Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    BeritaSejarah NETA, Dari Awal Berdiri Hingga Menjadi Merek Mobil Startup China Terkemuka

    Sejarah NETA, Dari Awal Berdiri Hingga Menjadi Merek Mobil Startup China Terkemuka

    NETA memang baru setahun masuk Indonesia serta merasakan kerasnya persaingan yang terjadi di industri otomotif nasional. Namun di negara asalnya, China, sejarah NETA sejak tahun 2014 lalu cukup menarik dengan serangkaian pencapaian besar di berbagai belahan dunia.

    News.OLX – NETA Overseas sudah memasuki usia 10 tahun perjalanannya dalam menghadirkan kendaraan listrik EV yang tidak hanya ramah lingkungan namun juga membawa inovasi dan teknologi pintar. 

    Bermula di tahun 2014, saat itu Hozon, yang kemudian berganti nama menjadi NETA, didirikan di China. Saat itu NETA fokus melakukan pengembangan dan membangun pusat R&D yang pada tahun 2018 berhasil mendapatkan lisensi kualifikasi & produksi kendaraan. 

    NETA pun pada akhirnya mulai memproduksi dan meluncurkan produk pertama mereka yaitu N01 yang disusul dengan dua model di segmen SUV, NETA U dan NETA V pada tahun 2020.

    Sejarah NETA

    Di tahun tersebut juga, merek mobil listrik China ini mulai ekspansi secara global dan masuk ke pasar otomotif di Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Latin hingga Afrika. NETA bahkan dipercaya sebagai perusahaan startup EV pertama yang merancang model setir kanan untuk memenuhi permintaan pasar Asia Tenggara. 

    Tahun 2022 NETA resmi hadir di Thailand dan mendirikan pabrik pertamanya disana untuk memenuhi kebutuhan ekspor ASEAN. 

    Di Thailand sendiri prestasi NETA cukup membanggakan karena mampu meraih penjualan hingga 10.565 unit hanya dalam waktu 10 bulan saja, dan meraih posisi ke-2 Best Selling EV di tahun 2023. 

    Pada sektor ekspor mobil listrik, NETA memimpin sebagai eksportir teratas di antara perusahaan mobil startup China pada tahun 2023, dengan pengiriman global mencapai 15.913 unit dan memiliki lebih dari 100 saluran penjualan di berbagai negara. 

    Sejarah NETA

    Hingga saat ini, NETA sudah menjual hingga 380.000 unit untuk pasar domestik maupun global sejak awal kehadirannya.

    NETA masuk Indonesia setelah melakukan debutnya di pameran GIIAS 2023. Komitmennya untuk pasar Indonesia tidak sekadar jualan mobil listrik dengan teknologi canggih saja, namun juga bekerjasama dengan PT Handal Indonesia Motor untuk merakit mobil secara lokal yaitu CKD untuk pasar Indonesia.

    Di tahun 2024, NETA semakin melangkah lebih jauh dengan menandatangani kerjasama untuk pembangunan pabrik lokal ketiganya di Malaysia yang dijadwalkan akan memulai produksi pada tahun 2025 mendatang. 

    Selain pabrik, NETA juga berencana untuk berkolaborasi dengan mitra lokal dalam pengadaan bahan baku, layanan purna jual, fasilitas pengisian daya, dan lain-lain, untuk berkontribusi pada setiap negara tujuannya.

    Perjalanan NETA selama 10 tahun ini tidak hanya menggambarkan perjuangan bisnis saja, tetapi juga komitmen NETA yang begitu kuat terhadap inovasi, keberlanjutan, dan kontribusi pada lingkungan global agar lebih baik.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait