Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikPenyebab dan Cara Atasi Mesin Cuci Bergetar

    Penyebab dan Cara Atasi Mesin Cuci Bergetar

    Mesin cuci bergetar bukan masalah sepele. Ketahui penyebab dan cara mengatasi mesin cuci bergetar!

    News.OLX – Mesin cuci kamu berguncang begitu keras ketika sedang beroperasi? Hal ini dapat terjadi karena sejumlah alasan. Namun, hal tersebut tentu tidak boleh kamu sepelekan begitu saja. Sebab, dapat merusak perangkat tersebut dan menjadikannya tidak awet.

    Ada sejumlah penyebab guncangan pada perangkat cuci kamu. Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab ada juga cara untuk mengatasinya. Berikut penyebab dan cara mengatasi mesin cuci bergetar:

    mesin cuci (1)

    1. Kelebihan Muatan

    Mesin cuci bergetar biasanya karena beban berlebih. Kamu mungkin berpikir melakukan hal yang benar untuk menghemat air dengan memasukkan muatan sebanyak mungkin. Namun kamu justru membebani alat secara berlebihan.

    Sebelum kamu memasukkan apapun ke dalamnya, periksa ukuran dan berat muatan maksimum yang disarankan. 

    Namun terkadang, meskipun kamu tidak membebaninya secara berlebihan, beratnya bisa terdistribusi secara tidak merata. Hal ini terjadi terutama pada barang yang lebih besar seperti bantal atau sprei. 

    Cara sederhananya adalah dengan meratakan berat muatan. Misalnya dengan menambahkan bantal lain atau membersihkan barang yang lebih besar secara terpisah.

    2. Lantai Tidak Rata

    Alasan selanjutnya mengapa alat kamu rusak adalah karena mesin tidak berdiri secara rata di lantai. Maka, kamu perlu menggesernya dan mencari tahu dari mana sumber goyangan itu berasal.

    Setelah kamu mengidentifikasi masalahnya, gunakan alas untuk meratakan permukaan bawah mesin cuci atau carilah permukaan yang lebih rata. 

    3. Filter Pompa Tersumbat

    Filter pompa berguna untuk menjebak serat dan kotoran lain dari cucian. Jika komponen ini tersumbat, maka dapat menyebabkan alat bergetar. Untuk mengatasi masalah ini, buka panel depan mesin cuci kamu dan periksa saringan apakah ada penyumbatan yang terlihat. 

    Jika ada kotoran, bersihkan dengan penyedot debu atau sikat, lalu pasang kembali. Pastikan untuk membersihkan serat yang terkumpul di bagian lainnya. 

    Setelah selesai, tutup panel depan dan jalankan siklus pada alat tersebut. Jika guncangan masih berlanjut, kamu mungkin perlu menghubungi teknisi peralatan untuk bantuan lebih lanjut.

    4. Slide Bearings Tidak Berputar

    Jika komponen ini tidak berputar secara merata, hal ini menyebabkan ketidakseimbangan dan suara dentuman yang keras. Masukkan tangan kamu ke dalam mesin cuci dan putar drumnya. Jika tidak berputar bebas atau ada hambatan, mungkin ada masalah dengan bearingnya.

    Pastikan bagian drum berputar secara merata dibandingkan dengan paking karet di sekitarnya. Jika drum bagian dalam memiliki jarak yang berbeda antara paking saat berputar, maka bantalannya mungkin aus.

    Mengetahui penyebab dan cara atasi mesin cuci bergetar sangat penting. Hal ini demi menjaga alat kamu agar tetap awet. 

    Namun, jika kamu mengalami masalah dengan alat dan butuh komponen pengganti, kamu bisa mendapatkannya secara online lewat situs OLX.

    Segera download aplikasi OLX lewat Google Play Store dan App Store, sekarang juga untuk mendapatkan produk terbaik.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait