Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    InformasiKomunitas4th Anniversary BCM: Semakin Bangga Bersatu Untuk Kemanusiaan

    4th Anniversary BCM: Semakin Bangga Bersatu Untuk Kemanusiaan

    News.OLX – Kegiatan komunitas otomotif memang tidak jauh dari urusan touring dan kopdar, makin sering jalan-jalan atau kumpul-kumpul, sebuah komunitas jadi kelihatan lebih hidup dan semarak. 

    Inilah aturan yang berlaku di Bukan Club Motor atau BCM, komunitas sepeda motor lintas brand yang baru saja ngerayain hari jadinya yang keempat.

    4th Anniversary BCM digelar cukup meriah serta diisi dengan berbagai kegiatan positif oleh para member BCM dari berbagai chapter di Group House Situ Cileunca Pengalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, 5 – 7 Mei 2023. 

    Tak kurang dari 90 member BCM asal chapter Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Sukabumi dan Serang dan tuan rumah Bandung, meramaikan acara ini. 

    “Rasa syukur kami panjatkan atas terselenggaranya acara 4th Anniversarry BCM tanpa kekurangan apapun. Meski udara cukup dingin dan sempat hujan, tapi tidak mengendurkan semangat para member BCM untuk aktif mengikuti acara demi acara. Terima kasih kepada semua member yang hadir serta para pengurus BCM Nasional,” ujar Bro Rofi, Ketua Pelaksana acara dalam sambutannya, Sabtu (6/5/2023).

    Angkat Tema “Proud to Unite for Humanity”

    4th Anniversary BCM

    Bertepatan dengan hari jadinya yang keempat, BCM mengangkat tema besar “Proud to Unite For Humanity” atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Bangga Bersatu untuk Kemanusiaan”.

    Ini juga yang membedakan antara BCM dengan komunitas motor lainnya. Selama 4 tahun eksistensinya, BCM selalu berkomitmen untuk melaksanakan bakti sosial dimanapun mereka hadir.

    Pada kesempatan ini BCM menggelar acara santunan serta pemberian sembako kepada masyarakat kurang mampu yang ada di sekitar wilayah Pengalengan, Bandung, Jawa Barat.

    4th Anniversary BCM

    “Ini memang sudah menjadi komitmen kami, BCM, yang selalu berusaha untuk membantu siapapun di sekitar kami, khususnya di tempat-tempat yang kami datangi untuk menggelar acara touring. Tidak ada yang lebih penting selain menjadi komunitas yang bisa bermanfaat bagi orang banyak. Komitmen ini sangat pas dengan tema yang kami pakai di ulangtahun kami yang keempat, BCM bangga bersatu untuk kemanusiaan,” jelas Bro Mamet, Ketua Umum BCM di lokasi yang sama.

    Kegiatan bakti sosial lainnya yang digelar BCM adalah donor darah. Sejauh ini BCM terdaftar sebagai salah satu komunitas yang rutin tiga bulan sekali datang ke PMI untuk melakukan aksi donor darah. 

    Keseruan Acara 4th Anniversary BCM

    4th Anniversary BCM

    Puncak perayaan 4th Anniversary BCM ditandai dengan perjalanan touring ke wilayah Pengalengan, Bandung, Jawa Barat.

    Titik kumpul peserta touring bertempat di SPBU Shell Pajajaran, Bogor, Jawa Barat. 

    Puluhan unit motor berbagai model dan merek, mulai dari motor batangan, skuter, manual dan matik milik member BCM berkumpul di tikum pada hari Jumát (5/5/2023) malam dan berangkat menuju Bandung, Jawa Barat.

    Rombongan tiba di Group House Situ Cileunca Pengalengan, Bandung, Jawa Barat, hari Sabtu (6/5/2023) pagi.

    Setelah istirahat sejenak, acara diteruskan dengan kegiatan team building di area outdoor. Berbagai permainan disuguhkan untuk menguji kekompakan para member BCM. 

    Kelar seru-seruan bermain dan menguji kekompakan, acara berlanjut dengan bakti sosial penyerahan santunan dan sembako kepada masyarakat kurang mampu yang ada di sekitar wilayah acara kegiatan.

    4th Anniversary BCM

    Setelah makan malam, keseruan ulangtahun BCM dilanjut dengan acara bagi-bagi doorprize dari pihak sponsor serta donatur.

    Hari kedua, Minggu (7/5/2023), peserta melakukan kegiatan sunmori menuju Taman Langit untuk menikmati keindahan panorama alam dari atas ketinggian.

    Puas menikmati alam, puluhan member BCM kembali ke lokasi penginapan untuk persiapan kembali ke rumah masing-masing.

    Sejarah Terbentuknya BCM

    Awal terbentuknya Bukan Club Motor atau BCM digawangi oleh beberapa founder yang punya hobi touring ke berbagai tempat dengan motor. Masing-masing founder BCM sendiri awalnya sudah bergabung dalam komunitas atau klub motor lainnya, namun mereka merasa seperti tidak menemukan apa yang mereka cari dalam sebuah komunitas motor.

    Dari sinilah mereka coba untuk bergabung membentuk BCM yang resmi dideklarasikan pada 5 Mei 2019 silam dan hingga sekarang sudah punya 12 chapter di berbagai wilayah di Indonesia.

    “Sampai sekarang masih banyak yang bertanya kenapa namanya Bukan Club Motor. Tapi jujur disitulah letak keunikan nama komunitas yang kami buat,” terang Bro Mamet.

    Selain namanya yang unik, BCM juga tidak punya aturan mengikat kepada membernya. Bahkan tidak ada iuran wajib yang dibebankan kepada para anggotanya. Semua biaya kegiatan dihimpun secara mandiri melalui donasi serta uang pendaftaran per kegiatan.

    “Kita tidak pernah membebankan apapun kepada member. Prinsip kami, hal yang utama itu adalah ibadah kepada pencipta. Urusan touring, kalau bisa ikutan silahkan, kalau tidak pun jangan dipaksa, semua harus berangkat dari keinginan sendiri biar bisa merasakan fun dari awal perjalanan sampai akhir,” pungkasnya.

    BCM memiliki agenda rutin tahunan seperti touring per tiga bulan sekali, donor darah per tiga bulan sekali serta kopdar di masing-masing chapter yang jadwalnya diatur di masing-masing pengurus chapter. 

    Informasi lengkap mengenai BCM bisa dilihat di akun Instagram @bcm_2019

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait