Kamis, Juni 13, 2024
Lainnya
    InformasiPemilik Kendaraan Wajib Tahu! Perbedaaan Blok Silinder dan Kepala Silinder

    Pemilik Kendaraan Wajib Tahu! Perbedaaan Blok Silinder dan Kepala Silinder

    JAKARTA – Pada mesin kendaraan bermotor yang ada di mobil maupun motor, pasti punya yang namanya blok silinder dan kepala silinder. Dua-duanya adalah komponen yang menjadi satu kesatuan dalam sebuah mesin yang tidak dapat terpisahkan.

    Blok silinder dan kepala silinder disatukan menggunakan baut khusus yang biasa disebut tusuk sate. Baik blok maupun kepala silinder memiliki banyak komponen yang mendukungnya dalam bekerja sebagai sebuah mesin.

    Fungsi kedua komponen ini sangat vital dalam menunjang kinerja mesin. Apabila tidak ada keduanya, bisa dikatakan bahwa mesin tidak dapat bekerja bahkan tidak dapat terangkai dengan benar.

    Blok silinder sendiri menjadi tumpuan dari berbagai komponen yang sangat banyak dalam mesin. Sedangkan kepala silinder sendiri menjadi ruang pembakaran yang nantinya menghasilkan tenaga hingga bisa mendorong piston untuk terus bekerja.

    Dalam artikel ini akan membahas kedua komponen tersebut berikut dengan komponennya.

    Perbedaan Blok silinder dan Kepala Silinder

    Blok Silinder

    Fungsi blok silinder
    Blok silinder mobil (freepik)

    Pada sebuah mesin blok silinder menjadi tempat tumpuan dari berbagai komponen mesin kendaraan. Blok silinder ini pun menjadi tempat piston bekerja dengan mekanisme engkol yang karena gaya hisap dan buang.

    Blok silinder juga merupakan tempat adanya silinder, saluran pendingin atau water jacket, tempat saluran masuk dan buang. Blok silinder sering disamakan dengan blok mesin, meski secara teknik bisa dibedakan. 

    Dalam bagian dasar mesin, ada banyak bagian mesin seperti silinder, blok silinder, saluran pendingin, saluran masuk dan buang adalah bagian yang terpisah tetapi bekerja bersama-sama dan saling mempengaruhi kinerja mesin.

    Kepala Silinder

    Isi kepala silinder mobil
    Isi kepala silinder mobil (pixabay)

    Posisi kepala silinder berada di atas blok silinder. Kepala silinder ini menjadi tempat pembakaran bahan bakar dari mesin yang juga berfungsi sebagai penutup blok silinder. 

    Agar pada sambungan antara blok dan kepala silinder tidak terjadi kebocoran maka akan disematkan gasket/paking. Pada kepala silinder juga terdapat katup masuk dan katup buang.

    Kepala silinder, juga digunakan sebagai tempat water jacket atau saluran campuran air dan coolant, katup, busi, dan injeksi bahan bakar. Mekanisme katup yang ada di kepala silinder memudahkan untuk produksi, perawatan dan perbaikan.

    Untuk sebuah mesin berukuran raksasa seperti sebuah mesin kapal, kendaraan tambang atau mesin industri, pasti mesin tersebut memiliki banyak silinder yang ukurannya bisa jadi sangat besar.

    Biasanya kepala silinder ini akan dibuat terpisah untuk masing-masing silinder. Hal ini dilakukan untuk menekan biaya perbaikan, sehingga saat terjadi kerusakan tidak akan mengganti semua kepala silinder. 

    Kepala silinder adalah kunci dari kinerja dan efisiensi mesin pembakaran dalam, seperti bentuk  ruang pembakaran, masuk dan buang menentukan besarnya efisiensi volume dan efisiensi rasio kompresi mesin.

    Fungsi Kepala Silinder

    Kepala silinder memiliki cukup banyak fungsi sebagai sebuah bagian dari mesin kendaraan bermotor. Beberapa fungsi dari kepala silinder adalah sebagai berikut:

    • Ruang Pembakaran

    Kepala silinder berfungsi sebagai ruang pembakaran campuran udara dan bahan bakar yang nantinya menghasilkan tenaga. Bentuk ruang pembakaran pada kepala silinder tergantung pada jenis dan model mesin kendaraan yang digunakan. 

    Proses pembakaran pada mesin mobil terjadi saat piston mencapai titik mati atas (TMA). Kondisi tersebut berarti campuran udara dan bahan bakar telah terkompresi pada coakan kepala silinder, sehingga piston otomatis terdorong terus ke bawah.

    • Tempat Mekanisme Katup

    Kepala silinder mengatur waktu tertutup dan terbukanya katup-katup. Komponen mekanisme katup berbeda-beda tergantung mesin yang digunakan. Beberapa komponen dalam kepala silinder ini dapat membantu mekanisme katup.

    Komponen yang membantu mekanisme tersebut adalah camshaft sebagai poros penghubung untuk menggerakkan katup, rocker shaft sebagai pelatuk atau poros dudukan rocker arm (pelatuk untuk menekan katup).

    • Sirkulasi Oli

    Fungsi lainnya yaitu sebagai tempat sirkulasi oli. Pelumas kendaraan berupa oli ini akan bersirkulasi melalui saluran-saluran oli. Kemudian oli akan dialirkan dari pompa oli ke komponen mekanisme katup yang ada pada kepala silinder.

    Saluran oli dalam kepala silinder tersebut terhubung dengan saluran oli yang terdapat pada silinder blok mesin. Adanya komponen yang saling berhubungan tersebut akan membuat komponen mekanisme katup akan selalu terlumasi oleh oli.

    • Saluran Intake dan Exhaust

    Saluran intake berfungsi sebagai saluran masuk bagi udara dan bahan bakar ke ruang pembakaran yang diatur oleh katup (valve) intake. Sedangkan saluran exhaust adalah saluran keluar bagi asap hasil proses pembakaran di ruang bakar mesin yang diatur oleh valve exhaust. 

    • Pemasangan Busi

    Kepala silinder menjadi tempat dipasangnya busi. Busi sendiri berfungsi untuk memantik api di ruang pembakaran mesin, sehingga mesin kendaraan dapat menghasilkan energi. Sedangkan bagian busi lainnya mengarah keluar dari kepala silinder.

    • Jalur Water Jacket

    Selain tempat sirkulasi oli, fungsi komponen kepala silinder yaitu sebagai tempat sirkulasi air pendingin melalui water jacket (ruang atau mantel air pendingin) yang ada di dalamnya. Air pendingin sering dikenal sebagai air radiator yang berfungsi mendinginkan mesin yang mungkin mengalami overheat.

    Fungsi Blok Silinder

    Sebagai bagian yang disatukan dengan kepala silinder, blok silinder sendiri memiliki fungsi sebagai berikut.

    • Tempat naik turunnya piston

    Blok silinder menjadi tempat atau dudukan berbagai komponen mesin. Salah satunya ialah untuk naik turunnya piston.

    • Tempat mekanisme engkol

    Mekanisme engkol memiliki dua komponen yaitu connecting rod dan poros engkol. Kedua komponen tersebut terletak di blok silinder. 

    • Tempat mengarahkan energi pembakaran

    Setiap mesin kendaraan pasti menghasilkan energi yang didapat dari proses pembakaran. Energi yang dihasilkan yaitu energi ekspansi atau disebut juga daya dorong. 

    • Tempat saluran oli pelumas

    Fungsi blok silinder mobil juga sebagai saluran oli pelumas yang akan terhubung dengan kepala silinder sehingga seluruh bagian mendapat pelumasan.

    • Tempat saluran pendingin

    Menjadi jalur pendingin mesin yang tersambung dengan kepala silinder sehingga menghindari terjadinya overheat.

    • Sebagai mainframe mesin

    Fungsi lainnya dari blok mesin yaitu sebagai tempat dudukan komponen mesin lainnya. Hal ini yang menyebabkan bentuk dari blok mesin ini terdiri dari banyak lekukan. 

    Nah, setelah memahami perbedaan dari blok silinder dan kepala silinder, sedikit banyak pasti Anda sudah paham mengenai peran penting keduanya dalam mesin kendaraan. Selalu jaga kondisi kendaraan Anda dalam keadaan prima agar nyaman digunakan dan harganya tetap stabil.

    Urusan jual mobil, jangan lupa untuk memilih OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik dan pembayaran instan.

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman. Kamu bisa dapatkan pembayaran instan dan tanpa hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait