Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    ReviewPilihan Mobil Ramah Lingkungan yang Mengaspal di Indonesia

    Pilihan Mobil Ramah Lingkungan yang Mengaspal di Indonesia

    Cek beberapa rekomendasi mobil ramah lingkungan  terbaik melalui artikel di bawah!

    News.OLX – Tren mobil ramah lingkungan saat ini semakin meningkat, terlebih sekarang sudah semakin banyak munculnya mobil listrik dan hybrid untuk membantu mewujudkannya.

    Jika kamu tertarik untuk beralih ke mobil ini, maka kamu perlu tahu beberapa rekomendasi kendaraan mobil listrik. Oleh karena itu, telah merangkumkan sejumlah rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan, di mana pada umumnya merupakan kendaraan listrik dan hybrid. Beberapa di antaranya adalah:

    1. Hyundai Ioniq 6

    Kendaraan ramah lingkungan ini tergolong kendaraan listrik dan baru rilis di tahun 2023 lalu. Dengan jarak tempuh mencapai 581 km, kamu bisa berkendara dengan lebih bebas dan nyaman.

    Konsumsi energinya juga jauh lebih hemat daripada mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar bensin atau diesel. 

    Dengan kecepatan rata-rata sekitar 22 km/jam di rute Dalam Kota, Hyundai Ioniq mencapai efisiensi sebesar 10,4 km/kWh. Namun, ketika diuji di jalan tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, konsumsi energinya sedikit lebih boros, mencapai 8,2 km/kWh.

    Kalau kita bandingkan dengan mobil konvensional. Jika kita asumsikan 1 kWh setara dengan Rp1.500, dan mengonversinya ke bahan bakar oktan 92 yang harganya Rp9.000, maka Ioniq menjadi 6 kali lebih hemat. 

    Dengan kata lain, jika dibandingkan dengan mobil konvensional, dengan setara 1 liter BBM, Ioniq bisa menempuh jarak hingga 62,4 km di rute Dalam Kota. Sungguh hemat, bukan?

    2. Mazda 3 Hybrid

    Mazda akhirnya merilis mobil hybrid pertamanya, Maza Hybrid 3 yang memakai mesin bensin 2.0 liter dengan kombinasi motor listrik. Dengan begitu efisiensi bahan bakar pun lebih tinggi, sehingga ramah lingkungan.

    Bukti efisiensi ini tersebut terlihat dengan rata-rata konsumsi bahan bakar 40 mpg (17 km/liter) di area dalam kota serta 43 mpg ( 18 km/liter) di area luar kota.

    mobil hybrid 2

    3. Toyota Prius

    Sama seperti Mazda Hybrid 3, Toyota Prius juga merupakan salah satu mobil ramah lingkungan bergaya hybrid.

    Gabungan antara mesin bensin dan motor listrik tersebut membuat konsumsi rata-rata bahan bakarnya adalah 41 mpg ( 17 km/liter) di area dalam kota serta 46 mpg ( 20 km/liter) di area luar kota.

    4. Honda Insight

    Toyota dan Honda memang terkenal cukup bersaing pada sejumlah tipe mobil. Kali ini, Honda Insight muncul sebagai pesaing Toyota Prius. Mobil ini juga memakai teknologi hybrid, di mana efisiensi bahan bakarnya sudah pasti tinggi.

    Buktinya adalah dari konsumsi bahan bakar di dalam kota adalah sekitar 40 mpg (17 km/liter) dan di luar kota sekitar 45 mpg (20 km/liter).

    5. Toyota Camry Hybrid

    Mobil ini sangat cocok bagi pengendara yang sering bepergian bersama keluarga dengan bagian interior nyaman, luas, serta beragam fitur canggih untuk keamanan dan kenyamanan semua orang.

    Konsumsi bahan bakar di dalam kora adalah sekitar 42 mpg (18 km/liter) dan di luar  kota sekitar 39 mpg (17 km/liter).

    6. Kia Optima Hybrid

    Produk pabrikan Korea ini muncul dengan desain stylish dan sporty. Mobil ini juga merupakan bagian dari kendaraan hybrid dengan rata-rata bahan bakar yang dikonsumsi di dalam kota adalah 44 mpg (19 km/liter). Sementara di luar kota, konsumsinya berada di kisaran 40 mpg (17 km/liter).

    7. Hyundai Sonata Hybrid

    Penggunaan bahan bakar mobil hybrid di dalam kota adalah sekitar 45 mpg (20 km/liter) serta di luar kota sekitar 40 mpg (17 km/liter).

    Desain kendaraan ramah lingkungan ini pun elegan, mewah, dengan beragam fitur menarik. Produk Hyundai ini juga hadir dengan beragam pilihan, sehingga kamu bisa bebas memilih salah satu tipe yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.

    8. Kia Niro

    Mobil ini muncul dengan dua pilihan kendaraan hybrid. Pertama adalah Niro Hybrid yang mengonsumsi bahan bakar 49 mpg (21 km/liter) di dalam kota. Sedangkan di luar kota mengonsumsi bahan bakar sebanyak 44 mpg (19 km/liter).

    Pilihan kedua adalah Niro Plug-in Hybrid yang mengonsumsi bahan bakar di dalam kota sebanyak 52 mpg (23 km/liter) dan di luar kota 59 mpg (21 km/liter).

    Masing-masing kendaraan ramah lingkungan tersebut memiliki keunggulan sendiri, sehingga kamu bisa menggunakan rekomendasi di atas sebagai acuan memilah. Sembari menentukan mobil ini, kamu juga bisa cek informasi lain melalui OLX. Unduh juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait