Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tekno4 Penyebab Instagram Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya

    4 Penyebab Instagram Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya

    Instagram dapat mengalami sejumlah gangguan sehingga tidak bisa dibuka. Ikuti empat cara sederhana ini untuk mengatasinya

    News.OLX – Instagram (IG) adalah salah satu platform media sosial paling populer di dunia, dengan jumlah pengguna aktif bulan mencapai 2 milyar orang pada kuarter ketiga 2022.

    Rilis pada tahun 2010 oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger, pada awalnya fokus utama IG adalah untuk berbagi foto. Namun, seiring waktu, platform ini mencakup berbagai fitur, termasuk Stories, IGTV, dan fitur-fitur lainnya.

    Mengingat ada beragam alasan penggunaan IG, pengguna tentu merasa gelisah apabila tidak dapat mengakses media sosial ini. Apa penyebabnya?

    Mengapa Instagram Tidak Bisa Dibuka?

    Terdapat sejumlah alasan mengapa IG terkendala akses. Beberapa penyebab Instagram tidak bisa dibuka meliputi:

    1. Gangguan Koneksi Internet

    Instagram

    Apabila koneksi internet tidak stabil, maka sulit untuk mengakses website atau aplikasi seperti Instagram. Jadi, cek koneksi internet kamu. Pastikan sinyal WiFi atau data seluler kuat dan stabil.

    Kalau kamu menggunakan WiFi, coba restart router atau perangkat modem. Solusi ini bisa membantu memperbaiki masalah koneksi yang mungkin kamu alami.

    Jika memungkinkan, coba akses IG melalui koneksi internet seluler atau hotspot WiFi lainnya untuk memastikan bahwa masalah bukan terletak pada satu sumber koneksi saja.

    Namun, beberapa jaringan atau perangkat mungkin menerapkan firewall yang menghalangi akses ke layanan tertentu. Oleh karena itu, periksa tidak ada firewall yang memengaruhi koneksi ke IG.

    Akan tetapi, apabila masalah terus berlanjut, kamu sebaiknya mencari bantuan dari provider internet.

    2. Aplikasi Lawas

    Penyebab Instagram tidak bisa dibuka lainnya adalah karena versi aplikasi yang sudah lawas. Itulah sebabnya kamu harus selalu menggunakan versi terbaru. Update ini umumnya mencakup perbaikan bug, peningkatan keamanan, dan fitur baru yang dapat memperbaiki masalah yang mungkin muncul dalam versi sebelumnya.

    Lakukan update melalui toko aplikasi pada HP (Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS). Cari aplikasi IG, dan apabila tersedia pembaruan, pilih opsi untuk meng-update aplikasi tersebut.

    Agar lebih praktis, aktifkan opsi update otomatis agar aplikasi diperbarui langsung begitu versi baru tersedia. Namun, apabila solusi ini tidak memperbaiki masalah, pertimbangkan untuk menghapus aplikasi lalu instal ulang versi terbaru.

    3. RAM Penuh

    Isu dengan RAM (Random Access Memory) pada HP juga bisa menyebabkan masalah dalam membuka atau menggunakan aplikasi, termasuk Instagram. Ini karena RAM berperan dalam menyimpan data yang sedang digunakan secara sementara oleh perangkat untuk menjalankan aplikasi dan proses lainnya.

    Apabila RAM penuh, HP cenderung melambat karena tidak memiliki ruang yang cukup untuk menangani aplikasi dan proses secara efisien. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan menutup aplikasi yang tidak kamu gunakan lagi agar tidak terus menghabiskan RAM.

    Selain itu, coba restart HP untuk membersihkan RAM dan memulai kembali dengan keadaan bersih. Kamu juga bisa mencoba menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang tidak kamu perlukan atau jarang kamu gunakan untuk mengosongkan RAM.

    4. Gangguan Layanan Instagram

    Terakhir, gangguan layanan juga termasuk alasan mengapa IG tidak bisa dibuka. Sebagaimana layanan online lainnya, Instagram dapat mengalami gangguan atau maintenance dari waktu ke waktu.

    Gangguan ini mungkin disebabkan oleh update sistem, peningkatan fitur, atau masalah teknis yang sedang diperbaiki oleh developer.

    Namun, untuk alasan yang satu ini, tidak ada hal yang bisa kamu lakukan selain memeriksa status layanan IG melalui website atau akun media sosial resminya. Di website tersebut, biasanya terdapat informasi terkait apa layanan sedang normal atau mengalami gangguan.

    Namun, apabila masalah tetap ada di luar empat penyebab di atas, tidak ada salahnya untuk menghubungi customer service Instagram untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

    Tertarik untuk upgrade HP? Saatnya menemukan gadget impianmu di OLX! Download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan akses cepat ke ribuan penawaran terbaru.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait