mungkin hilang dalam beberapa hari saja setelah penggunaan.

    2. Mudah luntur

    Warna pada semir sepatu pun juga dinilai mudah luntur jika kamu mengaplikasikan pada body motor secara buru-buru. Biasanya, jika kamu tidak sengaja menyentuh body motor setelah dipakaikan semir sepatu, masih ada bercak hitam sisa dari alat tersebut.

    penghitam body motor (1)

    Rekomendasi untuk menghitamkan body motor

    Daripada kamu salah pilih untuk menghitamkan body motor, ini dia beberapa rekomendasi untuk kamu yang lebih awet warnanya dan tahan lama.

    1. Cairan khusus penghitam body motor

    Lebih baik untuk kamu menggunakan cairan khusus penghitam body motor yang hasilnya lebih terjamin. Saat akan mengaplikasikan cairan ini, kamu bisa menggunakan spon untuk membantu agar warna hitam dapat merata dengan sempurna.

    2. Kompon

    Kompon juga dapat digunakan untuk untuk menghitamkan body motor. Kamu bisa menggunakan kompon bentuk gel atau pasta. Cukup oleskan kompon pada bagian body motor dan gosok menggunakan kain lap kering dengan cara memutar.

    3. Skotlet

    Jika kamu ada dana lebih, kamu bisa gunakan skotlet atau stiker khusus untuk body motor. Selain dapat menutupi bagian yang pudar, dengan menggunakan wrapping skotlet bisa juga menutupi bagian bodi motor yang tergores.

    Jangan lupa cek sebelum menggunakan alat-alat tersebut, untuk membaca bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dan pastikan bahwa produk tersebut aman digunakan pada permukaan body motor.

    Penggunaan produk yang sesuai akan membantu mempertahankan keamanan dan penampilan motor.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait