Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & Trik5 Penyebab Mobil Listrik Mogok dan Cara Mencegahnya

    5 Penyebab Mobil Listrik Mogok dan Cara Mencegahnya

    Ini dia cara pintar kenali penyebab mobil listrik mogok dan bagaimana cara mencegahnya.

    News.OLX – Bagi kamu yang memiliki mobil listrik, mungkin saat ingin melakukan perjalanan yang jauh terkadang merasa khawatir jika kendaraan tiba-tiba mogok. Rata-rata alasan mobil listrik mogok sebagian besar karena daya baterai yang habis.

    Sehingga, pengguna mobil listrik wajib menggunakan rute yang terdapat charging stationnya di dalam perjalanan. Namun sayangnya, charging station di Indonesia memang masih belum merata bahkan untuk di pulau Jawa sekalipun.

    Selain karena daya baterai, mogok pada mobil listrik juga bisa disebabkan oleh beberapa hal juga. Jika mobil listrik kamu mengalami kasus mogok di jalan, pahami dulu apakah penyebab dari hal tersebut.

    Berikut adalah beberapa penyebab yang paling umum terjadi ketika mobil listrik mogok dan cara mengatasinya pada masing-masing kendala tersebut :

    1. Baterai yang lemah atau mati

    Penyebab pertama yang memang sering terjadi ketika mobil listrik mogok karena daya baterai yang lemah atau mati. Alasan mengapa baterai mobil listrik dapat menjadi lemah atau mati karena usia pakai, kondisi pengisian yang tidak tepat, atau kerusakan internal.

    Cara mengatasi hal ini adalah untuk selalu rutin mengecek indikator baterai pada panel mobil kamu. Jika baterai kamu sudah menunjukkan peringatan atau terdapat tanda merah, sebaiknya segera isi baterai mobil kamu secepatnya dan jangan menunda.

    Jika kamu sering menunda pengisian baterai mobil listrik, dapat menyebabkan mesin dan juga baterai harus bekerja ekstra untuk mempertahankan energi yang terbatas sehingga mengurangi efisiensi pada mobil.

    Sehingga, disarankan untuk memastikan baterai selalu diisi dalam kondisi optimal dan hindari pengisian berlebihan untuk menjaga kualitas baterai mobil listrik untuk jangka yang panjang.

    mobil listrik (3)

    2. Sistem pengisian yang bermasalah

    Sistem pengisian juga bisa bermasalah karena kabel konslet atau aki yang soak. Kedua komponen ini memang saling berkaitan.

    Kabel sebagai penghubung baterai, aki, motor listrik, dan sistem kelistrikan lainnya. Sedangkan Aki berfungsi sebagai penyuplai daya listrik ke komponen-komponen mobil.

    Jika kabel putus atau konslet atau aki ditemukan soak, maka aliran listrik akan terputus dan tidak bisa menyuplai ke seluruh komponen mobil, sehingga sistem menjadi terganggu dan mobil listrik bisa mogok tiba-tiba di tengah jalan.

    Untuk mencegah sistem pengisian bermasalah, sebaiknya kamu perlu untuk memeriksa kondisi kabel dan aki secara berkala.

    Jika melihat ada kabel yang terputus atau terkelupas dan aki yang tidak optimal, segera bawa mobil listrik kamu ke bengkel resmi untuk diperbaiki.

    3. Kerusakan pada motor

    Motor pada mobil listrik bagaikan jantung pada mobil, karena komponen ini berperan utama untuk menggerakan kendaraan. Sehingga ketika motor pada mobil listrik rusak, maka kendaraan akan mati total dan tidak akan bisa berjalan.

    Alasan mengapa kerusakan bisa terjadi pada motor dapat terjadi akibat suhu berlebih, kelembaban, atau keausan komponen internal.

    Untuk mengatasi kerusakan tersebut, hindari penggunaan mobil listrik secara berlebihan atau penggunaan di kondisi yang ekstrim. Pastikan untuk kamu melakukan pemeliharaan secara teratur untuk menjaga keoptimalan komponen.

    4. Gangguan pada sistem kelistrikan

    Sistem kelistrikan pada mobil listrik terdiri dari berbagai komponen, seperti baterai, aki, motor listrik, dan kabel. Komponen-komponen tersebut diatur oleh “otak” pada mobil listrik yaitu ECU pengatur pada sistem kelistrikan mobil listrik.

    Kerusakan pada sistem kelistrikan bisa terjadi karena gangguan pada kendali daya atau sistem manajemen baterai. Jika salah satu komponen pada sistem kelistrikan terganggu bahkan terjadi kerusakan, maka mobil listrik bisa mogok secara tiba-tiba bahkan dapat mati total.

    Untuk mencegah sistem kelistrikan rusak, kamu perlu menghindari penggunaan mobil listrik secara berlebihan. Jangan lupa untuk memastikan keseluruhan komponen pada sistem kelistrikan memiliki perawatan yang berkala.

    5. Software mengalami malfungsi

    Hampir seluruh mobil listrik sekarang menggunakan software untuk mengontrol berbagai sistemnya dan menjadi nilai tambah sendiri untuk membantu pengguna kendaraan agar bisa lebih efisien. Jika software error, mobil listrik juga bisa mengalami malfungsi sehingga mobil bisa tiba-tiba berhenti mendadak atau mogok.

    Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu memperbarui software mobil listrik secara berkala.

    Dengan mengenal penyebab yang sudah dijelaskan, disarankan untuk kamu lebih memahami bagaimana pedoman yang sudah disarankan oleh produsen mobil listrik kamu. Selain itu, jika mobil menunjukkan gejala masalah, segera bawa ke bengkel yang kompeten untuk diperiksa dan diperbaiki.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait