Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    BeritaSpesifikasi Chevrolet Suburban, Tunggangan Jokowi Selama Kunjungan ke AS

    Spesifikasi Chevrolet Suburban, Tunggangan Jokowi Selama Kunjungan ke AS

    News.OLX – Setibanya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Washington DC, Amerika Serikat, beliau langsung dijemput oleh mobil bongsor Chevrolet Suburban. Jokowi berkunjung ke sana untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Apa pasal pertemuan tersebut?

    Sebelumnya Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, (11/11/2023). Pertemuan ini secara khusus diadakan untuk membahas kondisi Palestina paska serangan Israel.

    Usai menghadiri KTT OKI, Jokowi bertolak ke Amerika Serikat untuk bertemu Joe Biden di Gedung Putih. Pertemuan tersebut dimanfaatkannya untuk menyampaikan pesan dari negara-negara OKI perihal serangan Israel pada Palestina.

    “Kunjungan ini juga merupakan kesempatan baik untuk langsung menyampaikan hasil KTT OKI di Riyadh yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan,” kata Presiden.

    Dijemput Chevrolet Suburban

    Jokowi sampai di Amerika Serikat pada hari Minggu (12/11/2023) kemarin sekitar pukul 16.20 waktu setempat atau Senin, 13 November 2023, pukul 04.20 WIB.

    Ia terbang dari Riyadh selama kurang lebih 15 jam perjalanan menggunakan pesawat Garuda Indonesia (GA-1). Pesawat Boeing 777-3U3ER dengan nomor registrasi PK-GIG tersebut mendarat di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, AS.

    Sesampainya di Pangkalan Militer Andrews, Jokowi langsung disambut oleh beberapa pejabat. Di antaranya, Kepala Protokol Amerika Serikat Ethan Rosenzweigh, Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Sung Kim, Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani, dan Atase Pertahanan KBRI Washington DC Marsma TNI Tjahya Elang Migdiawan.

    Jokowi kemudian diarahkan untuk masuk Chevrolet Suburban yang sudah menanti. Selama ini Chevrolet Suburban memang dikenal sebagai kendaraan pejabat-pejabat VIP di Negeri Paman Sam. Selain digunakan Joe Biden dan wakilnya, mobil ini juga biasa digunakan oleh tamu-tamu penting dari berbagai negara saat berada di Amerika Serikat.

    Untuk diketahui, mobil bongsor ini juga yang dibawa dan ditunggangi Wakil Presiden AS Kamala Harris saat berkunjung ke Indonesia dalam acara KTT ke-43 ASEAN September lalu

    Spesifikasi Chevrolet Suburban

    Diperuntukkan orang dengan kategori VIP (Very Important People), jadi sudah pasti spesifikasi Chevrolet Suburban bukan kaleng-kaleng.

    Sesuai pabrikan, Chevrolet Suburban diproduksi dalam beberapa pilihan mesin. Yakni mesin V8 5.300 cc bertenaga 355 daya kuda 5.600 rpm dengan torsi maksimal 383 lb-ft 4.100 rpm.

    Yang lainnya adalah mesin yang lebih besar, yakni V8 dengan kapasitas 6.200 cc. Mesin V8 6.2 liter tersebut sanggup menyemburkan tenaga hingga 420 daya kuda 5.600 rpm dengan torsi maksimal 460 lb-ft 4.100 rpm.

    Pada mesin mobil ini dipadukan transmisi otomatis 10 percepatan. Sementara penggerak rodanya adalah front wheel drive (FWD) atau penggerak roda depan.

    Di negara asalnya mobil ini dibanderol mulai US$ 53.200 atau setara dengan Rp800 jutaan. Namun untuk sekelas presiden dan wakilnya, tentu saja harganya jauh lebih mahal karena spesifikasi Chevrolet Suburban menyesuaikan teknologi pada fitur-fiturnya, temasuk fitur keamanan dan kenyamanan.

    Selain Jokowi, beberapa waktu lalu yang pernah menggunakan yang pernah menggunakan Chevrolet Suburban ini saat kunjungannya ke Amerika Serikat adalah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait