Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriReview 2 Mobil Listrik Wuling Terbaik Beserta Spesifikasinya

    Review 2 Mobil Listrik Wuling Terbaik Beserta Spesifikasinya

    JAKARTA – Hari-hari ini cukup banyak produsen mobil yang mulai merilis mobil-mobil berdimensi kecil dengan tenaga listrik atau hybrid. Rerata mobil jenis ini memang sengaja didesain dengan compact karena target penjualannya menyasar kaum urban. 

    Bukan hanya lincah di jalan perkotaan yang akrab dengan kemacetan, tetapi mobil ini juga mampu menghemat lahan parkir. Apalagi, mobil jenis ini juga solusi bagi siapa saja yang memiliki mobilitas tinggi, namun butuh kendaraan murah.

    Salah satu produsen ternama yang mengeluarkan jenis mobil listrik adalah Wuling. Anda tentu sudah cukup akrab dengan brand mobil asal negara tirai bambu yang satu ini.

    Sejak 2018 mobil produksi Wuling sudah banyak wara-wiri di pasar otomotif Indonesia. Kini, Wuling melengkapi variannya dengan menghadirkan mobil listrik yang mampu menjadi solusi dari polusi udara di Indonesia.

    Ada beberapa seri mobil listrik yang diperkenalkan Wuling. Apa saja jenisnya?

    1. Wuling Hongguang Mini EV

    Wuling Hongguang Mini EV
    Wuling Hongguang Mini EV (olx.co.id)

    Mobil listrik Wuling Hongguang Mini EV pertama kali muncul di negara asal produsen Wuling berada, Tiongkok. Dengan dimensi yang mungil, mobil ini sangat cocok untuk menemani aktivitas harian dengan mobilitas tinggi. Berikut spesifikasi interior, eksterior, mesin dan fiturnya:

    Spesifikasi Interior Hongguang

    Dimensi panjangnya hanya mencapai 2.917 mm dengan lebar 1.492 mm dan tinggi 1.621 mm. Jarak sumbu roda kendaraan ini pun cukup mungil, yaitu berada pada angka 1.940 mm. Dengan dimensi yang compact dan mungil ini, tentu mobil listrik ini sangat cocok untuk Anda yang gesit.

    Spesifikasi Eksterior Hongguang

    Dilihat dari sisi eksteriornya, bodi Wuling Hongguang Mini EV ini dibalut oleh material baja, sehingga lebih awet dan memiliki bobot yang lebih nyaman saat dikemudikan. Bahannya teruji tahan debu dan air, karena terkait dari penggunaan baterai sebagai motor pacunya. Sehingga, pengendara tidak perlu waspada saat mengendarainya.

    Serupa slogannya, “small on the outside, big on the inside”, bagian dalam mobil listrik Wuling Hongguang Mini EV memang terkesan luas. Bagian dalamnya memiliki ukuran luas sekitar 714 liter, sementara bagian belakang kursi penumpang bisa dimanfaatkan juga untuk meletakkan barang. Uniknya, bagian sandaran setiap kursi bisa diatur sudutnya hingga 20 derajat kemiringan.

    Spesifikasi Mesin Hongguang

    Si gesit satu ini dilengkapi dengan motor listrik 27 Tk yang dihubungkan dengan baterai compact sebesar 13,8 kWh. Dengan besaran ini, Wuling Hongguang Mini EV mampu mencapai kecepatan hingga 100 km/jam dengan daya jangkau 200 km untuk sekali pengisian daya.

    Selain itu, disematkan pula Battery Management System (BMS) yang pintar pada baterai mobil ini. Sehingga, baterai mampu menyesuaikan dengan berbagai suhu, serta bisa dipantau melalui aplikasi di smartphone penggunanya.

    Fitur Hongguang

    Perihal fitur keselamatan, mobil listrik Wuling sudah dilengkapi dengan rem Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EDB), sensor parkir, Tire Pressure Monitoring System. hingga jok belakang ISOFIX

    Wuling Hongguang Mini EV juga memiliki varian atap terbuka atau convertible. Sehingga, mobil ramah lingkungan ini sangat cocok digunakan untuk kaum urban yang hobi traveling ke alam. 

    2. Wuling Air EV

    Wuling Air EV
    Wuling Air EV (olx.co.id)

    Bagi yang memiliki budget lebih, bisa beralih ke Wuling Air EV. Mobil listrik satu ini sempat eksis betul pada perhelatan akbar G20 di Bali waktu lalu. Mobil ini rupanya merupakan mobil listrik pertama yang dijual produsen otomotif ternama, Wuling Motors Indonesia.

    Wuling Air EV menawarkan dua varian, yairu Standard Range dan Long Range. Jika dilihat secara menyeluruh, tampilan kedua varian Air EV ini memang kuat dengan kesan futuristik dan modern, meski harganya tergolong murah. Konsep ‘future tech’ memang sengaja diusung Wuling pada Air EV, sehingga terkesan seperti mobil dari masa depan. Berikut spesifikasi interior, eksterior, mesin dan fiturnya:

    Spesifikasi Eksterior Wuling Air EV

    Dilihat dari dimensinya, Air EV memiliki panjang 2.974 mm dengan lebar 1.505 mm dan tinggi 1.631 mm. Jarak sumbu rodanya 2.010 mm. Pada bagian kaki-kakinya terdapat velg berukuran 12 inci dan ban 145/70. Betul-betul compact untuk digunakan sehari-hari.

    Kedua varian mobil Wuling Air EV dijalankan dengan daya listrik. Bedanya ada pada kapasitas baterai keduanya. Standard Range dilengkapi dengan kapasitas daya 17,3 kWh dan jarak tempuh 200 km. Sementara, varian Long Range dilengkapi dengan daya baterai 26, 7 kWh untuk jarak tempuh 300 km.

    Bagian depan mobil ini sudah dilengkapi Extended Horizon LED dengan aksen biru melintang dari spion kiri ke kanan di varian Long Range. Sementara pada varian Standard Range aksen biru ini digantikan dengan chrome.

    Spesifikasi Interior Wuling Air EV

    Tak kalah dengan eksteriornya yang kental akan kesan futuristik, bagian interior Air EV juga begitu modern, meski bisa dibilang desainnya cukup sederhana. Palet warna jok kursi Air EV dibedakan berdasarkan variannya. Jok berbahan kain warna abu-abu untuk Standard Range dan bahan kulit sintetis berwarna carbon block untuk varian Long Range.

    Fitur Wuling Air EV

    Bicara soal fitur, tentu saja Air EV sudah dilengkapi fitur canggih yang berhubungan dengan keselamatan dan kenyamanan penggunanya. Air EV sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan lengkap, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking System (EBS), Electronic Stability Control (ESC), serta dua buah airbag pada bagian depan.

    Kabin Air EV yang bisa menampung muatan hingga empat orang ini, sudah dilengkapi dengan port USB Charging serta power outlet di bagian bawah head unitnya. Terdapat pula cup holder di depan kisi-kisi AC yang bisa digunakan untuk menaruh minuman pengguna agar tetap dingin selama di perjalanan. 

    Pengguna kendaraan listrik ini juga dibuat nyaman lagi dengan kehadiran fitur WIND (Wuling Indonesian Command). Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengoperasikan fitur hiburan di mobilnya hanya dengan perintah suara.

    Ditambah lagi dengan IoV (Internet of Vehicle), di mana pengguna dapat membuka dan menutup jendela, mengunci pintu, mendinginkan kabin, hingga mengetahui posisi mobil hanya melalui aplikasi My Wuling di smartphone penggunanya.

    Khusus varian Long Range, terdapat tambahan fitur canggih lainnya, seperti keyless entry dan smart start system. Sehingga, mobil ini bisa dinyalakan dengan mudah, tanpa kunci manual.

    Mobil listrik Wuling kini bisa didapat dengan mudah. Antusiasme dan minat masyarakat Indonesia terhadap mobil listrik yang sudah cukup tinggi, membuat mobil listrik Wuling banyak dicari. Sehingga, untuk menjual mobil bekasnya tidak sulit lagi.

    Anda bisa menjualnya offline di showroom mobil bekas terdekat atau bisa juga secara online di website jual beli mobil bekas terpercaya. Keduanya tentu memiliki plus minus masing-masing. Namun, jika ingin jual cepat, menjual mobil listrik bekas secara online patut dicoba.

    Sebab, kini jual mobil tidak perlu ribet lagi. Langsung saja #PilihYangPasti untung dan mudah prosedurnya hanya di OLX Autos. Keamanan bertransaksi adalah prioritas kami. Jual mobil jadi lebih aman dan nyaman.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait