Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    ReviewToyota GR Supra Sudah Eksis Sejak 1970-an, Seperti apa Sejarahnya?

    Toyota GR Supra Sudah Eksis Sejak 1970-an, Seperti apa Sejarahnya?

    Begini perjalanan Toyota GR Supra yang sudah eksis selama lebih dari 40 tahun.

    News.OLX – Toyota GR Supra, sebuah mobil sport ikonik yang telah melintasi berbagai era, terus mengukir sejarahnya dalam industri otomotif. Dikenal luas melalui penampilannya dalam film dan game balap, Supra memiliki sejarah panjang yang patut diapresiasi.

    Ditelisik ke kebelakang, Toyota GR Supra memiliki sejarah panjang. Toyota GR Supra merupakan mobil sport buatan Jepang yang di produksi sama Toyota Motor Corporation dari tahun 1978 sampai 2009.

    Lantas, seperti apa sejarah perjalanan mobil yang masih disegani hingga saat ini tersebut? Berikut ulasan sejarah singkatnya.

    Berawal dari Celica Supra 1978 – 1981

    Pada tahun 1978, Toyota Motor Corporation memperkenalkan Celica Supra, yang menjadi cikal bakal dari legenda Supra. Model ini, yang berbagi platform dengan Toyota Celica, memiliki desain yang lebih padat dan mesin yang lebih garang.

    Dengan kode MA47, Celica Supra disebut juga Celica XX di Jepang. Mesin inline-6 2.6 liter dengan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) memberikan tenaga 110 hp dan torsi 196 Nm, sementara fitur-fitur modern seperti sunroof, power windows, dan AC membuatnya unggul pada zamannya.

    Toyota GR Supra Generasi kedua 1981 – 1986

    Masuk dekade 80-an, Toyota melanjutkan kisah sukses Supra dengan meluncurkan generasi kedua pada tahun 1981. Model ini masih tergabung dalam keluarga Celica, tetapi desainnya lebih modern dengan lampu depan yang bisa ditarik ke atas, menambahkan sentuhan gaya yang unik.

    Supra A60 punya dua mesin, 2.0 liter inline-6 dan 2.8 liter inline-6. Ini merupakan Supra terakhir yang menggunakan embel-embel Celica pada mobil tersebut.

    Toyota GR Supra Generasi Ketiga 1986 – 1992

    Puncak inovasi terjadi pada tahun 1986 dengan munculnya Supra generasi ketiga atau MK III. Desain aerodinamis dan mesin inline-6 3.0 liter dengan turbocharger meningkatkan performa, menghasilkan 232 hp dan 254 lb-ft torsi.

    Fitur-fitur modern seperti audio premium dan rem ABS standar untuk versi Turbo menandai kecanggihan Supra ketiga. Suspensinya juga bisa disetel sesuai keinginan pengendara. Cukup canggih untuk mobil era 80-an, ya!

    Si paling legendaris, Supra MK IV (1993 – 2002)

    Puncak kejayaan Supra datang dengan generasi keempat alias MK IV. Mobil ini mulai diproduksi dari tahun 1993 hingga 2002.

    Mesin inline-6 3.0 liter dengan turbocharger dan intercooler memberikan tenaga 320 hp dan 315 lb-ft torsi untuk versi Turbo. Dengan transmisi manual 6-speed dan kontrol traksi elektronik, Supra MK IV menjadi salah satu mobil sport paling legendaris dari Jepang.

    Fitur-fitur canggih seperti audio premium, GPS, dan kamera mundur membuatnya tetap relevan. Yang menarik, mobil ini memiliki desain garang dan modern serta memiliki ruang kemudi layaknya kokpit pesawat tempur.

    Jadi tidak heran kalau Supra generasi keempat ini menjadi salah satu mobil Jepang paling ikonik! Setuju, kan?

    toyota gr supra (1)

    Toyota GR Supra pakai basis mobil BMW 2019 – sekarang

    Setelah vakum selama beberapa tahun, Toyota kembali menghadirkan Supra pada tahun 2019 dengan generasi terbaru, GR Supra. Dalam kolaborasi dengan BMW, mobil ini berbagi basis dengan BMW Z4.

    Mesin inline-6 3.0 liter dengan turbocharger menghasilkan tenaga 335 hp dan 365 lb-ft torsi, sementara transmisi otomatis 8-speed dan kontrol traksi elektronik menawarkan performa yang luar biasa.

    Dengan desain yang terinspirasi dari generasi sebelumnya, GR Supra tetap mempertahankan modernitas dan aerodinamika.

    Dengan hadirnya mobil yang juga dikenal sebagai “A90” ini, menandakan bahwa Toyota GR Supra terus melangkah maju, menjelajahi inovasi dan meninggalkan jejak legendaris dalam sejarah otomotif.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu juga bisa cari mobil bekas impianmu dengan download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait