Minggu, Juli 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikWajib Dicek Saat Membeli Mobil Bekas, Apa Itu Nomor Rangka Mobil?

    Wajib Dicek Saat Membeli Mobil Bekas, Apa Itu Nomor Rangka Mobil?

    Apa tujuan mengecek nomor rangka mobil sebelum membelinya?

    News.OLX – Mengecek nomor rangka mobil atau Vehicle Identification Number (VIN) merupakan suatu anjuran yang penting untuk dilakukan sebelum kamu membeli mobil bekas. Hal ini agar kamu terhindar dari tindakan kriminalitas semacam pencurian mobil.

    Nomor rangka kendaraan ini merupakan serangkaian 17 digit yang terdiri dari kombinasi unik angka dan huruf, dan berfungsi sebagai bukti otentikasi kendaraan. Setiap digit dalam nomor rangka ini memiliki peranannya masing-masing. 

    Lantas, bagaimana peran penting nomor rangka mesin serta tujuannya dalam mencegah kejahatan? Berikut penjelasannya.

    Penomoran rangka

    Tiga digit pertama adalah World Manufacturer Identification (WMI), yang menunjukkan pabrikan atau produsen kendaraan.  

    Digit ke-4 hingga ke-9 adalah bagian dari Vehicle Descriptor Section (VDS), yang mengandung informasi tentang tipe atau model kendaraan, serta karakteristik lainnya. 

    Sementara itu, delapan digit terakhir adalah Vehicle Identifier Section (VIS), yang secara khusus mengidentifikasi kendaraan tertentu.

    Peran nomor rangka

    Nomor rangka kendaraan ini memiliki peran yang sangat penting dalam proses identifikasi kendaraan di berbagai negara. 

    Informasi yang terkandung dalam kode nomor rangka ini mencakup tempat perakitan kendaraan, tipe atau model kendaraan, tahun produksi, jenis mesin, dan berbagai detail lainnya. 

    Oleh karena itu, memeriksa nomor rangka kendaraan sebelum membeli mobil bekas sangatlah krusial.

    Salah satu alasan utama mengapa kamu harus memeriksa nomor rangka kendaraan adalah untuk memastikan bahwa kendaraan bekas yang akan kamu beli adalah sah, legal, dan bukan merupakan kendaraan hasil kegiatan ilegal seperti pencurian atau perdagangan gelap. 

    Keselarasan setiap karakter dalam nomor rangka ini dengan yang tercatat di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) sangatlah penting.

    Apabila terdapat ketidaksesuaian antara nomor rangka kendaraan dengan dokumen resmi seperti STNK dan BPKB, hal ini dapat mengindikasikan bahwa kendaraan yang akan kamu beli adalah ilegal atau tidak sah. 

    Baca juga: Catat! Ini 22 Bengkel Auto2000 di Jakarta yang Berikan Uji Emisi Gratis

    Membeli kendaraan seperti ini dapat berpotensi menimbulkan masalah hukum dan administratif di masa depan, dan kamu berisiko terlibat dalam transaksi yang merugikan.

    Selain itu, nomor rangka kendaraan juga diperlukan untuk keperluan administratif seperti pembayaran pajak atau perpanjangan STNK. 

    Ketika nomor rangka kendaraan tidak sesuai dengan dokumen resmi, hal ini dapat menyulitkan proses administratif dan pembayaran pajak kendaraan.

    Cara memeriksa nomor rangka mobil 

    Untuk memeriksa nomor rangka kendaraan, kamu dapat melakukan berbagai langkah yang sederhana dan mudah dilakukan. Namun, perlu diingat bahwa proses pemeriksaan nomor rangka ini harus dilakukan secara teliti dan hati-hati.

    Identifikasi lokasi nomor rangka mobil

    Pertama-tama, kamu perlu mengetahui lokasi di mana nomor rangka kendaraan biasanya terletak. Pada mobil dengan model monocoque, nomor rangka seringkali terletak di bawah jok kursi depan. 

    Sementara pada mobil dengan sasis, nomor rangka kendaraan biasanya terdapat pada bagian sasis kendaraan.

    Periksa kesesuaian nomor rangka mobil dengan dokumen resmi

    Setelah menemukan nomor rangka kendaraan, pastikan untuk memeriksa kesesuaian nomor tersebut dengan dokumen resmi seperti STNK dan BPKB. Keselarasan antara nomor rangka dan dokumen resmi merupakan tanda bahwa kendaraan tersebut adalah sah dan legal.

    Cek informasi tambahan

    Selain nomor rangka, pastikan juga untuk mencermati informasi tambahan yang terdapat pada nomor rangka tersebut. 

    Informasi ini mencakup tempat perakitan kendaraan, tipe atau model kendaraan, tahun produksi, dan berbagai karakteristik lainnya. Memahami informasi ini dapat membantu kamu memastikan keaslian kendaraan.

    Pemeriksaan dengan aplikasi mobile 

    Untuk mempermudah proses pemeriksaan nomor rangka kendaraan, kamu dapat menggunakan aplikasi “Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta” yang tersedia di Google Play Store. 

    Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memeriksa nomor rangka kendaraan secara online tanpa harus datang ke kantor kepolisian atau membawa berbagai dokumen fisik.

    Prosesnya melibatkan log masuk menggunakan akun Google, memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan plat nomor kendaraan. 

    Setelah itu, aplikasi akan memberikan informasi lengkap mengenai nomor rangka kendaraan, nomor polisi mobil, pajak kendaraan, dan berbagai detail lainnya.

    Jika kendaraanmu tidak memiliki plat nomor dengan kode awalan B atau berada di luar wilayah hukum Jakarta, kamu masih tetap dapat memeriksa nomor rangka kendaraan secara online melalui situs web resmi yang sesuai dengan wilayahmu. 

    Caranya cukup mudah: kamu hanya perlu memasukkan plat nomor kendaraan, dan informasi lengkap tentang kendaraan akan ditampilkan.

    Itu adalah alasan pentingnya pemeriksaan nomor rangka kendaraan secara teliti Melalui pemeriksaan nomor rangka kendaraan yang cermat, kamu dapat memastikan bahwa mobil bekas yang akan kamu beli adalah sah, aman, dan memiliki kualitas yang baik. 

    Dengan melakukan pemeriksaan ini, kamu dapat menghindari risiko terlibat dalam transaksi yang merugikan dan menghindari masalah hukum di masa depan.

    Selain menyoal mesin pincang, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait