Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    InformasiApa Itu Istilah Gurah Mesin Mobil, Ini Penjelasannya

    Apa Itu Istilah Gurah Mesin Mobil, Ini Penjelasannya

    Gurah mesin mobil berfungsi membersihkan bagian-bagian mesin agar performanya meningkat secara keseluruhan. Begini cara kerjanya.

    News.OLX – Seiring waktu, mesin yang terus-menerus mengolah BBM akan menimbun endapan karbon. Faktanya, endapan ini dapat merusak komponen mesin jika dibiarkan begitu saja. 

    Itulah sebabnya membersihkan mesin secara teratur dengan cara gurah mesin mobil merupakan bagian integral dari maintenance kendaraan. Apa itu gurah mesin mobil?

    Pengertian Gurah Mesin Mobil

    Gurah mesin mobil, atau dekarbonisasi mesin, maksudnya adalah membersihkan bagian dalam mesin untuk menghilangkan sisa bahan bakar dan endapan karbon. Tujuannya agar mesin dapat terus bekerja dengan sehat.

    Endapan karbon yang menyerupai kotoran dari hasil pengolahan BBM, dapat membahayakan mesin mobil. Jadi, sebelum menimbulkan masalah, hendaknya dilakukan gurah mesin.

    Prosesnya mencakup menyingkirkan endapan karbon dan dapat dilakukan dengan metode mekanis atau kimiawi. Gurah mekanis bersifat sangat menyeluruh, tetapi lebih ribet dan mahal daripada gurah kimiawi.

    Dalam metode gurah mekanis, montir akan membongkar mesin untuk menjangkau piston, ruang mesin, dan knalpot. Kemudian, dengan hati-hati akumulasi karbon digosok. Tidak heran, jika teknik ini amat menguras tenaga.

    Sebaliknya, metode kimiawi tidak memerlukan pembongkaran. Montir cukup menuangkan larutan pembersih ke dalam mesin untuk menghilangkan timbunan karbon. Walau tidak begitu efektif untuk menyingkirkan karbon membandel, metode ini jelas lebih cepat dan murah.

    gurah mesin mobil (1)

    Kapan Sebaiknya Melakukan Gurah Mesin Mobil?

    Mesin mobil perlu dibersihkan sekali atau dua kali dalam setahun, tergantung pada frekuensi penggunaan dan cuaca setempat. Namun, aturan ini sebenarnya tidak bersifat mutlak. 

    Kalau kamu menyadari adanya tanda-tanda masalah pada mesin, seperti mendadak boros BBM atau knocking, sebaiknya segera lakukan gurah mesin mobil.

    Sementara itu, kalau kamu cuma sesekali mengendarai mobil, gurah setahun sekali sudah cukup untuk menjaga kesehatan mesin. Jadi, semakin sering kamu menyetir, semakin pendek pula intervalnya.

    Maka dari itu, cara termudah untuk mengurangi penumpukan karbon adalah dengan merawat mesin sebaik mungkin. Pertama, gunakan BBM berkualitas tinggi. BBM dengan aditif khusus mampu membakar BBM dengan sempurna. Dengan begitu, penumpukan karbon di dalam mesin dapat ditekan.

    Langkah penting lainnya adalah servis rutin. Ikuti jadwal servis yang direkomendasikan oleh manufaktur mobil, apalagi jadwal mengganti oli, filter udara, dan busi. Filter bersih dan oli baru amat vital untuk membakar BBM dengan optimal. Alhasil, akumulasi karbon akan berkurang dari waktu ke waktu.

    Tidak kalah penting, hindari menyalakan mesin untuk waktu yang lama ketika kendaraan dalam posisi diam. Selain mencegah pengendapan karbon, cara ini juga bagus untuk menghemat BBM dan mengurangi polusi.

    Berapa Biaya Gurah Mesin Mobil?

    Umumnya, harga gurah mesin mobil mulai dari Rp200.000. Lantaran biayanya relatif terjangkau, tak ada ruginya untuk menambahkan agenda ini sebagai bagian dari servis rutin mobil. 

    Karena mesin yang bersih dari endapan karbon jelas-jelas mampu bekerja lebih baik, tidak boros BBM, dan ke depannya, dapat memperpanjang masa pakai kendaraan.

    Mau mobil bekas berkualitas? Temukan ribuan iklan dari berbagai wilayah di tanah air dengan penawaran menarik cuma di OLX, platform jual beli mobil bekas terpercaya. Supaya transaksi makin mudah, jangan lupa download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait