Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    Tips & Trik7 Tips Memasang Plafon PVC Sendiri dengan Benar dan Anti Bocor

    7 Tips Memasang Plafon PVC Sendiri dengan Benar dan Anti Bocor

    Plafon PVC bisa bocor saat hujan kalau pemasangannya tidak tepat. Intip tips pemasangan yang tepat di sini!

    News.OLX – Menggunakan plafon PVC di rumah atau kantor memang jadi pilihan banyak orang karena harganya yang terjangkau dengan ketahanan yang baik. 

    Meski begitu, pemasangan plafon ini harus tepat karena kalau tidak atap bisa mengalami kebocoran. Agar ini tidak terjadi, kamu bisa ikuti beberapa tips memasang plafon PVC yang tepat di bawah ini.

    1. Buat Rangka Plafon yang Kokoh

    Plafon PVC memang memiliki berat yang sangat ringan. Oleh karena itu, penggunaan rangkanya pun tidak banyak, justru cenderung sedikit renggang. 

    Namun, meski tidak perlu memasang rangka yang banyak, tetap saja kamu harus menghitungnya dengan tepat. Selain itu, materialnya pun harus menggunakan yang kokoh agar atap kuat untuk menahan beban yang ada di atas. 

    2. Selalu Bersihkan Plafon PVC Sebelum Pemasangan

    Tips memasang plafon PVC selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkannya lebih dulu sebelum pemasangan.

    Hal ini penting mengingat pemasangan plafon ini juga menggunakan lem. Bila permukaan tiap lembarannya bersih, lem bisa merekat dengan lebih baik.

    3. Pasang List Lebih Dulu

    Sebelum memasang plafon pada langit-langit rumah, kamu harus memasang list-nya lebih dulu di bawah kerangka pada sisi tembok. Namun, sebelum itu pastikan kamu sudah mengukur panjang list dengan akurat.

    Bila sudah, potong lebih dulu list sesuai ukuran yang ada. Barulah kamu bisa gunakan sekrup untuk memasang list ini agar lebih kuat. Pastikan jarak sekrupnya tidak terlalu jauh, sekitar 30-50cm.  

    4. Pilih Lem dengan Warna Senada

    Karena pemasangan plafon PVC ini juga menggunakan lem untuk merekatkan, maka sebaiknya kamu pilih warna lem yang senada. Misalnya kamu bisa pilih warna terang untuk plafon berwarna putih.

    Sehingga, bila ada residu dari lem tersebut yang menempel tidak akan membuat langit-langit ruangan jadi tampak kotor.

    plafon pvc (2)

    5. Selalu Pasang Plafon dari Pinggir ke Tengah

    Tips memasang plafon PVC selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasangnya dari pinggir ke tengah. Ini penting untuk kamu ikuti karena kalau tidak, hasilnya bisa jadi tidak rapi.

    Mengingat sisi tepi dari PVC ini sangat terlihat. Sehingga, bila tidak kamu pasang secara bertahap, pola sambungannya akan sangat terlihat.

    6. Pastikan Pemasangan PVC Sudah Kuat

    Meskipun PVC memiliki karakteristik yang tahan air dan api, tetap saja langit-langit ruangan bisa bocor bila pemasangannya tidak kuat.

    Karena itu, ada baiknya kamu juga menggunakan sekrup pada tiap sudut PVC agar lebih kuat. Sehingga, langit-langit ruangan tidak akan mengalami kebocoran maupun terkena debu dari atap.

    7. Rapikan Hasil Akhirnya

    Terakhir, tips yang bisa kamu ikuti adalah selalu merapikan hasil akhirnya. Kamu bisa cek kembali tiap lembar yang sudah terpasang, apakah sudah rapi atau belum.

    Lalu, pastikan juga kamu sudah membersihkan sisa-sisa pemasangan. Terutama debu-debu yang berada di langit-langit ruangan. Selain itu, lihat juga apakah ada bagian yang perlu kamu cat untuk menyamarkan noda atau tidak. 

    Memasang plafon PVC pada ruangan memang jadi salah satu pilihan terbaik karena harganya yang terjangkau dan pemasangannya yang mudah. 

    Meski begitu, kamu tetap harus teliti saat memasangnya agar tidak menimbulkan kebocoran. Perhitungannya pun juga harus tepat.

    Nah, bila kamu ingin mencari PVC atau jenis lainnya, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait