Toyota Astra Motor selaku distributor mobil Toyota di Tanah Air mengumumkan recall atau penarikan kembali terhadap produknya yang dipasarkan di Indonesia karena ada masalah pada fuel pump atau komponen pompa bahan bakar.
Tidak disebutkan total mobil yang dilakukan recall, hanya saja berdasarkan hasil pengecekan, tahun produksi model mobil Toyota yang masuk ke dalam aktivitas ini antara 2017-2019. Nah, berikut daftarnya :
– Alphard tahun produksi 2017-2019
– C-HR tahun produksi 2018-2019
– Corolla tahun produksi 2019
– Camry tahun produksi 2019
– Voxy tahun produksi 2018-2019
– Kijang Innova tahun produksi 2018-2019
– Fortuner tahun produksi 2018-2019
– Hilux tahun produksi 2019
– Avanza tahun produksi 2017-2019
– Rush tahun produksi 2017-2019.
Berdasarkan keterangan tertulis Toyota, recall yang dilakukan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjamin kualitas produk dan menjaga keamanan serta keselamatan pelanggan.
Sementara menurut Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, aktivitas recall yang dilakukan Toyota sejalan dengan global initiative principal Toyota Motor Corp dan tentunya telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan.
“Kami berterima kasih atas respon yang cepat dan aktif dari pelanggan selama ini, sehingga persentase kendaraan yang sudah diperbaiki cukup tinggi,” ungkap Henry.
Pergantian gratis
Aktivitas recall yang meliputi proses pengecekan dan penggantian parts pada mobil yang terindikasi sama sekali tidak dibebankan kepada konsumen, atau tidak dikenakan biaya alias gratis.
Untuk proses penggantian, pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dahulu, agar dealer dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti.
Diperkirakan, pengerjaan pengecekan dan penggantian fuel pump ini berlangsung sekitar 2—4 jam. Pemeriksaan dapat dilakukan di bengkel resmi Toyota, yang secara keseluruhan jaringan bengkel Toyota sudah mencapai 298 unit yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.
Adapun Toyota akan menginformasikan masalah recall ini kepada pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, baik melalui surat resmi maupun melalui media massa dan situs resmi Toyota.
Pelanggan bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telepon 1-500-315.
Selain itu, konsumen yang merasa mobilnya termasuk dari bagian recall Toyota dapat juga mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc untuk melakukan pengecekan, dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam program recall Toyota.
Jika kendaraannya masuk ke dalam program ini, maka pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat atau yang diinginkan, untuk dilakukan pengecekan dan penggantian komponen kendaraan jika diperlukan.
Khusus Toyota Hilux
Khusus Toyota Hilux, Toyota menghimbau pemilik Hilux dengan tahun produksi Juni—Desember 2018 untuk melakukan pengecekan dan jika diperlukan melakukan penggantian pada komponen brake booster.
Hal itu disebabkan karena adanya potensi yang dapat mempengaruhi mekanisme kinerja proses pengereman. Pengerjaan pengecekan dan penggantian brake booster ini berlangsung sekitar 0.5 – 3.5 jam.