Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    BeritaPopularitas Meningkat, Ini Alasan Konsumen Mulai Beralih ke Mobil SUV

    Popularitas Meningkat, Ini Alasan Konsumen Mulai Beralih ke Mobil SUV

    Dari data GAIKINDO, tahun lalu segmen mobil SUV berkontribusi hingga 20% untuk total penjualan mobil baru di Tanah Air. 

    JAKARTA – Tak bisa dipungkiri jika saat ini popularitas mobil Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia sedang tinggi-tingginya. Mobil dengan karakter khas tinggi dan tangguh di segala medan ini sedang jadi primadona.

    Saat ini mobil SUV dinilai punya berbagai kelebihan, selain cocok untuk berbagai kondisi jalan, perkembangan teknologi yang diadopsi di mobil SUV juga kini lebih rasional dan efisien. 

    Ada banyak sekali alasan mengapa saat ini konsumen akhirnya lebih cenderung membeli mobil SUV dibanding model mobil lainnya.

    Menurut Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kalau menimbang dari segi desain, SUV umumnya dirancang dengan desain eksterior yang gagah dan elegan.

    “Untuk meningkatkan daya tarik bagi konsumen, sekarang banyak SUV yang hadir dengan kapabilitas dan kualitas berkendara yang lebih baik, fitur dan teknologi yang fungsional, interior nyaman, peningkatan perangkat keselamatan serta semakin ramah lingkungan,” ujarnya.

    Alasan Konsumen Mulai Beralih Pilih Mobil SUV

    Popularitas SUV

    • Dimensi yang pas dengan desain sporty

    Umumnya SUV bisa dibedakan dalam kategori dua baris dan tiga baris tempat duduk. Secara dimensi, mobil SUV punya rentang pilihan yang cukup lengkap, mulai dari SUV compact, small, medium dan large. Tinggal disesuaikan dengan beberapa faktor yang berhubungan dengan kebutuhan konsumen seperti desain yang sporty, kapasitas penumpang, luas bagasi serta kenyamanan. 

    • Mesin responsif dan semakin ramah lingkungan 

    Awal kehadirannya, mobil SUV memang identik dengan mobil yang punya kapasitas mesin besar dan boros bahan bakar. Seiring waktu, kebutuhan pelanggan pun berubah. Banyak konsumen menuntut mobil SUV sebagai urban cruiser. Pabrikan mobil mulai mengembangkan mesin SUV yang kompak dan efisien. Teknologi canggih yang disematkan ke model SUV terkini menunjang perjalanan dalam kota serta tetap menghasilkan tenaga yang responsif dan memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan.

    • Ground clearance tinggi

    Umumnya pelanggan memilih SUV dengan ground clearance yang cukup tinggi untuk menambah keyakinan berkendara saat menghadapi lintasan jalan yang tidak menentu dan kurang baik. Selain itu, tingginya ground clearance juga akan menunjang penampilan sebuah SUV agar terlihat semakin gagah dan berkarakter. Kenyamanan yang seimbang di medan aspal maupun offroad ringan juga menjadi penentu bagi pelanggan untuk membuat pengalaman perjalanan semakin berkesan.

    • Teknologi keamanan dan keselamatan memadai

    Pendapat tentang SUV adalah mobil yang aman perlu dibuktikan dengan penyediaan kelengkapan yang memadai. Rancang bangun sebuah SUV yang baik akan mementingkan kekuatan konstruksi serta dipadukan dengan perangkat keselamatan untuk memberikan perlindungan bagi pengendara dan penumpangnya, selain itu pemanfaatan teknologi untuk kestabilan berkendara juga menjadi perhatian penting. 

    • Reputasi brand 

    Di luar dari itu semua, hal yang tidak kalah penting adalah nama besar dan reputasi sebuah brand otomotif yang berpengalaman dan juga piawai dalam menciptakan sebuah model SUV yang baik. 

    Kisah Sukses Suzuki di Segmen SUV

    “Membeli SUV memang merupakan hal yang membutuhkan pertimbangan matang, karena selain dari fungsi dan kemampuannya yang memang sesuai untuk berbagai medan di sini, pelanggan juga perlu melihat historis dan reputasi produsen yang telah dikenal piawai dalam menciptakan SUV berkualitas, contohnya seperti Suzuki. Hingga saat ini pun beragam SUV Suzuki masih sering kita jumpai dan digunakan, ini menandakan bahwa ketangguhan Suzuki sangat baik dan teruji,” tegas Donny.

    Suzuki sendiri sudah lama dikenal sebagai brand yang piawai dalam membuat produk SUV berkualitas tinggi. Mulai dari dimensi kompak, mesin tangguh dan efisien serta punya daya jelajah tinggi yang memuaskan pelanggan. 

    Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki Jimny yang populer di era tahun 1970an hingga 1980an, atau Suzuki Katana yang bertahan hingga tahun 2000an awal. 

    Beberapa model SUV Suzuki lainnya yang juga tidak kalah tenar di era 1990an masing-masing adalah Vitara, Escudo dan Sidekick. Dan di era 2000an, Suzuki sangat mengandalkan Grand Escudo 2.0, Grand Escudo XL-7 dan Escudo 1.6. 

    Sejarah panjang Suzuki di segmen SUV juga sempat dihiasi dengan cerita kesuksesan Grand Vitara 2.0 dan 2.4 sebagai ikon SUV tangguh. Kemudian berturut-turut terdapat pilihan SUV lainnya mulai dari SX4 X-Over dan SX4 S-Cross, XL7, Ignis, S-Presso hingga Jimny generasi terbaru yang ikonik.

    OLX Autos jadi satu-satunya platform yang menyediakan mobil SUV bekas merek Suzuki dalam kondisi terbaik.  Sebelum beli mobil bekas, pastikan untuk memilih dealer dan showroom mobil bekas terpercaya dan dapat memberikan garansi pada unit yang dibeli. Hanya OLX Autos yang memberikan semua layanan tersebut.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait