Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMengetahui Thermostat Mobil Rusak, Ciri-ciri, Cara Mengatasi dan Perawatannya

    Mengetahui Thermostat Mobil Rusak, Ciri-ciri, Cara Mengatasi dan Perawatannya

    JAKARTA – Thermostat pada sebuah mobil memiliki peranan yang sangat penting pada kinerja mesin saat digunakan. Karena thermostat sendiri akan bekerja dalam mengatur suhu pada mesin menggunakan sistem pendinginan yang terhubung dengan radiator.

    Apabila mesin mobil berada dalam suhu tinggi, thermostat akan bekerja secara otomatis dengan membuka katupnya untuk mengalirkan air pendingin pada radiator untuk mendinginkan suhu mesin mobil. Thermostat ini pun akan bekerja secara otomatis dengan suhu yang ia terima sehingga tidak perlu mengaturnya secara manual.

    Tanpa adanya thermostat atau rusak, mesin mobil bisa mengalami overheat yang berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang tidak seimbang. Selain itu getaran yang dihasilkan dari mesin ini pun akan semakin besar dan membuat performanya tidak prima. Bahkan bau dari mesin mobil yang kepanasan ini bisa menyebar ke dalam kabin seperti bau gosong yang tentu membuat pengendara tidak nyaman.

    Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui akan komponen kecil yang bernama thermostat. Sehingga saat mobil mengalami kendala seperti overheat, pengemudi bisa mengetahui ciri kerusakannya dan cara mengatasinya.

    Baca juga: Mengenal Thermostat Mobil, Fungsi dan Cara Kerjanya

    Jika kerusakannya sudah diketahui maka Anda dapat mengatasinya dengan cara tepat. Baik itu dibetulkan secara mandiri maupun dibawa ke bengkel. Sehingga saat terjadi kendala, mesin mobil tidak tambah rusak karena salah satu komponen yang rusak bisa menyebar ke komponen lain. 

    Ciri-ciri Thermostat Mobil Rusak

    Agar Anda tidak bingung, berikut ciri-ciri dan cara mengatasi thermostat mobil rusak:

    •  Katup terbuka pada suhu ruang

    Ciri-ciri pertama pada thermostat mobil yang rusak ialah katupnya yang berada pada posisi salah. Posisi yang salah yaitu pada posisi sebaliknya, dengan kondisi suhu ruang katup dari thermostat harus tertutup. 

    Sederhananya, pada suhu ruang di kisaran 30 derajat celcius namun katup terbuka, tentu akan menyebabkan aliran pendingin pada mesin mobil terbuka. Sehingga sirkulasi air pendinginnya pun bermasalah. 

    • Thermostat macet

    Jika sebelumnya, katup dari thermostat sudah terbuka pada suhu ruang, kali ini thermostat malah tidak mau membuka pada saat suhu tinggi atau di kisaran suhu 90 derajat celcius. Karena tidak terbuka tentu aliran cairan pendingin pada mesin mobil akan terhambat dan tidak dapat mendinginkan suhu mobil. Akibatnya suhu mobil pun akan menjadi panas.

    • Mesin mobil sering mengalami overheat

    Mobil yang mengalami overheat, suara mesin mobil akan terdengar seperti menggelitik. Selain itu udara dari AC pun akan terasa lebih panas tidak seperti biasanya. Tenaga mobil yang berkurang dan teratur pada speedometer menunjukan suhu tinggi pada mesin mobil. Bila terjadi kejadian overheat yang terlalu sering bisa saja thermostat pada mobil Anda mengalami masalah.

    • Bahan bakar yang dikonsumsi lebih banyak

    Suhu pada mesin yang tinggi membuat konsumsi bahan bakarnya tidak stabil. Karena sistem pendinginannya yang tidak bekerja secara maksimal, membuat konsumsinya pun lebih banyak. Maka dari itu saat thermostat rusak bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat.

    • Kinerja mesin lambat

    Saat mesin dihidupkan tentu suhunya masih rendah. Ada kalanya saat menggunakan mobil Anda akan memanaskan mesin mobil terlebih dahulu sebelum digunakan. Karena mesin mobil akan bekerja secara maksimal pada temperatur kerjanya.

    Namun karena thermostat bermasalah, suhu yang dicapai ini tidak lekas sampai karena terganggunya sistem pendinginan yang terbuka terus. 

    Baca juga: Mengenal AC Mobil: Komponen, Fungsi Beserta Cara Kerjanya

    Cara Mengatasi Thermostat Mobil Rusak

    Cara mengatasi thermostat yang rusak ialah menggantinya dengan thermostat baru yang kondisinya masih prima. Sebelum melakukan penggantian biasanya akan dilakukan pengecekan oleh mekanik mengenai kinerja dari thermostat tersebut.

    Salah satu caranya ialah dengan mencelupkannya pada air panas. Saat dicelupkan apabila katup thermostat terbuka bisa dipastikan bahwa kondisinya masih bekerja. 

    Untuk menghindari thermostat yang rusak saat mobil Anda gunakan adalah dengan melakukan perawatan rutin secara berkala. Selalu menggunakan cairan pendingin berkualitas agar mencegah kerak yang terjadi pada radiator maupun thermostat yang membuat kinerjanya memburuk.

    Selain itu jangan lupa untuk mengganti tutup radiator dan thermostat secara berkala, yaitu 5 tahun sekali.  

    Baca juga: Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

    Cara Perawatan Thermostat Mobil

    Memiliki sebuah mobil, tentu harus dirawat sebagaimana mestinya. Selain menjaga kondisinya agar selalu prima saat digunakan, merawat mobil Anda tentu akan menjaga kestabilan harganya saat dijual kembali.

    Kondisi mobil yang baik tentu akan mempertahankan jual kembalinya agar tidak jatuh dan membuat Anda rugi. Maka dari itu perlu memahami cara merawat mobil kesayangan Anda.

    Untuk merawat thermostat pada mobil sejatinya adalah dengan melakukan service rutin pada kendaraan Anda dan meminta mekaniknya untuk mengecek kondisi dari thermostat tersebut bila merasa memiliki keluhan seperti ciri-ciri kerusakan di atas. 

    Atau bisa dilakukan dengan cara memantau level air radiator. Selalu gunakan air radiator resmi untuk mencegah kerak pada thermostat. Selain itu bisa dicek kondisi thermostat pada bagian katupnya, bila terbuka maka bisa dipastikan bahwa kondisinya bermasalah bila Anda membukanya saat dalam temperatur suhu ruang. 

    Setelah Anda mengetahui ciri-ciri thermostat yang rusak, tentu hal ini bisa dipahami saat menggunakan mobil Anda setiap hari. Selalu ingat untuk mengganti thermostat secara berkala dalam kurun waktu 5 tahun sekali agar kondisi thermostat yang digunakan selalu prima. 

    Menjaga kondisi mobil Anda dengan baik tentu akan mempertahankan harga jual kembalinya agar tidak jatuh. Sehingga harga yang Anda terima tidak akan jauh berbeda dengan mobil sejenis lainnya. Apabila Anda ingin menjual mobil bisa memilih mitra terpercaya seperti OLX Autos yang memberikan harga terbaik.

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait