Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    Tips & Trik4 Cara Memilih Gitar Elektrik untuk Pemula

    4 Cara Memilih Gitar Elektrik untuk Pemula

    Gitar elektrik tidak bisa asal pilih, terutama untuk para pemula. Simak cara memilih yang tepat di sini!

    News.OLX – Apakah kamu berencana membeli gitar elektrik? Jika ya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan lebih dulu sebelum membeli gitar pilihanmu.

    Hal ini penting agar kamu bisa mendapatkan gitar dengan kualitas terbaik dan tentunya yang sesuai dengan keinginan kamu. Karena itu, berikut cara memilih gitar elektrik yang tepat untuk pemula.

    1. Cari yang Sesuai Budget

    Ketika ingin membeli gitar elektrik pertama, kamu tentu menginginkan pilihan yang terbaik dengan kualitas tertinggi. Namun, tentunya kualitas tinggi ini dibarengi dengan harga yang juga tinggi.

    Sedangkan, mungkin kemampuan kamu tidak bisa membeli gitar tersebut. Karena itu, sebelum memilih gitar yang ingin kamu beli, ada baiknya batasi pilihan lebih dulu berdasarkan budget yang kamu punya.

    Misalnya kamu memiliki budget sekitar Rp3 – Rp4 juta tetapi ingin gitar yang berkualitas tinggi. Bila seperti ini, pilihan kamu mungkin akan terbatas pada gitar second yang kualitasnya masih sangat baik.

    gitar elektrik (5)

    2. Pilih Neck Gitar Elektrik yang Sesuai Kenyamanan

    Cara memilih gitar elektrik selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah melihat dari neck gitar tersebut. Meskipun tampak sepele, nyatanya ini cukup penting dalam memilih gitar.

    Bila kamu memilih gitar dengan neck yang tidak kokoh, ini malah akan membuat setelan senar terus berubah. Sehingga, hasil suaranya tidak akan sesuai pitch atau fals.

    Karena itu, pilihlah neck yang cukup kokoh agar hal ini tidak terjadi. Selain itu, pilihlah juga yang nyaman di tangan kamu agar nantinya bisa maksimal saat memainkan gitar.

    3. Jenis Suara dan Jenis Kayu

    Tips lainnya saat akan memilih electric guitar adalah jenis suara dan kayunya. Keduanya ini saling berkaitan karena jenis kayu juga akan mempengaruhi output suara dari gitar yang akan kamu beli.

    Nah, untuk tips ini, kamu bisa pilih yang sesuai dengan selera kamu. Misalnya kamu ingin mencari gitar untuk genre rock, maka jenis kayu humbucker mungkin bisa jadi pilihan.

    Selain jenis kayu dan output suara, kualitas dari kayunya pun juga harus kamu perhatikan. Semakin baik kualitas kayu, suara yang gitar hasilkan pun juga akan semakin bagus.

    4. Cari Gitar Elektrik dengan Pickup yang Bagus

    Cara memilih gitar elektrik terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mencari yang memiliki pickup yang bagus. Ini penting karena jenis pickup akan mempengaruhi output suara dari gitar kamu.

    Ada tiga jenis pickup yang bisa kamu pilih, yaitu p90, humbucker dan single coil. Ketiganya ini akan menghasilkan jenis suara yang berbeda. Misalnya humbucker untuk genre rock n roll.

    Karena output suara dari ketiganya ini berbeda, kamu tidak bisa asal pilih. Kamu harus tentukan mana yang sesuai dengan genre yang kamu mainkan saat ini.

    Memilih gitar elektrik untuk pertama kalinya tidak bisa asal pilih yang mahal atau murah. Kamu harus tahu bagaimana kualitas, jenis suara dan kenyamanan dari electric guitar yang akan kamu beli.

    Nah, bila kamu ingin mencari electrik guitar maupun akustik, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store untuk pengalaman belanja yang lebih nyaman!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait