Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    BeritaTiru Strategi Xpander, Mitsubishi Motors Siap Menggebrak Segmen SUV

    Tiru Strategi Xpander, Mitsubishi Motors Siap Menggebrak Segmen SUV

    “Tingkat kemiripan XFC Concept menjadi mobil The New SUV sebenarnya agak sulit dijelaskan. Tapi kami memastikan bentuk kemiripannya di atas 80-90%. The New SUV Mitsubishi akan mengisi segmen Compact SUV, ukurannya sedikit lebih besar. Kenyamanannya jauh lebih baik, karena luas dan dashboard lebih futuristik. Itu yang akan kami tawarkan dari segi eksterior, interior dan dari segi fungsi serta fitur-fiturnya.”

    News.OLX – Tak ada yang bisa menyangkal bahwa kehadiran Mitsubishi Xpander di tahun 2017 silam telah membawa pergeseran selera konsumen dari model MPV yang begitu-begitu saja ke model MPV berdesain futuristik dan bergaya mewah.

    Sejak kehadirannya, konsumen di Indonesia lantas tidak lagi hanya melirik Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio maupun Suzuki Ertiga. Bahkan jika saja julukan ‘mobil sejuta umat’ itu tidak lebih dulu disematkan kepada Avanza karena sudah hadir lebih dulu, bukan tidak mungkin sekarang ini malah Mitsubishi Xpander-lah yang bakal menyandang julukan tersebut.

    Bahkan hanya dalam kurun waktu singkat, yakni empat tahun saja (2017 – 2021) populasi Mitsubishi Xpander sudah nyaris menyentuh angka 200.000 unit. Artinya setiap bulan dalam periode tersebut, MPV fenomenal ini mencatat SPK rata-rata 4.000 unit. Prestasi yang tentunya sangat membanggakan, meskipun harus terjepit diantara model MPV yang sudah lebih dulu eksist.

    Nampaknya cerita sukses Xpander ini bakal diulang kembali oleh Mitsubishi Motors di segmen SUV. Segmen ini sendiri beberapa tahun terakhir berhasil menciptakan kondisi pasar yang sangat positif karena angkanya terus meningkat dari tahun ke tahun.

    Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) lantas melihat ini sebagai peluang untuk kembali membuat sebuah gebrakan dengan rencana menghadirkan sebuah model SUV baru untuk kembali ditawarkan kepada konsumen di Tanah Air.

    Strateginya juga mirip-mirip dengan yang pernah dilakukan pada Xpander. Hadir menggoda dalam bentuk prototype atau mobil konsep dan tak lama setelah itu meluncur dalam bentuk produksi massal. Menariknya, karena ternyata tampilan konsep dengan versi yang dijual tidak terlalu jauh berbeda. 

    The New SUV

    Nah, The New SUV dari Mitsubishi Motors ini sebelumnya sudah diperkenalkan di ajang IIMS 2023 bulan Februari kemarin. Saat itu masih dilabeli nama XFC Concept. Malah mobil SUV konsep ini juga sudah diboyong ke 6 kota besar di Indonesia agar masyarakat semakin aware dengan rencana kehadirannya.

    “Mobilnya macho banget dan sangat cocok buat eksekutif. Saya penasaran nantinya jadi seperti apa. Kalau cocok saya pertimbangkan untuk beli. Buat nambah bukan untuk ditukar, karena saya percaya dan yakin dengan kualitas mobil-mobil buatan Mitsubishi,” ungkap Widodo, salah satu member Komunitas Mitsubishi Xpander Indonesia Chapter Semarang saat melihat wujud XFC Concept di pameran Mitsubishi Motors di Semarang.

    Pertanyaannya, apakah nanti bentuk dari XFC Concept ini bakal semirip The New SUV seperti yang dilakukan Mitsubishi Motors pada model Xpander?

    Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI langsung merespon pertanyaan ini. “Tingkat kemiripan XFC Concept menjadi mobil The New SUV sebenarnya agak sulit dijelaskan. Tapi kami memastikan bentuk kemiripannya di atas 80-90%. The New SUV Mitsubishi akan mengisi segmen Compact SUV, ukurannya sedikit lebih besar. Kenyamanannya jauh lebih baik, karena luas dan dashboard lebih futuristik. Itu yang akan kami tawarkan dari segi eksterior, interior dan dari segi fungsi serta fitur-fiturnya,” sebutnya saat press conference IIMS Surabaya (31/5/2023).

    The New SUV akan memanfaatkan warisan kekuatan brand dalam pengembangan kendaraan, dimana pada model baru ini Mitsubishi Motors bakal menampilkan sebuah SUV penuh gaya yang kokoh, autentik namun futuristik. 

    “Overall penampilannya keren, cuma gak tahu kan, mobilnya masih belum produksi. Tapi harapan saya kalau jadi nanti versi produksinya beneran ada panoramic atau sunroof, apalagi jika 90% tampangnya seperti ini,” sebut Gatot, Wiraswasta asal Surabaya yang melihat langsung wujud XFC Concept saat diperkenalkan di Surabaya.

    “Kalau ada rejeki pasti saya beli, soalnya kalau saya lihat dari segi mesin, saya percaya sama Mitsubishi mobilnya kuat, soalnya sekarang pun saya pakai Xpander,” pungkasnya. 

    Di ajang pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2023 mendatang, Mitsubishi Motors sudah memastikan rencana World Premiere untuk model The New SUV ini. Mari kita tunggu gebrakan baru Mitsubishi Motors di segmen SUV ini, apakah The New SUV ini bisa mengulang kembali prestasi Xpander?

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait