Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    ReviewSebelum Mudik, Ini Bagian Mobil yang Harus Dicek

    Sebelum Mudik, Ini Bagian Mobil yang Harus Dicek

    Mudik menjadi momen yang dinanti. Agar aman di jalan, lakukan pengecekan persiapan mobil sebelum mudik.

    News.OLX – Mudik menjadi momen yang dinantikan untuk dapat merayakan hari raya Lebaran. Apalagi, berkumpul dengan keluarga tercinta yang sudah menanti di kampung halaman. 

    Umumnya, masyarakat Indonesia melakukan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jika kamu melakukan hal yang sama saat hari tersebut, maka perlu memperhatikan persiapan mobil sebelum mudik. Terutama memeriksa kondisi komponennya. Apa sajakah itu? 

    1. Ban

    Mudik membutuhkan banyak persiapan. Termasuk persiapan mobil sebelum mudik. Salah satunya mengecek kondisi ban, karena komponen bersinggungan secara langsung dengan permukaan jalan. 

    Pastikan tidak aus, tidak benjol, hingga tekanan angin ideal. Singkatnya, dalam kondisi aman siap pakai. Jika tidak, pertimbangkan untuk menggantinya.

    2. Oli

    Kemudian, persiapan mobil sebelum mudik berikutnya adalah memeriksa kondisi pelumas mulai dari mesin, transmisi dan termasuk gardan. 

    Pelumas ini sangat penting untuk melumasi dan memastikan segala penggerak hingga dapur pacu kendaraan tidak saling bergesekan. Jika sudah tidak layak pakai atau habis, maka kamu bisa segera menggantinya.

    3. Air Radiator

    Agar memastikan kendaraan kamu dalam performa maksimal, kamu harus mengecek cairan pendingin ini. Jika perlu, kuras dan ganti dengan yang baru. Cairan ini berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu kendaraan.

    mudik (1) (1)

    4. Rem

    Periksa penopang kendaraan mulai dari rantai, velg, roda hingga bearing. Demikian juga dengan kampas rem. Jika kamu merasa sudah tidak lagi nyaman, ada baiknya menukar dengan yang baru. 

    Semakin nyaman kendaraan yang kamu kendarai, maka akan semakin lancar pula perjalanan mudik kamu. 

    5. Lampu

    Ketika kamu melakukan perjalanan malam, penting memastikan lampu tetap menyala maksimal. Maka, cek sistem listrik, kabel dan lampu itu sendiri. Membawa bohlam cadangan juga tidak ada salahnya.

    6. Shock Absorber

    Berikutnya yang tidak kalah penting adalah memeriksa peredam guncangan. Saat kamu melakukan perjalanan mudik, kamu bisa saja melewati medan yang tidak selalu mulus. Maka, butuh komponen ini agar memastikan kenyamanan penumpang.

    Sebaiknya, kamu berkonsultasi dengan layanan servis untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    7. Aki

    Terakhir, kamu bisa memeriksa aki yang menjadi sumber listrik utama pada kendaraan kamu. Kamu tentunya tidak ingin tiba-tiba mengalami mogok di jalan. Cek kemungkinan adanya korsleting atau alternator agar berfungsi secara maksimal. Dengan begitu, kamu akan tetap nyaman dan aman selama berada di jalan.

    Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum pulang kampung dengan menggunakan kendaraan. Jika kamu merasa butuh komponen atau onderdil baru, kamu bisa cek di di OLX. Segera download aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store, sekarang juga!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait