Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    BeritaToyota Berencana Bikin Starlet Versi Gazoo Racing, Bakal Dibekali DNGA

    Toyota Berencana Bikin Starlet Versi Gazoo Racing, Bakal Dibekali DNGA

    Toyota Gazoo Racing mau bikin GR Starlet dengan tampilan lebih agresif dan performa lebih tangguh. Ini bocoran spesifikasinya.

    News.OLX – Toyota Gazoo Racing kembali dengan rencana ambisiusnya. Setelah sukses dengan GR Supra, GR 86, GR Yaris, dan GR Corolla, kini divisi TGR berniat menghidupkan kembali Starlet versi GR dengan model baru yang fresh.

    Produsen mobil asal Jepang ini akan menghadirkan mobil hatchback Toyota Starlet dengan desain lebih agresif dan performa lebih tangguh. Nantinya, mobil ini akan berstatus hot hatch berperforma tinggi yang siap meramaikan ajang balap reli, khususnya Rally 4.

    Sebenarnya, rencana ini bukanlah hal yang sangat “baru” dan menggemparkan, karena Toyota Afrika Selatan belum lama ini juga melakukan perubahan pada Suzuki Baleno menjadi GR Starlet.

    Di sisi lain, Starlet sendiri sudah cukup dikenal oleh pegiat otomotif. Hal ini karena mobil hatchback mungil bertenaga ini tergolong legendaris dengan pamor cukup fantastis di era 90an.

    Tentu realisasinya bukan sebatas menghidupkan kembali, tetapi menghadirkan pembaruan yang fresh dan menampilkan kesan lebih agresif dengan tambahan sentuhan performa khas GR.

    Banyak juga yang menduga bahwa Toyota telah menggarap GR Starlet selama beberapa waktu ini. Bahkan, pengerjaannya mendapat dukungan dari Daihatsu New Global Architecture atau DNGA.

    Tersiar kabar juga bahwa GR Starlet hanya akan fokus pada reli dan berkompetisi di kelas Rally 4 bersama para kompetitor, seperti Renault Clio, Peugeot 208, dan Ford Fiesta. 

    Bocoran Spesifikasi

    Toyota GR Starlet

    Dari sumber yang sama, Toyota akan mengeluarkan GR Starlet dengan dimensi yang lebih besar. Panjangnya bertambah 17 cm dari ukuran standar. Meski begitu, ukurannya masih tergolong ringkas dan ringan. Bahkan, bobotnya 300 kg lebih enteng dari GR Yaris.

    Dari penampilan, GR Starlet akan tampil lebih garang. Hal ini tampak dari fender dan track roda yang berdesain lebih lebar, juga bumper depan dan belakang yang tampak ganas.

    Sama seperti Yaris dan Corolla versi GR, nantinya GR Starlet akan mengusung mesin 3-silinder turbocharged yang berbasis 1.6 L. 

    Kapasitas bensinnya sendiri bisa dirampingkan menjadi 1,3 L. Tenaganya pun ikut mendapat batasan sekitar 150 Tk, angka ini tentu setengah dari Yaris dan Corolla. Sedangkan dari sisi percepatan, Toyota menyematkan transmisi manual dengan 6 percepatan dan transmisi otomatis 8 percepatan.

    Sayangnya, GR Starlet tidak mengusung AWD atau sistem penggerak semua roda seperti saudaranya yang lain; GR Supra, GR 86, GR Yaris, dan GR Corolla. Menyoal harga, GR Starlet akan meluncur di pasar Jepang dengan harga kisaran Rp260 jutaan hingga Rp290 jutaan.

    Meski belum jelas apakah mobil ini akan meramaikan kancah otomotif Indonesia. Tetap update informasimu agar tak ketinggalan berita terbaru.

    Dapatkan berita-berita pilihan menarik melalui OLX. Kamu juga bisa download aplikasi OLX melalui Google Play Store atau App Store untuk akses lebih praktis.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait