Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    LainnyaSejarah Mobil Pertama di Dunia dan Penemunya

    Sejarah Mobil Pertama di Dunia dan Penemunya

    JAKARTA –  Selalu ada yang pertama untuk segalanya. Dan, yang pertama akan selalu dicatat dalam sejarah. Tak hanya penting untuk dikenang, mobil-mobil pertama di dunia juga berpengaruh besar untuk industri otomotif hingga hari ini.

    Banyak orang tentu tahu bahwa Mercedes-Benz adalah mobil pertama di dunia yang diproduksi secara massal. Selain Mercedes-Benz, ada 6 mobil lain termasuk dalam generasi pertama, yang semua diciptakan sebelum tahun 1900. Berikut 7 mobil pertama di dunia:

    1. Mercedes-Benz (1886)

    Mobil buatan pertama Mercedez Benz
    Benz Victoria Phaeton (olx.id)

    Merek mobil Mercedes Benz diambil dari nama penciptanya, Karl Benz. Sebelumnya, awalnya mobil ini diberi nama Benz Patent Motorwagen, namun ia gagal ketika diuji coba secara publik. Setelahnya mobil ini disempurnakan lagi, namanya diubah dan menjadi salah satu merek mobil paling populer di dunia hingga sekarang.

    Proses pembuatan mobil ini dimulai oleh Karl Benz sejak tahun 1885. Awalnya, mobil ini memiliki 3 roda dengan mengusung mesin satu silinder 954 cc yang mampu menghasilkan tenaga 0,75 bhp. Pada Januari 1886, Karl Benz secara resmi menerima hak paten atas penemuannya.

    Baca juga: Sejarah Penemuan Mobil Pertama di Dunia, Awalnya Mesin Uap untuk Pengangkut Meriam

    2. Peugeot (1891)

    Peugeot adalah perusahaan yang sudah beroperasi sejak 1842. Awalnya Peugeot adalah produsen penggilingan garam dan merica, namun setelah 40 tahun ganti Haluan menjadi produksi sepeda. Peugeot membangun mobil pertamanya di tahun 1891. Mobil tersebut memiliki 4 roda dengan mesin V-twin yang dipasang di belakang untuk menggerakkan roda belakang melalui rantai.

    Pada tahun pertamanya, Peugeot hanya berhasil membuat lima unit mobil. Namun, di tahun berikutnya produksi bertambah menjadi 29 unit dan pada tahun 1900 berhasil memproduksi 500 unit.

    3. Ford (1896)

    Henry Ford melakukan eksperimen untuk menciptakan mobil pertamanya pada 1896. Ia berhasil membangun 1 unit mobil yang diberi nama Ford Quadricycle. Setelah melakukan banyak uji coba, akhirnya pada 1903 Henry Ford mendirikan Ford Motor Company.

    Meskipun bukan penemu mobil pertama, Henry Ford tetap menjadi sosok yang sangat penting dalam industri mobil dunia. Ford menjadi mobil yang sangat populer di dunia, namun di Indonesia hanya golongan tertentu saja yang mampu memilikinya.

    4. Renault (1898)

    Perusahaan mobil Société Renault Freres didirikan oleh Louis, Marcel, dan Ferdinand Renault pada 1899 setelah membangun prototype 1CV voiturette pada 1898. Mobil pertama ini mampu melaju dengan kecepatan 32 kpj. Tipe A mendapat facelift tahunan sampai akhirnya keluar dari jalur produksi pada tahun 1903. Pada saat itu ia sudah dilengkapi dengan mesin bertenaga 5 hp.

    Baca juga: Sejarah Mobil di Indonesia Sampai Mobil Pertama Presiden Soekarno

    5. Fiat (1899)

    Fiat merupakan perusahaan mobil yang merupakan akronim dari Fabbrica Italiana di Automobili Torino yang didirikan pada 1899. Mobil pertama yang dikeluarkan oleh Fiat bermesin twin-flat yang memiliki kekuatan 679 cc dan mampu menghasilkan tenaga hingga 4 hp. Beberapa tahun berselang, Fiat telah mengupgrade mobilnya dan berhasil menciptakan mesin berkekuatan 837 cc.

    6. Opel (1899)

    Adam Opel mendirikan perusahaan produksi mesin jahit pada tahun 1862. Pada tahun 1886, Adam Opel melakukan diversifikasi perusahaan mesin jahitnya menjadi sepeda.

    Di tahun 1895, Adam Opel wafat dan bisnis dilanjut oleh keluarganya. Beruntungnya, keluarga dari Adam Opel berhasil menciptakan dan memperkenalkan mobil pertama dari perusahaan Opel tepat pada tahun 1899. Mobil karya Opel tersebut memiliki mesin dengan kekuatan mencapai 1545 cc dan dapat menghasilkan tenaga sebesar 3.5 hp. Mesin dengan satu silinder tunggal ini dapat dipilih pembeli dengan dua edisi, dari edisi dua kursi atau empat kursi.

    7. Buick (1899)

    Perusahaan yang berdiri di tahun 1899 ini awalnya Bernama Buick Auto-Vim dan Power Company. Buick merupakan perusahaan yang membuat mobil tertua di Amerika dan masih beroperasi hingga sekarang. Buick sendiri mulai melakukan produksi massal mobil pada 1904. Mobil pertamanya adalah Model B dengan dilengkapi mesin twin-flat 2605 cc yang menghasilkan tenaga hingga 16 hp.

    Baca juga: Jarang Diketahui, Begini Wujud Mobil Pertama Mitsubishi

    Sejarah Mobil Bertenaga Uap

    Penemu mobil tenaga uap
    Mobil Bertenaga Uap Pertama (olx.co.id)

    Mobil pertama kali diciptakan pada tahun 1769 oleh Nicolas J. Cugnot, seorang ilmuwan Perancis. Mobil ini berukuran besar dengan 3 roda, terinspirasi dari kereta kuda yang dilengkapi oleh ban. Awalnya, mobil ini difungsikan sebagai kendaraan pengangkut meriam untuk perang.

    Pada 1784, James Watt berhasil menciptakan kendaraan sejenis dengan memanfaatkan mesin uap. Selanjutnya, di tahun 1830, Richard Trevenick juga menciptakan mobil bertenaga uap yang mampu bergerak dengan kecepatan 20 kilometer per jam. 3 penemuan ini menjadi tonggak awal terciptanya mobil.

    Meskipun terus berkembang, sayang kendaraan tersebut memiliki kelemahan, yaitu meledak jika tidak digunakan dengan baik. Namun, bunyi yang ditimbulkan mobil generasi pertama ini sangat halus, sehingga tidak memunculkan asap tebal.

    Mobil tenaga uap ini memulai mengalami perubahan setelah Joseph E. Lenoir, seorang insinyur Perancis berhasil menciptakan mobil dengan bahan bakar ganda, yaitu batu bara, gas, dan udara, pada tahun 1860.

    Baca juga: Ini Mobil Pertama Mercedes-Benz yang Masuk ke di Indonesia

    Sejarah Mobil Bertenaga Mesin

    Penemu mobil bertenaga mesin
    Mobil Bertenaga Mesin Pertama (olx.co.id)

    Kejayaan mobil bertenaga uap berakhir pada 1886, tepatnya setelah Karl Benz mulai memperkenalkan mobil bertenaga mesin. Inspirasi ini didapatkan ketika ia mengendarai sepeda yang tetap dapat melaju tanpa harus dikayuh. Dari situlah ide membuat mobil bertenaga mesin muncul.

    Di waktu yang sama, Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Stuttgart juga berupaya mengembangkan mobil bertenaga mesin. Namun, Karl Benz menyelesaikan proyek tersebut lebih cepat, dan pada tahun 1879 ia mematenkan mobil ciptaannya.

    Beberapa tahun berselang, George B. Selden, seorang pengacara paten berhasil membuat mobil bermesin dua stroke pada 1895. Setelahnya, muncul banyak jenis mobil, dari yang bertenaga uap, bensin dan listrik, yang saling bersaing untuk menjadi pilihan masyarakat.

    Persaingan ini dimenangkan oleh mobil berbahan bakar bensin yang banyak disukai masyarakat. Terutama setelah Ferdinand Porsche berhasil menciptakan mobil hybrid pada 1907 yang diberi nama Lohner Porsche Mixte. Mobil ini kemudian diproduksi dalam skala besar dan dipasarkan oleh Oldsmobile dengan harga yang terjangkau.

    Baca juga: Bukan BMW atau Mercy, Ini Mobil Pertama di Bumi dengan GPS

    Itulah sedikit sejarah mobil pertama di dunia. Jika kita cermati, meskipun mobil pertama kali ditemukan oleh Nicolas J. Cugnot, namun Karl Benz-lah yang mengembangkannya hingga dikenal di seluruh dunia.

    Nah jika kamu tertarik untuk membeli mobil dari Mercedes Benz atau 6 perusahaan lain, kamu bisa mencari di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih.
    Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait