Jumat, Juni 14, 2024
Lainnya
    Tips & TrikAwas Salah Hitung! Segini Ukuran Untuk Garasi Mobil

    Awas Salah Hitung! Segini Ukuran Untuk Garasi Mobil

    Memiliki garasi mobil di rumah merupakan hal yang penting. Ini bukan hanya tempat parkir kendaraan, melainkan juga tempat perlindungan dan keamanan mobil kamu dari cuaca yang ekstrim seperti panas terik matahari, hujan deras, atau salju tebal. 

    News.OLX – Garasi mobil yang baik tidak hanya melindungi dari panas terik matahari, hujan deras, atau salju tebal, tetapi juga mencegah kerusakan akibat paparan elemen-elemen alam tersebut. 

    Namun, sebelum kamu memutuskan untuk membangun atau menyewa garasi mobil, ada satu pertanyaan penting yang harus kamu jawab, yakni, seberapa besar garasi yang kamu butuhkan? 

    Ukuran yang tepat untuk garasi mobil adalah faktor kunci dalam memastikan kenyamanan dan keamanan saat memarkirkan kendaraan kamu. 

    Di dalam artikel ini, kami akan membahas ukuran garasi mobil yang ideal berdasarkan undang-undang yang berlaku dan panduan desain yang bijaksana.

    Ukuran garasi mobil menurut Undang-Undang Lalu Lintas

    Kamu mungkin berpikir bahwa memiliki mobil berarti kamu berhak untuk memarkirkannya di mana saja yang kamu inginkan. Namun, undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan raya di Indonesia telah mengatur kewajiban pemilik mobil untuk memiliki garasi yang memadai.

    Baca juga: Ukuran yang Tepat Supaya Panjang Mobil Avanza Masuk Garasi

    Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (UU LLAJ) secara tegas menyatakan bahwa pemilik kendaraan roda empat wajib memarkirkan kendaraannya secara benar. 

    Jika tidak mematuhi aturan ini dan mengganggu orang lain, sanksi yang dikenakan dapat mencakup pidana kurungan hingga denda yang signifikan.

    Selain UU LLAJ, Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan (PP Jalan) juga melarang penggunaan ruang jalan umum untuk kepentingan pribadi yang mengganggu fungsi jalan. 

    Ini termasuk tindakan seperti penumpukan barang di bahu jalan, berjualan di badan jalan, parkir sembarangan, atau berhenti untuk keperluan selain darurat.

    Sanksi dan peraturan daerah

    Beberapa daerah di Indonesia, seperti Jakarta dan Depok, telah menjatuhkan sanksi administratif bagi pelanggar peraturan mengenai kepemilikan garasi. Sanksi tersebut mencakup teguran tertulis, denda administratif, pembekuan izin, pencabutan izin, dan sanksi administratif lainnya.

    Baca juga: Punya Mobil Harus Siapkan Garasi, Temukan Inspirasi Garasi Impian Anda Di Sini!

    Dengan demikian, penting untuk memahami peraturan dan sanksi di daerah kamu sebelum memutuskan untuk membeli mobil. Pastikan kamu memiliki lahan parkir yang memadai sesuai dengan peraturan yang berlaku di wilayah kamu.

    Rumus ukuran garasi mobil ideal

    Sebagai pemilik mobil yang bijaksana, kamu mungkin bertanya-tanya, “Berapa besar seharusnya garasi mobil saya?” Jawabannya tergantung pada ukuran mobil kamu. Ukuran mobil yang lebih besar memerlukan garasi yang lebih besar pula.

    Untuk panjang garasi, kamu sebaiknya menambahkan sekitar 100 cm hingga 120 cm dari ukuran panjang mobil kamu. 

    Lebar garasi juga harus ditambahkan sekitar 100 cm dari ukuran lebar mobil kamu. Hal ini membantu mencegah goresan atau kerusakan saat memasukkan atau mengeluarkan mobil dari garasi.

    Baca juga: Mobil Parkir Lama di Garasi, Perlukah Ganti Oli Mesin?

    Tinggi garasi juga perlu diperhatikan dengan menambahkan sekitar 100 cm dari tinggi mobil kamu agar kaca mobil tidak pecah atau tergores saat parkir di dalam garasi. 

    Jika lahan tempat garasi cenderung miring atau curam, pastikan mobil dapat diparkir dengan stabil tanpa risiko tergelincir atau bergeser.

    Aksesibilitas dan kenyamanan

    Selain ukuran, kamu juga harus memperhatikan aksesibilitas dan kenyamanan saat menentukan ukuran garasi yang tepat. 

    Pastikan mobil dapat masuk dan keluar dari garasi dengan mudah tanpa mengganggu aktivitas lain di sekitarnya. Pilih letak garasi yang memudahkan akses mobil dan tidak mengganggu tata ruang rumah kamu.

    Bagaimana jika punya dua mobil?

    Jika kamu memiliki dua mobil, ukuran garasi yang ideal akan bergantung pada jenis mobil yang akan diparkir di dalamnya. Namun, secara umum, ukuran minimum untuk sebuah garasi mobil ganda adalah 6 meter lebar dan 6 meter panjang. 

    Baca juga: Dimensi Hyundai Stargazer Agar Masuk Garasi

    Ukuran ini memungkinkan kamu untuk parkir dua mobil dengan aman dan nyaman. Namun, sebaiknya tambahkan beberapa meter lagi baik untuk panjang maupun lebar garasi agar mobil dapat diparkir dengan lebih mudah tanpa merusak mobil lainnya atau dinding garasi.

    Fasilitas garasi

    Selain ukuran, kamu juga harus mempertimbangkan fasilitas garasi yang ideal. Pastikan pintu masuk garasi cukup lebar, minimal sekitar 2,4 meter, agar mobil dapat masuk dan keluar dengan mudah. 

    Perhatikan juga ketinggian langit-langit garasi, terutama jika kamu memiliki mobil yang lebih besar seperti SUV atau truk. Ketinggian yang cukup memastikan mobil tidak akan bersentuhan dengan atap garasi saat masuk atau keluar.

    Baca juga: Tips Belajar Parkir Paralel Untuk Pemula, Mudah dan Auto Lancar!

    Terakhir, pastikan garasi memiliki sistem ventilasi yang baik untuk menghindari masalah kelembaban dan bau yang tidak sedap. Jendela atau ventilasi tambahan dapat membantu mengalirkan udara segar ke dalam garasi.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait