Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    InformasiTingkatkan Privasi Pengguna, WhatsApp Blokir Kemampuan Screenshot Foto Profil

    Tingkatkan Privasi Pengguna, WhatsApp Blokir Kemampuan Screenshot Foto Profil

    WhatsApp rilis fitur baru demi melindungi privasi pengguna: pemblokiran screenshot foto profil

    News.OLX – WhatsApp, platform untuk berkirim pesan instan terpopuler di dunia kembali menunjukkan komitmennya dalam menjamin keamanan data privasi pengguna dengan meluncurkan kebijakan baru. Fitur tersebut berupa pemblokiran kemampuan sistem ponsel untuk melakukan tindakan screenshot foto profil.

    Fitur yang sebelumnya hadir dalam versi Beta ini, sekarang sudah bisa pengguna WhatsApp seluruh Indonesia rasakan versi regulernya mulai pada tanggal 14 Maret 2024.

    Fitur ini nantinya akan menambah proteksi ganda atas data pribadi berupa gambar profil pengguna WA dari tindak kriminal seperti penipuan. Awalnya, WhatsApp telah meresmikan kebijakan di mana pengguna tidak dapat download gambar profil dengan tujuan sama.

    Kini, dengan pemblokiran tangkap layar, pengguna akan semakin terjamin keamanannya. Khususnya dari penyalahgunaan gambar profil oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

    Bagaimana Cara Kerjanya?

    Saat pengguna mencoba melakukan capture gambar profil orang lain, WhatsApp tidak akan menampilkan layar hitam. Melainkan sebuah notifikasi bertuliskan “Tidak dapat mengambil tangkapan layar: mengambil screenshot tidak diizinkan oleh aplikasi atau organisasi”. Bunyi pemberitahuan ini berbeda-beda tergantung pada perangkat.

    Hal ini berlaku sewaktu pengguna mengetuk akun profil seseorang kemudian membuka gambarnya secara penuh. Meski tidak bisa mengambil tangkapan layar, nyatanya pihak Meta tetap mengizinkan pengguna untuk melakukan screenshot melalui obrolan grup.

    Pengguna juga bisa melihat gambar profil orang lain di daftar chat, grup, dan status. Terkecuali, pengguna yang bersangkutan melakukan pengaturan privasi yang mengecualikan kamu sebagai pelihat aktivitas WA-nya. Pengguna juga bisa meng-capture gambar profil mereka sendiri kemudian membagikannya kepada orang lain.

    whatsapp 2

    Alasan WhatsApp Rilis Fitur: Blokir Screenshot Foto Profil

    Tim WhatsApp sangat memahami bahwa gambar profil merupakan bagian penting dari identitas pribadi pengguna. Oleh karena itu, WhatsApp ingin memastikan bahwa pengguna memiliki kontrol penuh atas siapa yang bisa melihat dan menyimpan gambar profil mereka.

    Pemblokiran tangkap layar gambar profil diharapkan bisa memberikan beberapa manfaat, antara lain.

    • Keamanan data privasi pengguna meningkat hal ini karena kebijakan ini meminimalisir risiko penyalahgunaan gambar profil, seperti penipuan dan pencurian identitas.
    • Memberikan kontrol lebih kepada pengguna. Dengan begitu, pengguna bisa menentukan siapa yang dapat melihat gambar profil mereka.
    • Meningkatkan rasa aman dan nyaman pengguna saat menggunakan WhatsApp.

    Hadirnya fitur baru ini mendapat tanggapan positif dari banyak pengguna WhatsApp. Hal ini karena pengguna WA merasa bahwa fitur ini sangat penting untuk menjaga data pribadi mereka.

    Meski bukan satu-satunya fitur yang melindungi keamanan pengguna, masih ada pengaturan privasi gambar profil, file media dengan izin sekali lihat, juga privasi status setidaknya fitur ini menambah keamanan data privasi. Nantinya, fitur ini akan terpasang secara default karena belum tersedia opsi menonaktifkan kebijakan ini.

    Pemblokiran screenshot foto profil merupakan langkah maju dari WhatsApp dalam meningkatkan keamanan privasi pengguna. Fitur ini diharapkan bisa memberi rasa aman dan nyaman bagi pengguna saat menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berkirim pesan.

    Dapatkan informasi seputar teknologi terbaru di OLX. Segera download aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store, sekarang!.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait