Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    MobilSebelum Beli, Ketahui Penyakit Umum Mobil Nissan X-Trail T30

    Sebelum Beli, Ketahui Penyakit Umum Mobil Nissan X-Trail T30

    Kondisi kaki-kaki mobil nissan x-trail menjadi perhatian utama karena usianya yang sudah lebih dari 10 atau bahkan 20 tahun. 

    News.OLX – Nissan X-Trail T30, atau yang dikenal sebagai generasi pertama, masih menjadi pilihan yang layak untuk dimiliki.

    Lantaran desainnya yang timeless, nyaman dan harganya terbilang terjangkau. Di pasaran mobil bekas, mobil Nissan X-Trail T30 dibandrol pada rentang harga Rp60 jutaan untuk tahun 2001-2007.

    Namun, jika kamu untuk membeli unit sekennya, ada baiknya mengetahui beberapa kendala umum yang sering muncul pada mobil Nissan X-Trail T30.

    Sedikitnya ada beberapa ke dendala yang umum diketahui menjadi penyakit khas mobil Nissan X-Trail T30, berikut ulasan lengkapnya.

    mobil nissan (1)

    1. Kaki-kaki, lower arm, dan karet stabilizer

    Hampir sama seperti mobil tua lainnya, jika membeli unit mobil Nissan X-Trail T30 harus diperhatikan kaki-kakinya. Kondisi kaki-kaki menjadi perhatian utama karena usianya yang sudah lebih dari 10 atau bahkan 20 tahun.

    Bagian seperti lower arm dan karet stabilizer perlu diperhatikan, terutama jika ada indikasi bunyi gluduk-gluduk pada lower arm.

    Harga lower arm berkisar Rp 4 juta hingga 5 juta untuk yang asli, sementara yang buatan Taiwan sekitar Rp 2 jutaan. Karet stabilizer memiliki harga sekitar Rp 200 ribu.

    2. Sensor CKP (Crank Shaft Position)

    Meskipun harga mobil bekas mobil Nissan X-Trail T30 sudah tergolong terjangkau, disarankan untuk tetap menyiapkan dana tambahan untuk perbaikan mesin.

    Mesin mobil Nissan X-Trail T30 sering memerlukan perbaikan, dengan salah satu masalah umumnya adalah sensor CKP (Crank Shaft Position) yang sering mengalami kerusakan.

    Gejalanya dapat terlihat dari hilangnya pengapian. Harga sensor CKP di marketplace berkisar Rp 600 ribuan.

    3. Power steering

    Mobil Nissan X-Trail T30 masih menggunakan power steering jenis hidraulis. Oleh karena itu, penting untuk secara rutin memeriksa adanya kebocoran pada power steering. Kebocoran dapat merusak komponen kaki-kaki mobil.

    4. Karet stopper pedal gas

    Kendala terakhir yang perlu diperhatikan adalah karet stopper pedal gas. Meskipun terlihat sepele, karet ini yang pecah atau aus dapat mengganggu sensor pedal gas atau Throttle Position Sensor (TPS).

    Kerusakan pada karet stopper pedal gas dapat menyebabkan masalah pada TPS dan ECU. Harga karet stopper pedal gas mobil Nissan X-Trail T30 sekitar Rp 100 ribuan.

    Dengan memahami kendala-kendala tersebut, calon pembeli dapat lebih cermat dalam memilih mobil Nissan X-Trail T30 bekas. Pemeriksaan menyeluruh sebelum pembelian dapat menghindarkan dari kejutan dan biaya perbaikan yang tidak terduga.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait