Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    BeritaToyota Ekspor Yaris Cross Hybrid Made In Karawang, Persembahan Indonesia Untuk Dunia

    Toyota Ekspor Yaris Cross Hybrid Made In Karawang, Persembahan Indonesia Untuk Dunia

    News.OLX – Setelah resmi meluncur di bulan Mei 2023 kemarin, Toyota Yaris Cross yang diproduksi di Karawang, Jawa Barat, hari ini, Selasa, 13 Juni 2023 akhirnya resmi diekspor ke pasar global. 

    Model ini menjadi bagian dari komitmen Toyota Indonesia dalam mendukung program Pemerintah mengurangi emisi dengan memberikan lebih banyak pilihan model elektrifikasi dan kendaraan hemat bahan bakar bagi beragam lapisan konsumen.

    Adapun model yang dikirim terdiri dari seluruh model, yakni Yaris Cross tipe Bensin dan Hybrid Electric Vehicle (HEV).

    Yaris Cross sendiri menjadi model kendaraan elektrifikasi kedua yang diproduksi di pabrik TMMIN Karawang 1 dan 2, Karawang Barat setelah Toyota Innova Zenix Hybrid dengan angka investasi mencapai hingga Rp2,5 triliun.

    “Yaris Cross buatan Indonesia dengan kandungan lokal 80% baik versi bensin maupun HEV juga ditujukan untuk pasar ekspor ke negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Asia, sehingga kami berharap dapat juga memberikan kontribusi ekonomi bagi bangsa Indonesia,” ujar Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono, Selasa (13/6/2023).

    Yaris Cross Ekspor

     

     

    Ekspor perdana Yaris Cross dihadiri langsung oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita. 

    “Pemerintah saat ini memprioritaskan pengembangan elektrifikasi. Kita ingin mempercepat pembentukan ekosistem teknologi kendaraan berbasis baterai. Pabrikan otomotif sendiri memiliki strategi masing-masing untuk mencapai targetnya. Dan kita ketahui teknologi engine akan dan terus berevolusi, tidak pernah mencapai titik final. Satu sama lain saling berkompetisi. Indahnya bagi kita, karena dengan kompetisi ini, sadar atau tidak sadar, masing-masing berupaya memproduksi engine yang ramah lingkungan. Intinya yang kami inginkan dari industri otomotif ini adalah menciptakan produk-produk dalam konteks besar green mobility,” tegasnya.

    Menurutnya Toyota adalah pahlawan di Indonesia yang sudah hadir menemani masyarakat selama 50 tahun. 

    “Toyota merupakan hero company di Indonesia, Pemerintah mengapresiasi Toyota yang sudah 50 tahun tumbuh berkembang bersama masyarakat. Kontribusinya untuk devisa negara juga sangat tinggi. Berkaitan dengan Yaris Cross yang saat ini sudah diproduksi dan siap diekspor, dengan angka investasi mencapai Rp2,5 triliun, kami harap produk ini memperoleh sambutan positif, baik di pasar domestik maupun di pasar global di 25 negara tujuan ekspor,” tambahnya.

    Toyota Indonesia di tahun ini menargetkan ekspor Yaris Cross versi bensin dan HEV mencapai hingga lebih dari 22.000 unit, yang akan dikirim ke berbagai negara di kawasan Amerika Latin dan Asia dengan total mencapai 25 negara. Dan di tahun 2025 nanti angkanya ditargetkan bisa mencapai 40.000 unit.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait