Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & Trik7 Perawatan yang Wajib Dilakukan pada Motor yang Jarang Dipakai

    7 Perawatan yang Wajib Dilakukan pada Motor yang Jarang Dipakai

    Perawatan motor harus dilakukan agar motor anda awet dan prima meski jarang digunakan.

    News.OLX – Motor yang sering nganggur atau jarang dipakai tetap harus dilakukan perawatan. Hal ini karena kondisi angin dan cuaca dapat memengaruhi berbagai komponen kendaraan.

    Adapun tujuan melakukan perawatan pada motor yang jarang dipakai supaya memastikan bahwa ketika motor dinyalakan kembali, kondisinya tetap optimal dan siap untuk digunakan.

    Perawatan tersebut melibatkan pemanasan mesin secara rutin, pemeliharaan baterai, dan pemantauan komponen lainnya agar motor tetap berfungsi dengan baik.

    Untuk lebih lengkapnya, berikut cara perawatan motor yang jarang dipakai dalam waktu lama:

    1. Panaskan motor setiap hari

    Cara perawatan pertama jika motor jarang dipakai, disarankan untuk menyalakannya setidaknya 5-10 menit setiap hari, terutama pada pagi hari.

    Tujuannya adalah agar baterai terisi dan oli mesin dapat bersirkulasi dengan baik.

    2. Gunakan standar dua

    Selalu gunakan main stand (standar 2) untuk menjaga keawetan ban dan menjaga bentuk ban agar tetap sempurna.

    Selain itu, standar dua  juga membantu menjaga kestabilan shock yang cenderung terbebani di sebelah kiri.

    perawatan motor 2

    3. Isi bahan bakar secukupnya

    Pastikan motor selalu terisi bahan bakar secukupnya. Ini bertujuan menghindari bensin yang terlalu lama mengendap di tangki, yang dapat mengurangi kualitas bahan bakar.

    4. Lepas terminal negatif aki

    Jika motor tidak akan digunakan dalam waktu yang lama, lepaskan terminal negatif (kabel warna hitam) pada baterai/accu. Ini dapat mencegah pemborosan daya baterai.

    5. Nonaktifkan smart key/remote

    Jika motor dilengkapi dengan teknologi smart key system, pastikan smart key/remote dalam keadaan nonaktif.

    Hal ini tidak hanya untuk menjaga keamanan motor dari potensi pencurian, tetapi juga untuk menghemat daya baterai remote.

    6. Simpan di tempat aman

    Pastikan motor disimpan di dalam ruangan atau setidaknya tidak langsung terpapar sinar matahari dan hujan. Hal ini untuk mencegah cat cover dan kaca speedometer dari keretakan dan kekusaman.

    Pastikan tempat penyimpanan aman dari serangga dan tikus, karena motor yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama bisa menjadi tempat sarang bagi hewan tersebut.

    7. Cek kabel electrical

    Periksa kabel-kabel elektrikal secara rutin, terutama jika motor disimpan di tempat yang terjangkau oleh tikus. Kerusakan kabel dapat mengakibatkan short atau korsleting.

    Jadi, meskipun motor jarang digunakan, memberikan perawatan rutin dan perhatian ekstra dapat memastikan bahwa kondisinya tetap optimal. Jangan lupa untuk rutin melakukan warm up dan pemeriksaan secara berkala agar motor tetap siap digunakan.

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

     

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait