Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPemilik Kendaraan Wajib Tahu Apa Itu Spare Part dan Jenis-jenisnya

    Pemilik Kendaraan Wajib Tahu Apa Itu Spare Part dan Jenis-jenisnya

    Ternyata spare part kendaraan ada banyak jenisnya!

    News.OLX – Spare part atau suku cadang mobil merupakan bagian yang penting pada kendaraan. Hal ini karena berfungsi untuk menjaga kinerja kendaraan tetap optimal.

    Sebab itu, sebagai pemilik mobil, kamu wajib mengetahui jenis suku cadang yang diperlukan untuk merawat dan memperbaiki mobil ketika diperlukan.

    Pengetahuan mengenai suku cadang diperlukan untuk memahami perawatan preventif, mengidentifikasi potensi masalah, dan memastikan kelancaran operasional mobil yang digunakan.

    Jenis-jenis spare part mobil

    Lantas, apa saja jenis-jenis spare part yang ada pada kendaraan? Untuk mengetahuinya, berikut adalah penjelasannya.

    1. Spare part original (OEM)

    Jenis spare part pertama adalah original atau Original Equipment Manufacturer (OEM). Ini adalah suku cadang asli dari pabrik.

    Produk ini melewati pengujian ketat untuk memastikan keamanan dan kualitas karena memiliki standar internasional, keberlanjutan dan jaminan produk menjadi keunggulan tersendiri. Penggunaannya dapat membantu mengurangi biaya jangka panjang karena daya tahan yang tinggi.

    2. Spare part non pabrikan atau aftermarket

    Spare part aftermarket merupakan alternatif jika kamu memiliki batasan anggaran. Meskipun tidak selalu lebih murah, spare part ini diproduksi oleh perusahaan-perusahaan yang tidak memiliki lisensi manufaktur.

    Beberapa produk aftermarket memiliki kualitas setara atau bahkan lebih baik dari original. Namun, perlu kehati-hatian dalam pemilihan produk agar sesuai dengan kendaraanmu.

    3. Spare part KW

    Spare part KW, terbagi menjadi KW 1, KW 2, dan KW 3. Meski dijual di pasaran, namun pembeliannya secara umum tidak disarankan karena kualitasnya tidak dapat dipastikan serta rentan merusak kendaraan.

    Adapun perbedaan ketiga jenis spare part KW terletak pada tampilan dan bahan pembuatannya. Meskipun harganya lebih terjangkau, produk KW tidak menjamin standar keamanan global. Oleh karena itu, penggunaan spare part KW sebaiknya dihindari, terutama jika keselamatan dan kualitas menjadi prioritas.

    sparepart (2)

    Spare part yang wajib diperhatikan

    Itu adalah jenis-jenis spare part pada kendaraan. Selain mengetahui jenisnya, kamu juga disarankan untuk selalu memperhatikan beberapa spare part berikut ini untuk menjaga kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

    Spare part ini wajib rutin diperhatikan karena memiliki usia pakai yang singkat serta fungsinya yang sangat penting. Berikut adalah beberapa contoh spare part mobil beserta penjelasan fungsi masing-masing.

    1. Filter oli

    Filter oli bertugas menyaring kotoran dan partikel yang ada dalam oli mesin. Dengan mempertahankan kebersihan oli, filter ini melindungi komponen mesin dari aus dan kerusakan.

    2. Brake pad

    Brake pad adalah bagian dari sistem pengereman yang menekan cakram atau drum untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan roda. Rem pad yang baik penting untuk keamanan berkendara.

    3. Aki

    Aki menyimpan energi listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin dan mendukung berbagai sistem listrik dalam kendaraan, seperti lampu, radio, dan kelistrikan lainnya.

    4. Busi

    Busi adalah komponen yang memicu percikan listrik dalam ruang bakar mesin. Percikan ini membakar campuran bahan bakar dan udara, menghasilkan tenaga untuk menggerakkan kendaraan.

    5. Kampas rem

    Kampas rem berada di antara rem pad dan cakram atau drum. Mereka meredam gesekan dan memastikan rem pad dapat menekan cakram atau drum dengan efektif.

    6. Filter udara

    Filter udara menyaring udara yang masuk ke mesin, memastikan bahwa udara yang dibakar bersih dari kotoran. Ini mendukung pembakaran yang efisien dan melindungi mesin dari kerusakan.

    7. Shock absorber

    Shock absorber atau peredam kejut meredakan getaran dan guncangan dari jalan, memberikan kenyamanan berkendara dan menjaga kontrol kendaraan.

    8. Radiator

    Radiator membantu mendinginkan mesin dengan sirkulasi cairan pendingin. Ini mencegah mesin dari overheating dan memastikan suhu operasional yang optimal.

    Setelah mengetahui jenis-jenis spare part, pastikan kamu nggak keliru atau melakukan kesalahan dalam memilihnya, ya!

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait