Kamis, Juni 13, 2024
Lainnya
    LainnyaSejarah Penemuan Mobil Pertama di Dunia, Awalnya Mesin Uap untuk Pengangkut Meriam

    Sejarah Penemuan Mobil Pertama di Dunia, Awalnya Mesin Uap untuk Pengangkut Meriam

    Menilik sejarah penemuan mobil pertama di dunia, kendaraan yang saat ini banyak sekali digunakan untuk alat transportasi semua orang, sudah ditemukan hampir 3 abad yang lalu. Bisa dikatakan bahwa mobil pertama di dunia tentu memiliki tampilan yang sangat jauh berbeda dari mobil zaman sekarang.

    Karena teknologi yang sudah berkembang pesat di dunia otomotif, mendorong perubahan mobil zaman ini untuk lebih menyempurnakan dalam sisi keselamatan dan keamanan. Apalagi kecepatan mobil zaman sekarang, sudah sangat jauh meninggalkan kecepatan yang dihasilkan oleh mobil zaman dahulu.

    Perkembangan mobil ini tidak bisa lepas dari tangan-tangan para ilmuwan di bidang otomotif yang membuat berbagai inovasi hingga penemuan baru yang membuat mobil menjadi seperti sekarang ini.

    Baca juga: Sejarah Mobil Holden dan Jenisnya yang Paling Populer di Indonesia

    Berikut ulasan mengenai sejarah penemuan mobil dan perkembangannya.

    Sejarah penemuan mobil pertama di dunia

    Mobil pertama buatan Nicolas J Cugnot
    Mobil pertama di dunia buatan Nicolas J Cugnot (Wikipedia)

    Mengulas kembali mengenai sejarah mobil pertama, nama penemu dari mobil ini adalah Nicolas J Cugnot, seorang ilmuwan Perancis. Pada tahun 1769 ia menciptakan sebuah mobil beroda tiga dengan mesin uap.

    Penemuan mobil oleh Nicolas J Cugnot ini menarik, meski ukurannya yang cukup besar dan masih memiliki kekurangan pada waktu itu. Ia pun terinspirasi oleh kereta kuda yang memiliki ban.

    Mobil ini awalnya digunakan untuk mengangkut meriam yang membantu dalam peperangan. Dari kebutuhan akan militer inilah mobil mulai dikembangkan oleh ilmuwan lainnya.

    Selanjutnya pada James Watt tahun 1784, kendaraan sejenis yang masih menggunakan mesin uap. Begitu pula dengan Richard Trevenick yang di tahun 1830 menciptakan mobil tenaga uap dengan kecepatan 20 km/ jam. 

    Sampai pada akhir abad ke 19 mobil dengan tenaga uap terus banyak diciptakan. Namun mobil mesin uap memiliki kekurangan dan sering meledak. Namun mesin uap ini tidak mengeluarkan asap tebal dan suara mesinnya halus.

    Akhirnya pada pertengahan abad 19, Joseph E. Lenoir, insinyur dari Perancis menciptakan kendaraan dengan bahan bakar campuran yaitu batu bara dan gas dan udara pada tahun 1860.

    Baca juga: Sejarah Mobil di Indonesia Sampai Mobil Pertama Presiden Soekarno

    Mobil mesin modern dan bahan bakar minyak

    Benz Patent-Motorwagen 1885
    Benz Patent-Motorwagen 1885 (Wikipedia)

    Masa dari mobil bertenaga uap akhirnya berakhir sejak penemuan dari Karl Benz, seorang warga Jerman pada tahun 1886 menciptakan mobil dengan tenaga bensin.

    Karl terinspirasi dari pengalamannya yang sering menggunakan sepeda kayuh. Ia berpikir untuk menggerakan sepeda tanpa dikayuh. Dari situlah mobil di era modern pun diciptakan dan desain yang dimilikinya masih mirip dengan sepeda roda tiga. 

    Namun dari penemuan pertamanya ini Karl tidak langsung berhasil. Kala itu mobilnya tidak memiliki gigi sehingga sulit dikendalikan. Pada percobaannya mobilnya menabrak dinding.

    Selain Karl Benz ada pula ilmuwan yang mengembangkan mobil dengan mesin bensin seperti Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Stuttgart. Namun Karl lebih cepat dan mematenkannya pada tahun 1879.

    Karl Benz dan George B Selden berhasil menciptakan mobil 2 tak pada tahun 1895. Dari tahun tersebut, tidak lama kemudian banyak bermunculan mobil dengan mesin uap, bensin dan listrik. 

    Namun kepopuleran mobil dengan mesin bensin lebih banyak diminati. Apalagi kala itu Ferdinand Porsche menemukan mobil bertenaga hybrid.

    Penemu mobil pertama di dunia

    Apabila dilihat dari sejarahnya sebenarnya penemu mobil pertama kali adalah Nicolas J Cugnot yang mencetuskan ide kendaraan pengangkut meriam. 

    Hanya saja, Karl Benz sang penemu mobil dengan bahan bakar bensin terus mengembangkan mobil yang diciptakannya. Insinyur yang berasal dari University Karlsruhe inilah yang tidak pernah berhenti menciptakan mobil. 

    Bahkan setelah kegagalan demonstrasi pertamanya kepada publik, Karl terus memperbaiki kekurangan dari mesin mobil ciptaannya. Hingga suatu saat Bertha Benz, sang istri yang diam-diam mengendarai Benz Patent Motorwagen dari yang telah diperbaiki. 

    Mobil yang dikendarai oleh istrinya tersebut itulah yang menjadi titik awal kesuksesan Benz hingga terkenal sampai saat ini. 

    Bertha mengendarai mobil tersebut bersama kedua putranya dari Kota Mannheim sampai Kota Pforzheim yang berjarak 106 Km. Ini menjadikannya seorang pengendara mobil pertama dengan menempuh jarak ratusan kilometer.

    Dalam perjalannya ia pun sempat mengisi bahan bakar mobil roda tiga tersebut di sebuah apotek dengan alkohol. Jalur yang dilewati oleh Bertha ini pun saat ini menjadi jalur yang diabadikan dan di Jerman sendiri jalan ini diberi sebuah tanda untuk mengenang sejarahnya.

    Baca juga: Sejarah Munculnya LCGC di Indonesia Sampai Daftar Harga Terlengkap

    5 Mobil tertua di dunia sepanjang masa

    • Cugnot Fardier

    Mobil pertama di dunia buatan Nicolas J Cugnot
    Mobil pertama di dunia buatan Nicolas J Cugnot (Wikipedia)

    Seperti namanya, mobil ini adalah ciptaan dari Nicolas Joseph Cugnot, merupakan kendaraan yang digunakan untuk manusia. Menggunakan mesin bertenaga uap, mobil ini memang masih memiliki banyak sekali kekurangan.

    Dalam penggunaannya, mobil ini harus berhenti setiap 10 hingga 12 menit untuk membangkitkan tekanan uap pada kendaraan. Selain itu mobil ini hanya bisa melesat dengan kecepatan maksimal 1,6 km/jam.

    Saat ini mobil Cugnot menjadi salah satu koleksi yang dimiliki oleh museum Musee des Arts et Metiers di Kota Paris, Prancis.

    • Hancock Omnibus

    hancock omnibus
    Bus bermesin uap (Wikipedia)

    Masih mobil bertenaga uap, mobil ini merupakan karya dari Walter Hancock. Pria asal Inggris ini sebenarnya adalah penemu sukses dalam dunia militer, dan Hancock juga adalah penemu kendaraan yang dapat menampung manusia tersukses di era itu. 

    Hal itu disebabkan Hancock Omnibus telah berhasil menjadi kendaraan bertenaga uap pertama yang sukses diperjualbelikan di dunia.

    • Grenville Steam Carriage

    Grenville Steam Carriage
    Grenville Steam Carriage (Wikipedia)

    Pada tahun 1875 Robert Neville Greenville merancang kendaraan bertenaga uap yang memiliki bentuk mirip dengan lokomotif kereta. 

    Mobil yang disebut sebagai Greenville Steam Carriage yang hanya bisa dinaiki oleh tujuh orang saja, satu di antara ketujuh orang tersebut akan bertugas ‘memberi makan’ mesin uap agar tetap melaju.

    • La Marquise

    La Marquise
    La Marquise (Wikipedia)

    Pada tahun 1884, De Dion, Bouton, dan Trépardoux berhasil menciptakan mobil yang diberina nama La Marquise.Pada tahun 1887 merupakan pengenalan pertama kali La Marquise sebagai mobil balap pertama di dunia untuk sebuah pameran. 

    Satu tahun berselang, La Marquise yang memiliki kecepatan sekitar 18 mph atau hanya dapat melaju 28,9 km/jam mampu mengalahkan Bouton, sebuah mobil kendaraan beroda tiga.

    Mobil ini menggunakan bahan bakar dari batu bara, kayu, dan potongan kertas. Butuh waktu sekitar 30 hingga 40 menit untuk menyalakan uapnya. 

    Itulah yang membuat La Marquise berhasil mencapai kecepatan tertingginya hingga 38 mph atau sekitar 61 km per jam.

    Sebagai mobil balap pertama di dunia, La Marquise diberikan nomor balap “0” sebagai bentuk penghargaan di ajang balapan London to Brighton Veteran Car Run 1996.

    • Benz Patent Motorwagen

    Benz Patent-Motorwagen 1885
    Benz Patent-Motorwagen 1885 (Wikipedia)

    Mobil karya Karl Benz ini dirancang dengan menggunakan mesin sentrifugal dan memiliki kapasitas 954 cc. Dalam sejarah, penemuannya ini merupakan mobil pertama dunia yang menggunakan mesin bensin.

    Diciptakan tahun 1885 dan mendapatkan hak paten tepat di tahun 1886. Mobil mesin bensin pertama ini awalnya juga menggunakan bahan bakar ke mesin melalui penguapan. 

    Namun, Karl Benz telah berhasil menambahkan karburator di model selanjutnya. Hingga di tahun 1887, Karl Benz melakukan inovasi dengan menambahkan sepatu rem kulit.

    Nah, setelah menyimak mengenai sejarah mobil pertama di dunia, tentu sedikit banyak akan menambah wawasan Anda di dunia otomotif. Di era sekarang ini, mobil sudah semakin canggih yang dibekali banyak fitur untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan.

    Jangan lupa, kalau soal urusan mobil bekas, pastikan untuk memilih dan membeli di OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi para unit yang Anda beli.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada Kualitasnya. #PilihYangPasti untung di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi.. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait