Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    InformasiTarif Lengkap Penyeberangan Pelabuhan Merak Buat yang Mudik ke Sumatera

    Tarif Lengkap Penyeberangan Pelabuhan Merak Buat yang Mudik ke Sumatera

    Pelabuhan Merak merupakan pelabuhan yang paling dekat dengan Pelabuhan Bakauheni yang ada di Lampung dan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera.

    Pelabuhan ini juga biasa disinggahi pemudik jelang hari raya, baik yang menyeberang menggunakan kendaraan pribadi atau bus.

    Saking dekatnya, yakni hanya 36 kilometer, jarak Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni hanya memakan durasi pelayaran 2 hingga 3 jam menggunakan kapal feri.

    Pelabuhan ini tidak pernah sepi, apalagi jelang hari raya seperti Idul Fitri dan Natal. Dan antrean memanjang memasuki kapal feri pun jadi pemandangan biasa di momen tersebut.

    Tarif kapal feri dari Pelabuhan Merak

    Penasaran biaya tiketnya? Melansir laman Ferizy (www.ferizy.com), tarif penyeberangan Pelabuhan Merak ke Bakauheni bervariasi, tergantung usia penumpang dan jenis kendaraan yang dibawa.

    Lebih lengkap, ini dia daftar tarif kapal feri Pelabuhan Merak-Bakauheni tahun 2023.

     

    1. Tiket kendaraan

    – Sepeda Motor dibawah 500 CC (golongan II): Reguler Rp58.500, Ekspress Rp108.000.

    – Sepeda Motor diatas 500 CC (golongan III): Reguler Rp126.350, Ekspress Rp 168.000.

    – Mobil <5 Meter (golongan IV A & B): Reguler Rp457.700, Ekspress Rp644.000.

    – Mobil <7 meter (golongan VA & B): Reguler Rp916.250, Ekspress Rp1.138.000.

    – Mobil <10 meter (golongan VI A & B): Reguler Rp1.516.500, Ekspress Rp1.- Mobil Pick Up <5 meter (golongan IV A & B): Reguler Rp425.200, Ekspress Rp457.000.

     

    2. Tiket orang

    – Bayi (di bawah 2 tahun): Reguler Rp1.750, Express Rp4.000.

    – Anak usia 2-5 tahun: Reguler Rp21.600, Express Rp77.000.

    – Usia 6 tahun-dewasa: Reguler Rp21.600, Express Rp77.000.

     

    Pengalihan kendaraan saat arus mudik lebaran 2023

    Untuk mengantisipasi penumpukan penumpang manusia dan juga kendaraan jelang Idul Fitri 2023, ada beberapa perubahan lokasi keberangkatan bagi para penumpang yang ingin menyeberang melalui jalur Banten-Lampung.

    – Kendaraan roda 2 (Golongan I,II, dan III) dilayani melalui Pelabuhan Ciwandan menuju Pelabuhan Bakauheni pada 15-21 April 2023.

    – Sementara dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, semua golongan kendaraan (golongan I hingga IX) dilayani pada 15-21 April 2023.

    – Kendaraan roda 4 dan bus (golongan IVA, IVB, VA dan VIA) dilayani melalui Pelabuhan Ciwandan menuju Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Ciwandan menuju Pelabuhan Panjang, dan Pelabuhan BBJ menuju Pelabuhan Muara Pilu pada periode 15-21 April 2023.

    Sejarah singkat Pelabuhan Merak

    Pelabuhan Merak yang terdapat di Banten, Jawa Barat, merupakan pelabuhan tertua di Pulau Jawa dan salah satu pelabuhan yang paling banyak disinggahi setiap jelang hari raya sebagai jalur mudik.

    Ini adalah pelabuhan yang menjadi penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Pelabuhan Merak sudah ada lama sekali, yakni sekitar tahun 1912.

    Jauh sebelum itu, sekitar abad ke-15, dermaganya yang dulu dikenal dengan nama Pelabuhan Karangantu sering digunakan sebagai pintu keluar-masuk para pedagang dari berbagai wilayah di Nusantara dan negara-negara seperti Persia, Arab, China, Inggris, Gujarat, dan Portugis.

    Pelabuhan ini dikuasai oleh Kesultanan Banten, salah satu kerajaan maritim yang mengandalkan perekonomiannya dari berdagang.

    Di era kepemimpinan Sultan Banten Pertama Maulana Hasanuddin, perekonomian kesultanan berkembang pesat.

    Alasan lain bagaimana pelabuhan ini kemudian dilirik pedagang mancanegara adalah karena pedagang Muslim yang sebelumnya biasa melalui jalur Malaka, menghentikan menggunakan jalur itu setelah Malaka jatuh ke tangan Portugis.

    Akhirnya para pedagang ini mengalihkan jalur perdagangan ke Selat Sunda. Itulah awal bagaimana pelabuhan Banten yang tadinya hanya dikenal sebagai pelabuhan nelayan, kemudian banyak disinggahi pedagang dari Asia, Afrika, dan Eropa.

    Kesultanan Banten pun berkembang dan memonopoli perdagangan lada di Lampung dan wilayahnya menjadi salah satu pusat niaga yang penting.

    Setelah itu pedagang dari negara lainnya juga turut masuk ke sana, seperti Inggris, Denmark, India, Siam, Vietnam, Filipina, Cina dan Jepang. Di abad ke-17 masa keemasan pelabuhan ini mulai pudar.

    Itulah daftar tarif kapal penyeberangan Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni untuk penumpang dan kendaraan.

    Mengingat tiket tidak bisa dibeli secara offline di lokasi, sebelum menuju Pelabuhan Merak, jangan lupa beli tiketnya dulu secara online, ya.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait