Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    BeritaSpesifikasi Toyota Land Cruiser 200, Tunggangan Kaisar Jepang saat Kunjungan ke Yogyakarta

    Spesifikasi Toyota Land Cruiser 200, Tunggangan Kaisar Jepang saat Kunjungan ke Yogyakarta

    News.OLX – Kaisar Jepang ke-126 Hironomiya Naruhito dan permaisuri Masako Owada berada di Indonesia sejak 17 Juni lalu. Ini merupakan kunjungan pertamanya sejak naik tahta pada 2019.

    Yogyakarta jadi destinasi yang kesekian dalam rangkaian lawatannya di Tanah Air. Ia berada di sana sejak Rabu, 21 Juni 2023. Dan selama berada di Yogyakarta, Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito diketahui menggunakan Toyota Land Cruiser 200 sebagai moda transportasinya. Apa alasan pemerintah memberikan kendaraan ini kepada Sang Kaisar?

    Berikut ini ulasan lengkap mengenai spesifikasi Toyota Land Cruiser 200.

    Spesifikasi Toyota Land Cruiser 200

    Siapa yang tak tahu Toyota Land Cruiser, sih? Kendaraan pabrikan yang berasal dari negara Kaisar Jepang ini salah satu legend-nya Toyota. Bahkan seri VX80 yang diproduksi tahun 1995an hingga kini masih diburu para collector mobil antik. Harga bekasnya pun masih stabil di angka Rp300 jutaan.

    Seri terbarunya, Toyota Land Cruiser 200 sudah diluncurkan sejak 2008. Kendaraan ini beberapa kali mengalami facelift. Terakhir, Toyota Land Cruiser 200 ditawarkan dalam dua varian, yaitu VX dan VXR.

    Melansir Auto2000, dijelaskan spesifikasi Toyota Land Cruiser 200 sangat mumpuni.  Dimensi kendaraan yang menempati segmen SUV (Sport Utility Vehicle) ini adalah 4950 milimeter x 1970 milimeter x 1905 milimeter dengan ground clearance 230 milimeter. Peleknya 18 inci untuk varian VX dan 20 inci pada varian VXR. Dan drive system-nya dilengkapi dengan penggerak 4 Roda (4WD/4×4).

    Tipe mesin yang digunakan 4.5L 1VD-FTV DOHC Diesel Twin Turbo, konfigurasi V8 cylinder, 32 valve, 4.461 cc, yang menghasilkan tenaga maksimum 235 PS pada 3.200 Rpm dan torsi maksimal 628 Nm pada 1.800-2.200 Rpm.

    Bahan bakar yang digunakan adalah Diesel dengan daya tempuh 5-9 kilometer (dalam kota) dan 8-11 kilometer (luar kota) per liternya. Sementara daya tampung tangkinya adalah 93 liter.

    Interior Toyota Land Cruiser 200 mewah banget. Semua joknya menggunakan premium leather, juga pada bagian setirnya yang dikombinasikan dengan Wooden Finish. Pada bagian dasbor ada Engine Start/Stop Button, Advanced Electronic Transmission Switch dan Electronic 4×4 Transfer Switch.

    Menelisik eksteriornya, kendaraan ini punya bodi yang kekar, garang, dan jumbo. Kendaraan ini menggunakan lampu LED pada Projector Headlamps, Foglamps dan Rear Combination Lamps.

    Dari segi kenyamanan berkendara ada fitur Rear Spoiler, High-mounted Stoplamp, High-mounted Stoplamp, Crawl Mode dengan pilihan Dirt, Rock, Sand, serta Drive Mode: Comfort, Eco, Normal, Sport, Sport+.

    Fitur keamanannya dilengkapi dengan ABS, EBD, Brake Assist, Adaptive Traction Control, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, dan Hill Descent Control. Ditambah dengan Blindspot Monitoring System, Rear Cross Traffic Alert, 10 SRS Airbags, Keyless Entry, Engine Immobilizer, dan Alarm System.

    Itulah sekilas tentang spesifikasi Land Cruiser 200 yang dipakai Kaisar Jepang. Lengkap banget, ya.

    Harga Toyota Land Cruiser 200

    PT Toyota-Astra Motor (TAM), agen tunggal pemegang merek Toyota di Indonesia membanderol harga Toyota Land Cruiser 200 untuk tipe tertingginya (VX-R) sekitar Rp2,45 miliar (OTR DKI Jakarta). Sementara harga Toyota Land Cruiser 200 tipe VX masih di bawah itu. Ini menjadikan Land Cruiser 200 sebagai mobil Jepang termahal yang dijual oleh TAM di Indonesia pada saat itu.

    Berdasarkan hal tersebut berikut spesifikasi kendaraannya yang nggak main-main, wajar jika harga Toyota Land Cruiser 200 mahal. Mobil ini sering digunakan tamu negara seperti Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito, pejabat atau konglomerat.

    Belum lagi tampilannya yang jumbo, terlihat sangat prestisius dan mengintimidasi kompetitornya. Kompetitornya adalah Nissan Patrol, Lexus LX570, Ford Explorer, Land Rover Discovery, Jeep Grand Cherokee, Mercedes-Benz GLS 550, dan Dodge Challenger.

    Kaisar Jepang juga pasti bangga deh bisa berkendara dengan kendaraan asal negaranya di Yogyakarta. Ada yang tahu setelah ini Kaisar Jepang mau berkunjung ke mana?

     

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait