Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    MobilSUV Baru Toyota Meluncur, Ini Spesifikasi All New Yaris Cross

    SUV Baru Toyota Meluncur, Ini Spesifikasi All New Yaris Cross

    News.OLX – Toyota Indonesia pada hari ini, Senin, 15 Mei 2023 meluncurkan model SUV baru untuk mengisi pasar kendaraan roda empat di segmen Medium SUV lewat All New Yaris Cross. Ini sekaligus menjadi model elektrifikasi pertama di segmen Medium SUV karena menghadirkan pilihan mesin hybrid.

    Dengan semakin tingginya minat konsumen akan model SUV dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, PT Toyota-Astra Motor (TAM) terus berusaha memperluas pilihan masyarakat akan model elektrifikasi, khususnya di segmen SUV.

    Sebagai pionir kendaraan elektrifikasi, Toyota Indonesia saat ini sudah memiliki 18 pilihan mobil elektrifikasi dengan total penjualan mencapai 16 ribu unit hinga April 2023.

    All New Yaris Cross

    “Beberapa tahun ini, industri otomotif Indonesia mulai memasuki era elektrifikasi. Ditandai dengan banyaknya kebijakan pemerintah yang mengarah pada penggunaan teknologi elektrifikasi yang ramah lingkungan untuk mengurangi emisi karbon. Toyota menyambut positif langkah ini dengan menghadirkan produk-produk elektrifikasi yang memiliki pilihan teknologi lengkap. Mulai dari Hybrid EV, Plug-in Hybrid EV, hingga Battery EV dengan pilihan model yang semakin banyak dan affordable, serta berada di segmen yang semakin besar untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Salah satunya All-New Kijang Innova Zenix Hybrid EV sebagai kendaraan elektrifikasi Toyota pertama yang diproduksi lokal. Sekarang, kami kembali hadirkan full Hybrid EV pertama di B-segment lewat All-New Yaris Cross, yang juga melengkapi line-up SUV Toyota di Indonesia,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda di Hotel Westin, Jakarta.

    Tidak hanya memperluas pilihan masyarakat, melalui model SUV terbaru ini, Toyota Indonesia juga terus berupaya untuk mempertahankan dominasi mereka di segmen tersebut.

    “Pasca pandemi, market Indonesia mengalami recovery dan kembali menyentuh penjualan dengan angka satu juta unit. Permintaan di segmen SUV sendiri naik hingga 140 persen dengan kontribusi penjualan hingga 26 persen dari total market. Makanya hari ini kami hadirkan All New Yaris Cross HEV untuk melengkapi pilihan SUV 5 seater. Mobil ini sudah menggunakan teknologi elektrifikasi karena kami (Toyota) merupakan pionir kendaraan elektrifikasi sejak hadirnya Prius Hybrid di tahun 2009 silam,” tegas Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

    Spesifikasi All New Yaris Cross

    All New Yaris Cross

    Dimensi

    Menjadi model SUV baru di Indonesia, All-New Yaris Cross membawa konsep “Solid & Dynamic” yang memiliki tampilan outstanding berkarakter khas SUV Toyota modern, kabin kompak yang memaksimalkan volume interior. 

    Secara dimensi, mobil baru Toyota ini memiliki dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.620 mm. Dengan high rocker panel height mencapai 260 mm, mobil ini sangat memadai untuk sebuah SUV perkotaan yang sesekali dipakai berwisata ke pantai atau pegunungan. 

    Ditambah overhang depan-belakang sempit dengan approach angle 19º dan departure angle 28º, membuat light off-roader ini sanggup menempuh berbagai kondisi jalan dengan aman. Apalagi dengan radius putar hanya 5,2 meter, SUV ini sanggup bermanuver dengan mudah di area terbatas seperti u-turn atau lokasi parkir.

    Eksterior

    Tampilan eksteriornya gagah dengan garis-garis berkarakter khas solid dan tangguh. Grille trapezoid atas dan bawah dengan ukuran berbeda, mengekspresikan penampilan yang semakin gagah dan berwibawa.

    Desain atap miring ke belakang dipadukan dengan spatbor melebar mengekspresikan siluet yang tampak kokoh dan stabil di samping. 

    Selain itu, roda berdiameter besar di sudut fender memberikan kesan kekar pada All-New Yaris Cross. Tidak hanya menyempurnakan style-nya saja, tapi juga memberikan driving quality yang stabil dan penuh percaya diri. 

    Kesan lebar dan modern juga tergambar dari desain belakang Yaris Cross yang mengkombinasikan lampu LED. 

    Interior

    Kabinnya juga terasa roomy dan sporty, dengan panel soft dashboard yang lebar sehingga terkesan mewah, selaras dengan door trim yang memberikan kesan lapang. Kesan mewah di Yaris Cross juga dipertegas dengan hadirnya Panoramic Glass Roof with Power Sunshade yang terbaik dikelasnya. 

    Sebagai sebuah SUV, posisi berkendara juga dibuat nyaman dengan visibilitas luas ke berbagai arah. Kenyamanan juga diberikan lewat opsi jok dengan bahan fabric dan kulit sintesis yang sanggup memberikan kenyamanan terbaik berkat kemampuan mereduksi panas pada permukaannya. Bentuknya pun disempurnakan dengan jahitan jok bersulam benang warna biru yang sporty dan memanjakan mata. Bahkan jok Yaris Cross juga sudah dilengkapi Electric Seat Adjuster pada jok pengemudi, pertama di kelas Medium SUV. 

    Mobil SUV baru Toyota ini juga menyediakan bangku yang nyaman untuk 5 penumpang, ruang penyimpanan barang berlimpah, dan bagasi terbesar di kelasnya. Sudah menggunakan Power Back Door with Kick Sensor (pertama di kelasnya) semakin mempermudah akses untuk memasukkan barang bawaan masuk kedalam bagasi. 

    Ada empat poin utama yang diusung All New Yaris Cross untuk ditawarkan kepada konsumennya, yaitu respons akselerasi yang kuat, keheningan kabin, konsumsi bensin yang efisien, dan ultra low emission. Hal ini memastikan pengalaman berkendara yang non-tiring dan stress-free di segala medan jalan.

    Mesin

    All-New Yaris Cross mengusung mesin hybrid serta punya opsi mesin bensin konvensional. Kedua mesin tersebut berkapasitas 1.500 cc 4 silinder. Untuk yang dibekali mesin hybrid sanggup menggelontorkan tenaga hingga 82 kW dan dilengkapi EV Mode dan transmisi CVT yang bersinergi dengan motor listrik untuk menggerakkan as roda depan dalam kolaborasi yang paling efisien tanpa mengorbankan performa.

    EV Mode ini memberikan efek berkendara mobil listrik murni dengan karakter senyap, responsif, dan zero emission.  

    Mobil Toyota ini jadi mobil Hybrid EV Toyota pertama di Indonesia yang menggunakan baterai Lithium-Ion. Banyak keunggulan dari jenis baterai ini, yaitu lebih tahan suhu kerja ekstrem dan berukuran lebih kompak. 

    Posisi baterai ditempatkan di bawah bangku penumpang belakang, sehingga tidak mengurangi kapasitas bagasi atau kabin penumpang. Ini juga berkontribusi pada peningkatan handling mobil dan membantu menurunkan pusat gravitasi kendaraan sehingga mobil kian fun to drive.

    Sementara untuk varian mesin bensin konvensional dengan engine 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i mampu menghasilkan tenaga 78 kW dan torsi 138 Nm. Tersedia pilihan transmisi manual 5-speed dan CVT.

    Mobil-mobil terbaru Toyota saat ini sudah mendapatkan berbagai advance safety features, termasuk untuk All New Yaris Cross. 

    Safety Features 

    Urban SUV ini sudah dilengkapi dengan Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM). Fitur Panoramic View Monitor juga hadir untuk memberikan bantuan visibilitas yang menyeluruh ketika berkendara.

    Teknologi active safety canggih Toyota Safety Sense (TSS) serta advanced convenient features T Intouch ikut melengkapi fitur All-New Yaris Cross untuk memaksimalkan keamanan serta konektivitas pelanggan untuk menghadirkan peace of mind.

    Harga

    Saat ini Toyota Indonesia memang belum merilis harga resmi All New Yaris Cross, namun bocorannya, mobil tersebut akan dijual dengan rentang harga mulai dari 300 juta rupiah lebih hingga 400 juta rupiah lebih.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait