Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    Tips & Trik7 Cara Menyerap Bau Ruangan Tidak Sedap

    7 Cara Menyerap Bau Ruangan Tidak Sedap

    Ini 7 cara praktis menghilangkan bau tak sedap di ruangan dengan alat-Alat sederhana.

    News.OLX – Apakah kamu pernah merasakan ruangan kamar atau rumahmu berbau tidak sedap? Hal ini tentu membuat kamu merasa tidak nyaman. Jika tidak segera diatasi, bau tidak sedap bisa menyebar ke seluruh ruangan dan membuat penghuninya merasa tidak betah.

    Umumnya, bau yang menyengat bisa berasal dari berbagai sumber, seperti sampah, sisa makanan, hewan peliharaan, hingga keringat. Meski memiliki aroma yang tidak enak, kamu tetap bisa mengatasinya agar ruanganmu kembali wangi.

    Ada banyak cara untuk menghilangkan bau tidak sedap di ruangan. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami atau produk komersial. Berikut ini adalah 7 cara menyerap bau ruangan tidak sedap yang bisa kamu coba.

    1. Temukan sumber bau

    Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menemukan sumber bau tidak sedap. Setelah mengetahui sumbernya, kamu bisa langsung membersihkannya. 

    Misalnya, jika bau berasal dari sampah, kamu harus segera mengosongkan dan membersihkan tempat sampah. Jika bau berasal dari sisa makanan, kamu harus segera mencuci peralatan makan dan membuang sisa makanan.

    2. Bersihkan ruangan secara menyeluruh

    Setelah menemukan sumber bau, kamu perlu membersihkan ruangan secara menyeluruh. Bersihkan lantai, dinding, langit-langit, furnitur, hingga peralatan elektronik. Pastikan tidak ada kotoran atau debu yang tersisa.

    ruangan (3)

    3. Gunakan bahan alami

    Ada berbagai bahan alami yang dapat digunakan untuk menyerap bau tidak sedap di dalam ruangan. Misalnya, kopi dengan aromanya yang kuat dapat menjadi agen netralisir untuk bau yang tidak sedap. 

    Caranya cukup mudah, cukup tuangkan bubuk kopi ke dalam mangkuk atau gelas, lalu letakkan di sudut-sudut ruangan. Alternatifnya, biji kopi yang masih utuh juga dapat digunakan.

    Baking soda juga terkenal karena sifatnya yang mampu menyerap bau. Caranya, taburkan baking soda di atas karpet atau tempat tidur, biarkan selama beberapa jam atau semalaman, lalu vakum untuk membersihkannya.

    Cuka, dengan sifat antibakteri, dapat menghilangkan bau tidak sedap. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1, lalu tuangkan campuran tersebut ke dalam botol semprot. Semprotkan ke seluruh ruangan untuk efek yang lebih merata.

    Lemon, selain memiliki aroma menyegarkan, juga bisa menjadi solusi untuk menyerap bau tidak sedap. Irisan lemon ditempatkan di sudut-sudut ruangan dapat memberikan keharuman alami.

    Jangan lupakan tanaman hias sebagai solusi alami untuk menyerap bau tidak sedap. Tanaman seperti lidah mertua, peace lily, dan palem terkenal memiliki kemampuan menyerap bau yang tidak diinginkan di dalam ruangan.

    4. Gunakan produk komersial

    Selain bahan-bahan alami, kamu juga bisa menggunakan produk komersial untuk menyerap bau tidak sedap di ruangan. Produk komersial biasanya berbentuk cairan atau semprotan. Caranya, semprotkan produk tersebut ke seluruh ruangan.

    5. Buka jendela

    Sirkulasi udara yang lancar juga bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap di ruangan. Buka jendela atau pintu ruangan secara berkala agar udara segar bisa masuk.

    6. Gunakan kipas angin

    Kipas angin juga bisa membantu menyebarkan aroma yang menyegarkan ke seluruh ruangan. Gunakan kipas angin untuk menyebarkan aroma dari bahan-bahan alami atau produk komersial yang kamu gunakan.

    7. Gunakan purifier udara

    Purifier udara adalah alat yang bisa menghilangkan bau tidak sedap dan polutan udara di ruangan. Purifier udara biasanya menggunakan filter untuk menyaring udara.

    Itulah 7 cara menyerap bau ruangan tidak sedap yang bisa kamu coba. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ruanganmu. Dengan menerapkan cara-cara di atas, kamu bisa membuat ruanganmu menjadi lebih bersih dan segar.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Kamu juga bisa menemukan berbagai barang bekas seperti mobil atau motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait