Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPengertian Karoseri beserta Fungsinya, Jangan Sampai Salah Kaprah

    Pengertian Karoseri beserta Fungsinya, Jangan Sampai Salah Kaprah

    Penutup kerangka mobil atau yang biasa dikenal dengan nama karoseri adalah body kendaraan yang dibuat berdasarkan pesanan. Karoseri biasa ditemui dan digunakan untuk kendaraan khusus seperti bus, truk, mobil ambulans, mobil kebakaran, bahkan mobil biasa seperti angkot atau mobil travel.

    Meskipun masyarakat umum belum mengerti betul tentang karoseri dan masih sangat minim informasi tentang hal tersebut, ternyata karoseri memiliki asosiasi bernama Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo).

    Berikut ini adalah penjelasan terkait fungsi dari karoseri yang perlu kamu ketahui!

    Fungsi karoseri

    Istilah karoseri berasal dari Bahasa Belanda, yaitu “carrosserie” yang memiliki arti rumah-rumah kendaraan yang dibangun di atas rangka mobil atau chasis.

    Karoseri secara umum adalah modifikasi menyeluruh membuat penutup kendaraan dapat dilakukan langsung dari chasis-nya.

    Singkatnya, karoseri berfungsi untuk menutupi bagian sebuah kendaraan. Biasanya yang menggunakan karoseri adalah bus, truk, ambulans, dan truk pemadam kebakaran.

    Karoseri dibuat di bengkel khusus dan resmi karoseri. Sehingga tidak dikerjakan dengan sembarangan.

    Karoseri disebut juga sebagai modifikasi menyeluruh membuat penutup kendaraan dari chasis-nya, misalnya seperti pada bus, ambulance, truk dan juga mobil pemadam kebakaran. Adapun pengerjaannya biasa dilakukan pada bengkel-bengkel karoseri.

    Keunikan karoseri 

    karoseri

    Karoseri ini punya keunikan tersendiri ketimbang bodi yang sudah jadi dari pabrikan, karena sifatnya yang dibuat berdasarkan pesanan sehingga detail dan bentuknya pun bisa disesuaikan dengan selera.

    Berikut ini adalah keunikan yang dimiliki karoseri, yaitu:

    Pembuatan sesuai dengan pesanan

    Karoseri dibuat atau diproduksi sesuai dengan pesanan konsumen. Sehingga desain dan fungsi yang dimiliki berbeda antara konsumen satu dengan lainnya.

    Seperti contoh pembuatan karoseri untuk mobil pemadam kebakaran. Pembuatannya harus lebih spesifik, apakah mobil tersebut akan digunakan untuk memadamkan kebakaran pada gedung bertingkat atau di suatu perumahan.

    Pembuatan dilakukan secara khusus dan dapat disesuaikan

    Pembuatan karoseri ini dibuat sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan konsumen, sehingga antar karoseri memiliki perbedaan atau tidak sama.

    Konsumen dapat memesan kepada produsen pembuat karoseri sesuai dengan kebutuhan, sehingga hasil akhir karoseri dapat sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen.

    Terdapat berbagai macam pilihan

    Perusahaan karoseri di Indonesia berada di seluruh tempat sehingga kamu dapat lebih mudah untuk memilih. Namun, usahakan untuk memilih perusahaan terpercaya agar hasil produknya dapat membuat kamu puas.

    Pada mulanya, karoseri menggunakan rangka yang terbuat dari kayu dan dilapisi plat besi tipis. Namun saat ini pilihan karoseri dibuat lebih tangguh, karena menggunakan serat karbon, aluminium, dan bahan lainnya yang kokoh namun ringan.

    Pembuatan karoseri saat ini menggunakan teknologi baru yang disebut monocoque. Bahan yang digunakan pada karoseri monocoque adalah kaca serat yang termasuk dalam golongan karbon fiber dan alumunium.

    Indonesia memiliki cukup banyak pilihan perusahaan di bidang industri karoseri. Hal itu dikarenakan tingginya peminat penumpang bus di Indonesia, sehingga kebutuhan armada juga semakin tinggi.

    Namun, seluruh kendaraan yang menggunakan karoseri  ini tetap harus dilakukan perawatan agar lebih awet dan tahan lama baik itu komponen mesin maupun body khususnya mobil.

    Melakukan servis agar performa mobil selalu optimal adalah salah satu cara agar kamu dapat berkendara dengan aman dan nyaman tanpa ada kekhawatiran.

    Itulah informasi terkait karoseri. ​​​​​Semoga informasi mengenai penutup rangka mobil yang telah diberikan di atas dapat menjadi pengetahuan baru untuk untuk kamu yang berencana punya mobil tahun ini.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait