Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    MobilSebelum Beli, Cari Tau Perbedaan Honda City Hatchback dan Sedan

    Sebelum Beli, Cari Tau Perbedaan Honda City Hatchback dan Sedan

    Selain bentuk, ini yang membedakan Honda City Hatchback dan sedan.

    News.OLX – Honda City yang merupakan primadona sedan Jepang di Indonesia sekarang sudah memiliki versi terbarunya yaitu hatchback. Honda Prospect Motor (HPM) selaku yang membawa Honda ke Indonesia tetap optimis mempertahankan Honda City di pasar otomotif.

    Kehadiran Honda City hatchback ini dielu-elu adalah penerus dari Honda Jazz yang telah berhenti diproduksi. Dengan adanya dua versi ini, masyarakat Indonesia jadi bisa memilih pilihan mobil impian mereka, ingin yang sporty atau elegan.

    Lantas apa saja perbedaan di antara keduanya? Berikut adalah rangkuman singkat untuk kamu mengenai spesifikasi di masing-masing tipe :

    1. Mesin dan fitur keselamatan

    Kedua mobil ini tidak ada perbedaan dalam segi mesin maupun fitur keselamatannya. Baik versi hatchback maupun sedan sama-sama dilengkapi dengan teknologi Vehicle Stability Assist (VSA) dan sistem pengereman ABS pada sistem keselamatan.

    Selain itu, dilengkapi Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Hill Start Assist (HSA), dan 6 airbags. Terdapat sensor parkir dan kamera mundur dengan tampilan multi-angle yang dapat memudahkan pengemudi dalam memarkirkan mobil.

    Baca juga: Safety for Everyone, Honda Revitalisasi Marka Jalan dan Rambu Lalin di Alun-Alun Bangli

    Lalu pada mesin, keduanya menggunakan mesin 1.500 cc DOHC V-TEC naturally aspirated. Dengan mesin tersebut, mobil mampu menghasilkan output sebesar 121 PS dan torsi 145 Nm. Tenaga tersebut dialirkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT.

    Namun perbedaan terlihat pada segi transmisi. Mobil Honda City Hatchback tersedia dengan pilihan transmisi manual 6 percepatan. Sementara untuk versi sedannya tidak dilengkapi dengan transmisi tersebut, hanya ada transmisi otomatis CVT saja.

    honda city (1)

    2. Eksterior

    Perbedaan dari kedua mobil ini sangat mencolok dan terlihat jelas karakteristik pada masing-masingnya. Honda City Hatchback merupakan mobil bertipe hatchback. Artinya, bentuk bodi mobil belakang dan atap menyatu tanpa adanya buntut di belakang. 

    Sehingga mobil hatchback tidak mempunyai bagasi di bagian buntut belakang yang justru bagasi mobil ini menyatu dengan ruang kabin dan mobil terlihat lebih membulat.

    Berbeda dengan Honda City sedan, mobil tipe ini memiliki buntut di belakang seperti sedan pada umumnya dan memiliki bagasi yang terpisah dari kabin.

    Baca juga: Mesin Mobil Mati Tiba-tiba di Rel Kereta Api, Apa Penyebabnya?

    Perbedaan mencolok juga terlihat dari gaya yang diusung pada kedua mobil tersebut. Honda City Hatchback memiliki tampilan yang lebih sporty dengan banyak aksen tajam yang menyelimuti tubuhnya, seperti spion, antena, grille, dan velg.

    Sebaliknya, City sedan memiliki tampilan yang lebih elegan dan mewah. Velg Honda City sedan terlihat sangat berkelas, pegangan pintu dan grille depan dilapisi dengan krom, serta spion dan antena disesuaikan dengan warna bodi.

    Meskipun demikian, sebagian besar fitur pada City sedan dan hatchback tetap sama. Semua lampu pencahayaan telah menggunakan teknologi LED, termasuk lampu kabutnya.  

    3. Interior

    Fakta menarik nya adalah terdapat beberapa kemiripan di bagian interior kedua mobil ini. Komponen-komponen interior yang digunakan keduanya benar-benar sama, namun disesuaikan juga pada gaya yang disematkan pada kedua mobil sebagai ciri khasnya.

    Karena desain Honda City Hatchback RS mengusung gaya sporty, maka bagian interior mobil menyematkan banyak warna tajam. Hal ini bisa dilihat dari bagian speedometer, dashboard, serta jahitan-jahitan pada jok yang dibuat seakan menjadi mobil balap.

    Berbeda dengan versi sedan. Tampilan seperti speedometer, dashboard dan beberapa komponen lainnya dibuat menjadi elegan. Sementara pada bagian jok seluruhnya dibuat warna gelap memberikan kesan berkelas saat di dalamnya.

    Perbedaan lainnya juga tertampak pada bagian kabin di baris kedua. Pada bagian bawah kursi City Hatchback di baris kedua bisa diangkat yang membuat ruang kabin menjadi lebih luas untuk mengangkut barang. Fitur ini dijuluki sebagai Ultraseat oleh Honda.

    Konfigurasi ini tidak dimiliki oleh City tipe sedan. Namun, Honda City sedan menyajikan beberapa fitur pengganti yang tak kalah menarik. Di antaranya, tersedia ventilasi AC dan armrest untuk penumpang baris kedua.

    Serta dilengkapi dengan tambahan colokan USB di baris pertama dan ruang penyimpanan barang yang lebih luas. Honda juga mengklaim bahwa kapasitas ruang kargo City sedan mencapai 519 liter.

    Baca juga: Tips Membangun Carport yang Baik Sesuai Standar

    Setelah mengetahui perbedaannya, siap-siap untuk memasukkan salah satu dari mereka ke dalam wishlist kamu. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan desain yang tepat untuk digunakan sehari-hari.

    Jika ingin bergaya sporty, pilihlah Honda City hatchback RS. Ingin mobil dengan desain elegan, kamu bisa memilih Honda City versi sedan!

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store. (Rek/Z)

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait