Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    ReviewSejarah Honda Jazz dari Generasi Pertama hingga Digantikan City Hatchback

    Sejarah Honda Jazz dari Generasi Pertama hingga Digantikan City Hatchback

    Honda Jazz disuntik mati, City Hatchback siap gantikan posisinya! Berikut sejarah Honda Jazz lengkap.

    News.OLX – Honda Jazz, mobil berjenis hatchback mungil yang gesit dan penuh gaya telah menjadi ikon di jalanan Indonesia selama dua dekade. Sebelum memasuki pasar otomotif Asia Tenggara pada tahun 2001, Jazz lebih dulu meluncur di negara asalnya, Jepang pada tahun 1982.

    Sayangnya, “Raja Hatchback” ini harus disuntik mati oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Setelah melengserkan Jazz, Honda membawa City Hatchback sebagai penggantinya. 

    Lebih lengkap, berikut sejarah Honda Jazz di Indonesia.

    Generasi Pertama (2004-2008)

    Sejarah Honda Jazz di generasi kesatu ada GD3 yang memiliki tampilan sporty. Mesinnya pun terdiri atas dua jenis, 1.5L i-DSI dan 1.5L VTEC yang memiliki konsumsi BBM cukup irit.

    Dengan mesin 1.500 CC, Honda Jazz menawarkan kinerja yang gesit dan kabin yang lapang, menjadikannya pilihan ideal untuk pengendara pribadi juga keluarga kecil.

    Generasi Kedua (2008-2013)

    Di generasi kedua, sejarah Honda Jazz ini terkenal dengan kode GE8 yang membawa perubahan pada sebagian besar desain. Penampilannya tampak lebih modern dengan interior lebih wah. Dimensinya pun sedikit lebih panjang.

    Berbeda dengan sebelumnya, Honda Jazz membawa mesin 1.5L i-VTEC yang lebih powerfull sehingga performa mobil lebih mantap saat di jalan. Selain itu, hadir pula varian S dan RS (road sailing) pada generasi ini.

    Generasi Ketiga (2013-2021)

    Terakhir, GK5, kode terakhir mobil Honda Jazz yang menjadi generasi ketiga seri ini. Selain menjadi generasi ketiga, mobil juga juga menjadi generasi terakhir untuk pasar Asia Tenggara.

    Di Indonesia, jenis ini menjadi salah satu generasi Honda Jazz terpopuler di Indonesia. Membandingkan dari desain keluaran generasi sebelumnya, bodi keseluruhan cukup berbeda. Meski begitu, desainnya lebih terlihat stylish.

    Dari sisi dapur pacu, masih sama dengan Gen 2, yaitu 1.5L i-VTEC yang konsumsi BBM-nya cukup hemat. Selain itu, Honda Jazz Gen 3 sudah terpasang fitur-fitur canggih yang mengesankan hi-tech seperti headlamp LED, head unit layar sentuh, tombol start/stop, paddle shift juga cruise control.

    Di  sinilah Honda Jazz berakhir alias sudah tidak dipasarkan ke Asia Tenggara lagi. Hal ini karena produsen Jepang menginginkan desain mobil yang elegan dan menarik, sementara konsumen Asia Tenggara, termasuk Indonesia mengharapkan mobil yang berkesan sporty  dan atraktif.

    Meski begitu, agar tetap memuaskan konsumen di negara Asia Tenggara, Honda menggantikannya dengan kehadiran City Hatchback.

    Untuk Honda Jazz GK5 tersedia dalam dua model, yaitu Jazz dan Jazz RZ.

    Harga Jual Honda Jazz

    Ketersediaan di dealer atau showroom hanya menjual sisa stok. Tidak tersedia varian terbaru. Untuk harganya, mobil ini dibanderol mulai dari harga Rp255 juta (M/T) hingga Rp298,5 juta (Jazz RS CVT).

    Buat kamu yang sedang membutuhkan spare part atau onderdil mobil, OLX hadir untuk memudahkanmu mencari item secara online

    Melalui aplikasi OLX yang bisa kamu unduh via Google Play Store atau App Store, kamu bisa mendapatkan produk yang kamu butuhkan dengan mudah dan praktis.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait