Senin, Maret 17, 2025
Lainnya
    MobilReview MobilTest Drive Toyota GR Yaris: Sensasi Berkendaranya Bikin Ketagihan, Bro!

    Test Drive Toyota GR Yaris: Sensasi Berkendaranya Bikin Ketagihan, Bro!

    OLX News – Yaris? Ah, itu sih mobil yang sering seliweran di jalanan. Tapi, tunggu dulu! Kalau udah ditambahin embel-embel “GR” di depannya, ceritanya beda, bro!

    - Advertisement -

    Ini bukan Yaris biasa, ini Toyota GR Yaris, hatchback sangar yang lahir dari DNA reli sejati!

    Toyota GR Yaris adalah sebuah hot hatch yang dikembangkan langsung oleh tim Toyota GAZOO Racing (TGR). Dengan sederet teknologi canggih dan performa yang semakin buas, GR Yaris menawarkan pengalaman berkendara yang benar-benar memacu adrenalin. Sensasi berkendara yang ditawarkan GR Yaris benar-benar bikin ketagihan, bro!

    - Advertisement -

    Nah, kebetulan banget nih, OLX News berkesempatan buat nyobain langsung mobil ini selama beberapa hari. Penasaran nggak sih, gimana rasanya mobil reli dipakai harian? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

    Tampilan Garang, Bikin Mata Melirik

    Test Drive Toyota GR Yaris

    - Advertisement -

    Pertama kali lihat GR Yaris, langsung berasa aura mobil balapnya. Bodi lebar, ceper, ditambah lagi dengan bumper depan yang agresif dan spoiler belakang yang besar, bikin mobil ini jadi pusat perhatian di jalanan. 

    Apalagi, atapnya pakai bahan karbon, ringan dan aerodinamis banget!

    Test Drive Toyota GR Yaris
    Atap Toyota GR Yaris yang terbuat dari carbon (Foto: Z)

    Nggak heran, setiap kali GR Yaris lewat, pasti banyak yang nengok. Desainnya yang sporty dan garang emang bikin susah buat nggak jatuh cinta! Pas nyampe HO OLX Indonesia bawa mobil ini, sontak mobil ini jadi pusat perhatian. 

    Test Drive Toyota GR Yaris

    Sebagai informasi, Toyota New GR Yaris saat meluncur di GIIAS 2024, hadir dalam dua pilihan varian transmisi, pertama manual yang dibanderol Rp 1,15 miliar dan kedua varian transmisi otomatis seharga Rp 1,98 miliar. Kebetulan yang kami bawa adalah varian transmisi otomatis atau yang paling mahal. 

    Masuk Kabin, Serasa Jadi Pembalap

    Test Drive Toyota GR Yaris

    Begitu duduk di balik kemudi, langsung berasa banget sensasi mobil balapnya. Jok semi-bucket yang memeluk tubuh dengan sangat nyaman, posisi duduk yang rendah, dan lingkar kemudi D-cut bikin kita serasa jadi pembalap profesional.

    Desain dashboard-nya pun cukup unik, karena dibuat rada melengkung. Meski terkesan minimalis, akan tetapi dashboard GR Yaris cukup fungsional, dengan layar infotainment 8 inci yang sudah didukung fitur konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, panel instrumen digital yang informatif, dan berbagai tombol fungsi di setir, semuanya dirancang buat kenyamanan pengemudi.

    Toyota juga menyematkan berbagai fitur keselamatan, seperti Toyota Safety Sense (TSS) yang mencakup Pre-Collision System, Lane Departure Alert, dan Adaptive Cruise Control.

    Performa Mesin yang Beringas

    Test Drive Toyota GR Yaris

    GR Yaris tetap mengandalkan mesin 1.6L 3-silinder turbo, tapi kini dengan peningkatan tenaga signifikan dan makin buas, dari 261 PS ke 305 PS, dan torsinya dari 360 Nm ke 400 Nm jika dibandingin sama model sebelumnya.

    Saat pedal gas diinjak dalam-dalam, tenaga terasa mengalir tanpa jeda, seolah tak ada habisnya. Getaran khas mesin 3-silinder masih ada, tapi justru menambah sensasi berkendara yang lebih emosional. 

    Meski hanya dipakai wara-wiri rumah ke kantor dan sebaliknya melewati akses Tol Lingkar Luar yang nggak pernah sepi dari kendaraan lainnya, bukan berarti kami gak bisa ngerasain sensasi tenaga dari mobil ini. Intinya, gak bisa lihat jalur lowong sedikit, langsung injak gas dalam-dalam, ngeng……

    Saat ngebut, suara knalpotnya juga makin garang, ngasih kepuasan tersendiri bagi kami dan bikin merinding sampai ke ubun-ubun rasanya.

    Handling dan Stabilitas Makin Mantap

    Test Drive Toyota GR Yaris

    Salah satu aspek yang paling terasa saat mengendarai GR Yaris terbaru adalah peningkatan pada sasis dan bodi yang kini lebih rigid.

    Karena Toyota sudah menambahkan 13% lebih banyak titik pengelasan dan 24% lebih banyak perekat bodi, yang berujung pada kestabilan luar biasa saat melibas tikungan tajam. 

    Selain itu, suspensi dengan sistem 3-point mounting memberikan keseimbangan yang lebih baik, membuat handling semakin presisi.

    Saat melaju di jalanan berliku, GR Yaris terasa sangat lincah. Respon setirnya cepat dan akurat, memberikan kontrol penuh kepada pengemudi, nurut banget saat kami ajak untuk berakselerasi. 

    Bisa dibilang, ini tuh bukan sekadar mobil kencang, tapi juga mobil yang benar-benar fun to drive!

    Toyota GR Yaris Hadir dengan Transmisi Otomatis

    Test Drive Toyota GR Yaris

    Mungkin banyak yang skeptis kalau mobil dengan spek balap seperti ini dibekali transmisi otomatis. Wajar aja! Mana enak rasanya ngebut tapi tangan kiri pasif nggak mindah-mindahin gigi? 

    Tapi percayalah, di GR Yaris yang baru dengan transmisi otomatis, feel fun to drive-nya tetap dapat kok. Bahkan rasanya perpindahan gigi di mobil ini berasa sangat cepat dan juga responsif! 

    Transmisi 8-speed GAZOO Racing Direct Automatic Transmission ini konon katanya sudah diuji langsung oleh tim TGR World Rally dan memang dikembangkan untuk memberikan pengalaman berkendara sporty yang maksimal.

    Penjelasan gampangnya seperti ini. Software kontrol transmisi otomatis di GR Yaris dioptimalkan untuk menyesuaikan karakter pengemudi. Sistem ini bisa mendeteksi kapan harus melakukan perpindahan gigi hanya dengan membaca cara pengemudi menginjak pedal gas dan rem. Jadi seperti mobil bisa membaca pikiranmu.

    Pilihan Mode Berkendara Sesuai Selera

    Toyota GR Yaris juga hadir dengan berbagai mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk pengalaman berkendara harian yang lebih nyaman, tersedia mode Normal dan Eco. Tapi jika ingin lebih agresif, cukup pindah ke mode Sport, yang langsung mengubah karakter mobil menjadi lebih responsif.

    Baca Juga:  Budget Terbatas? Deretan Mobil Sport ini Harganya Nggak Sampe Rp 1 M!

    Sementara sistem GR-FOUR AWD dioptimalkan dengan tiga mode berbeda, Normal untuk distribusi tenaga seimbang di penggunaan harian. Gravel untuk medan yang menantang seperti jalanan berbatu atau tanah, serta Track, mode paling agresif yang memaksimalkan tenaga ke semua roda, ideal kalau pas dipakai turun balapan di sirkuit.

    Tapi karena kami hanya pakai untuk beraktifitas harian, cenderung mode yang kami gunakan adalah yang Normal dan Eco saja. Ini juga salah satu kiat kami biar konsumsi BBM-nya bisa di irit-irit. 

    Maklum aja bro! Ini mobil rada matre’ soalnya. Ogah minum bahan bakar RON 95, RON 92 apalagi RON 90. Untuk merasakan performanya secara optimal, bahan bakar yang paling cocok, kalau bukan pakai Pertamax Turbo, yaaaa Shell V-Power Nitro+.

    Untuk catatan konsumsi BBM-nya sendiri selama kami gunakan, rata-rata ada di angka 7,4 km/liter, cukup boros tentunya. Tapi, dengan performa sekelas ini, siapa sih yang peduli soal konsumsi BBM? 

    Ruang Belakang? Jangan Banyak Berharap!

    Test Drive Toyota GR Yaris

    Buat yang mau bawa keluarga besar atau teman-teman banyak, mungkin GR Yaris bukan pilihan yang ideal. Ruang belakangnya emang sempit, dan kenyamanannya juga terbatas. Tapi, namanya juga mobil reli, performa kan yang utama!

    Jadi, buat kamu yang cari mobil kecil dengan performa besar, Toyota GR Yaris jelas merupakan pilihan yang sulit ditolak. Siap gaspol? (Z)

    Populer
    Berita Terkait